Langkah Benar Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Rapi

asriland.com – Wallpaper dinding sedang menjadi trending saat ini yang banyak diminati oleh pemilik rumah yang ingin memberikan pembaharuan tampilan rumah tanpa ribet bila dibandingkan menggunakan cat dinding. Selain itu, anda dapat memilih berbagai warna dan corak yang anda sesuai untuk melapisi dinding dengan mudah yang tentunya sulit diterapkan apabila menggunakan cat dinding, maka tidak heran wallpaper dinding menjadi produk yang banyak diminati untuk mempercantik ruangan di dalam rumah.

Langkah Benar Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Rapi - Asriland

Berminat menggunakan wallpaper dinding ? Banyak kelebihan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan wallpaper dinding yang dapat anda simak sebagai berikut :

Kelebihan Menggunakan Wallpaper Dinding Untuk Rumah

1. Terdapat Banyak Pilihan Motif

Seperti yang telah kita bahas diatas, dengan wallpaper dinding, anda dapat membuat dinding rumah terlihat lebih estetik serta menciptakan corak-corak tertentu, yang mana juga terdapat berbagai macam corak yang bisa anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan anda.

2. Menutupi Tembok yang Retak

Memiliki bagian tembok yang retak ? tenang, anda bisa dengan mudah menutupi bagian yang retak dengan wallpaper dinding tanpa ribet dibandingkan menggunakan cat dinding yang mungkin tidak dapat menutupi secara rapi dan mulus.

3. Pemasangan yang Mudah dan Cepat

Memasang wallpaper bisa dilakukan dengan cepat dan tidak menghabiskan waktu dibandingkan melapisi dinding menggunakan cat tembok.

4. Rumah Menjadi Mewah dan Elegan

Dengan pemilihan wallpaper dengan warna dan motif yang tepat, akan dapat merubah penampilan rumah anda secara drastis menjadi lebih elegan dan cantik dalam sekejap.

5. Mudah Dibersihkan

Dan terakhir, wallpaper dindingn sangat mudah dibersihkan hanya cukup dengan lap saja.

Adapun cara memasang wallpaper dinding untuk rumah pun sangat mudah. Anda dapat melakukan sendiri dirumah tanpa memerlukan bantuan tukang bangunan atau tenaga profersional. Berikut cara dan langkah-langkah memasang wallpaper dinding dengan tepat dan rapi :

Cara memasang wallpaper dinding di rumah

1. Bersihkan dinding

Pertama, tentu anda harus melakukan pembersihan bidang dinding dari perabotan atau permukaan yang kotor dan tidak rata. Dan apabila setelah bidang dinding bersih dan siap untuk dipasang wallpaper, anda dapat mulai mencampurkan lem dengan air dan jadikan dalam dua bak terpisah, yakni lem yang digunakan untuk sambungan dan lem untuk keseluruhan. Lem bagian sambungan lebih kental, sehingga daya rekatnya lebih tinggi.

2. Pengukuran

Anda dapat mengukur terlebih dahulu kebutuhan wallpaper untuk satu bidang dinding, dimana anda dapat menyesuaikan dengan lebar bidang dan lebar wallpaper. Untuk berjaga-jaga, anda bisa melebihkan sekitar 1-1,5 sentimeter untuk bagian sambungan.

3. Pemotongan

Anda dapat mengikuti petunjuk pemotongan yang tertera pada gulungan wallpaper, agar motif yang dihasilkan terlihat serasi. Silahkan potong wallpaper dalam bentuk pola potongan mengikuti bidang dinding, perhatikan sambungan antarwallpaper.

4. Mengatur posisi

Agar posisi benar-benar tepat, anda bisa memberikan penandaan posisi wallpaper dengan pensil. Gunakan alat bantu berupa benang dengan alat pemberat agar lurus dan rapi.

5. Melapisi

Kmeudiann anda bisa menggunakan kuas atau roler untuk menyapukan lem pada permukaan bidang yang akan dilapisi wallpaper. Perlu anda ingat untuk berhati-hati dalam tahap ini dan jangan tergesa-gesa.

6. Menempelkan wallpaper pada dinding

Perhatikan penandaan yang telah Anda buat sebelumnya memakai pensil, agar penempelan akurat dan motif tersusun serasi.

7. Sambungan

Anda perlu memperhatikan pada bagian sambungan, dimana usahakan menggunakan lem yang lebih rekat, agar sambungan terlihat rapi dan tahan lama.

8. Ratakan

Setelah penempelan telah selesai, maka selanjutnya adalah melakukan perataan pada bidang wallpaper yang telah terpasang dengan menggunakan kape atau boleh juga menggunakan penggaris akrilik. Adapun sisa wallpaper nantinya bisa anda potong dengan cutter, dan untuk lem yang terlihat luber, anda dapat membersihkan dengan spons hingga benar-benar bersih dan rapi.

9. Pengecekan

Dan terakhir, setelah wallpaper terpasang, anda bisa mengecek kerapian apakah ada bagian wallpaper yang menggelembung. Anda juga bisa memperhatikan bagian sambungan, sudut, dan tepi wallpaper apakah sudah rapih dan corak sudah senada dengan yang anda inginkan.

Sekian informasi mengenai Langkah Benar Cara Memasang Wallpaper Dinding dengan Rapi, yang bisa menjadi solusi terbaik pengganti cat dinding yang lebih ribet. Namun perlu anda ingat, bahwa tentunya wallpaper dinding tidak seawet dengan cat dinding, dimana biasanya penggunaan wallpaper bisa hingga 8 bulan hingga 1 tahun atau lebih tergantung perawatan anda.