Tips Memilih Tukang Bangunan Yang Tepat dan Bagus

Jangan sampai salah ketika memilih tukang bangunan, dimana agar hasil dari pengerjaan sesuai dengan apa yang diharapkan. Ada beberapa tips memilih tukang bangunan yang tepat dan bagus serta hasil yang memuaskan.

Tukang bangunan menjadi kunci utama dalam proses membangun maupun merenovasi hunian. Sebab dari keahlian merekalah yang nantinya akan menentukan pada proses hasil hunian.

Semakin bagus dari tukang bangunan yang dipilih maka akan semakin bagus pula hasil yang akan didapatkan. Tukang bangunan tentunya memiliki peran penting utama (pertama) dalam proses pembangunan hunian, setelahnya diikuti dengan proses pemilihan bahan.

Untuk tips memilih tukang bangunan yang bagus, simak ulasan dibawah ini:

Tips memilih tukang bangunan yang bagus

Tukang bangunan berpengalaman

Berpengalaman

Carilah yang sudah berpengalaman dan juga pernah mengerjakan beberapa hunian. Bisa mencari referensi dari pihak developer rumah, keluarga maupun tetanga lingkungan rumah.

Tanyakanlah pengalaman kerja yang pernah dibuatnya, dan pastikan menguasai bidang yang Anda inginkan. Seperti misal ketika ingin membuat desain model modern bergaya eropa, beserta dengan contoh desain. Tanyakan ke tukang bangunan tersebut, apakah bisa melakukannya atau tidak.

Semakin banyak jam terbang yang pernah dikerjakan oleh tukang bangunan, tentunya keterampilan juga akan semakin tinggi.

Komunikasi

Pastikan memilih tukang bangunan yang mudah untuk diajak berkomunikasi seputar desain dan bentuk. Karena tukang bangunan yang mudah untuk berkomunikasi tentunya akan paham dengan apa yang kita mau. Untuk mendapatkan hasil pekerjaan yang sesuai baik membangun rumah baru maupun renovasi, komunikasi menjadi hal terpenting.

Dengan adanya komunikasi bisa menghindari kesalahan dalam pengerjaan pembangunan. Dan untuk Anda pemilik bangunan, rajin-rajinlah untuk mengecek serta tanyakan ada kendala apa selama membangun.

Kapasitas cangkupan tukang

Pastikan kapasitas tukang bangunan tersebut seperti apa dan berapa orang butuh untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan begitu Anda tidak akan keluar duit tambahan lagi dikarenakan telat dalam pengerjaan. Terlebih lagi ketika mengambil tukang dengan sistem harian, wajib dipertanyakan berapa orang yang harus ikut dalam penerjaan sehingga tidak keluar dari target hari yang ditentukan.

Anda juga harus tau berapalama dari waktu yang dikerjakan untuk bangun rumah baru maupun renovasi. Buatlah waktu yang jelas misalnya 3 bulan harus selesai, pastikan Anda juga memberikan honor sesuai dengan waktu yang dikerjakan.

Memberikan pendapat bagus

Tips memilih tukang bangunan bagus selanjutnya adalah yang bisa memberikan ide dan saran yang bagus kepada pemilik bangunan. Dimana ide tersebut disampaikan sesuai dengan pengalamannya bekerja.

Anda bisa menerima ide tersebut maupun tidak menggunakannya. Biasanya pendapat sah-sah saja ketika sedang melakukan pembangunan hunian. Biasanya pendapatan yang paling sering di lontarkan dari tukang bangunan adalah untuk bahan yang digunakan.

Membuat kontrak

Dilakukan untuk sistem harian maupun borongan, sistem kontrak digunakan dan dipakai jika terjadi suatu hal yang tidak sesuai dengan kemauan. Sewaktu-waktu untuk menjaga jika terjadi permasalahan pada proses pembangunan.

Bisa seperti bahan yang digunakan tidak sesuai takaran, pengerjaan yang asal asalan dan masih banyak lagi. Dalam kontrak hal yang harud diperhatikan adalah:

  • Cangkupan yang harus dikerjakan
  • Waktu dalam pengerjaan
  • dan biaya pengerjaan

Jangan sampai ketika sudah mengeluarkan biaya yang besar, tetapi hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan kenyataan.

Kecocokan tukang

Tukang juga memiliki keahliannya masing-masing dan juga bisa di kategorikan berbeda-beda ada yang mengerjakan interior, eksterior dan juga ada yang mengerjakan untuk pengadukan. Pastikan melihat dan mampu membedakan antara tukang yang satu dengan tukang lainnya.

Baca lainnyaTips Jitu Menekan Biaya Renovasi Bangunan Biasa Menjadi Bertingkat

Tips memilih tukang bangunan harian atau borongan

Tips memilih tukang bangunan harian atau borongan

Memilih tukang bangunan harian

Ada beberapa cara dalam memilih tukang bangunan ahrian yang tepat dan pas untuk Anda, dimana harus memiliki krateristik yang berbeda. Dan harus memperhatikan beberapa hal dalam membangun suatu hunian.

Untuk tukang bangunan harian biasanya digunakan untuk beberapa kasus seperti:

  • Mengerjakan bagian khusus seperti kamar mandi, dapur, teras halaman
  • Mengerjakan dengan anggaran terbatas dalam tempo 3-5 bulan pengerjan dengan sistem wajib selesai. Jika ingin mencari tukang bangunan harian yang mampu memperkejakan seperti ini, tanyakan di awal apakah sanggup atau tidak.
  • Tukang harian bisa digunakan dan di berhentikan jika hasil yang didapatkan tidak sesuai. Gunakanlah sistem kontrak kerja bila menemukan tukang bangunan yang sebelumnya tidak dikenal.

Memilih tukang bangunan borongan

Jika Anda menggunakan tukang borongan hal yang harus diperhatikan sebagai berikut:

  • Borongan dapat digunakan, ketika pekerjaan yang dilakukan rumit dan bahkan membutuhkan waktu yang lama dari biasanya atau bisa lebih cepat. Tukang borongan bisa digunakan untuk membanun rumah dari awal atau renovasi besar-besaran.
  • Sistem borongan yang lebih cepat juga harus diperhatikan dan diawasi untuk pekerjaannya, agar tidak salah dalam mengerjakan yang seharusnya dikerjakan. Umumnya borongan menyelesaikan satu pekerjaan yang diselesaikan sampai selesai, itulah kenapa alasan tukang borongan bisa menyelesaikan dalam waktu yang relatif cepat.
  • Tukang borongan memiliki biaya yang lebih mahal dari sistem harian. Dan pastikan dana yang kamu siapkan sudah sesuai dengan hitung-hitungan borongan.
  • Umumnya menggunakan sistem satu pake dimana ada juga untuk bahan yang digunakan di bundling dengan biaya borongan keseluruhan.