Bank dengan Suku Bunga KPR Rendah

Banyak Bank yang menawarkan suku bunga KPR yang rendah untuk opsi kredit pembelian rumah. Bagi yang berencana untuk membeli rumah dengan suku bunga KPR yang rendah, kesempatan bagus untuk Anda yang ingin mengetahui Bank mana saja yang cocok dengan Anda.

Terlebih lagi ketika rumah mengalami kenaikan yang tinggi dan tentunya bank juga akan menyesuaikan dengan suku bunganya. Bagi yang belum mengajukan pembelian KPR bisa mengetahui detail tentang pengajuan KPR.

Mengenal KPR

Kita akan mmebahas sedikit mengenai apa itu KPR, atau yang dikenal dengan nama kredit kepemilikan rumah, yang merupakan pembiayaan untuk beli rumah baru dengan skema pembiayaan sampai dengan 90% dari harga rumah cash.

KPR hanya disediakan oleh Bank dalam menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat. KPR sendiri ini terbentuk oleh program yang diadakan oleh pemerintah melalui Bank BTN pada awalnya, dan menjadi tren di kalangan Bank-Bank lain dalam penyebutannya.

Untuk syarat dari KPR sendiri harus wajib menyiapkan dokumen penunjang seperti:

  • WNI yang tinggak di Indonesia dan memahami hukum Negara
  • Karyawan dengan usia 21 tahun minimal dan maksimal 55 tahun kredit lunas
  • Untuk wiraswasta minimal usia 21 tahun dengan batasan maksimal usia 65 tahun
  • Penghasilan rutin yang bisa dicek melalui mutasi atau slip gaji
  • Karyawan yang bekerja dengan minimal 2 tahun sebagai akryawan tetap
  • Wiraswasta yang sudah menjalani bisnis minimal 3 tahun

Baca lainnyaApa Saja Tahapan Untuk Proses Pengajuan KPR Pada Umumnya?

Beberapa jenis bunga KPR yang ada di Indonesia

Di Indonesia terdapat 3 jenis bunga KPR yang perlu Anda ketahui, dan dari 3 jenis ini bisa menentukan mana yang lebih baik dan mana yang sesuai dengan perhitungan Anda. Untuk secara singkat mengenai jenis bunga KPR bisa simak dibawah ini:

Suku bunga KPR tetap (fixed rate)

Dimana bunga telah ditentukan oleh debitur dengan patokan yang tidak berubah sampai dengan pelunasan. Sebagai contoh bunga yang dipatokan flat sebedar 8% sampai rumah Anda lunas. Tidak mempengaruhi suku bunga pasar yang fluktuatif.

Baca lainnyaApa Yang Dimaksud Dengan Bunga Tetap (Fixed Rate)?

Suku bunga KPR mengambang (floating rate)

Bunga yang ditetapkan oleh debitur yang sesuai dengan cuan Bank Indonesia rate. Di mana suku bunga ini tidak bisa di tetapkan misal bunga yang sama antara tahun pertama dengan tahun yang akan datang.

Bisa saja untuk jenis tipe floating rate ini pada tahun pertama cicilan 7%, tahun ke 2 cicilan 6% dan tahun ke 3 cicilan mencapai 12%. Sistem bunga floating rate ini mengambang sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia.

Suku bunga capped

Bank memberikan penawaran dengan sitem bunga capped dimana memiliki batas maksimal yang telah ditetapkan.

Seperti contoh misal bank menawarkan suku bunga maksimal sebesar 12%, ketika bunga mengalami gejolak pasar dan meningkat menjadi 15%, maka ketentuan yang berlaku adalah dengan menggunakan angka 12% sebagai ketentuan batas maksimal.

Sebaliknya jika bunga mengalami penurunan misalkan pada suku bunga acuan 7%, maka yang dibebankan kepada kreditur adalah 7% sesuai dengan kondisi suku bunga tersebut.

Untuk lebih amannya bisa menggunakan jenis fixed rate dan juga bunga capped agar lebih berhati-hati pada saat kondisi global yang tidak stabil didunia.

Daftar Bank dengan suku bunga KPR rendah

Daftar Bank dengan suku bunga KPR rendah

Setelah rasa dalam menghitung dan mengetahui segala jenis bunga, hal yang paling penting adalah mencari Bank yang memiliki suku bunga KPR yang rendah. Inilah beberapa Bank yang menawarkan suku bunga KPR rendah.

Bank BCA

Bank suku bunga rendah dari Bank BCA menawarkan rate fix dengan sistem berjenjang dengan bunga ringan hingga 8 tahun pertama. Dimana sebagai contoh awal cicilan di tahun pertama sampai 3 sebesar 4.5% lalu di tahun ke 3-4 memiliki rate bunga 7.5% dan di tahun ke 5-8 memiliki rate sebesar 9%.

Sistem rate BCA kenaikan ini sangat cocok digunakan untuk mencari rumah dengan tipe range medium seperti Rp. 500 juta sampai dengan Rp 2,5 M untuk harga unit.

Bank BRI

Dengan menawarkan fixed bunga sebesar 5% di tahun 1 sampai tahun ke 3 pertama cicilan. Setelah itu memiliki floating rate sebesar 13% sampai pelunasan rumah. Dan untuk 1 tahun sendiri biasanya Bank BRI menawarkan bunga cukup rendah dibawah 3% fixed.

Untuk mengetahui jenis bunga Bank BRI bisa datang ke event properti untuk penawaran menarik mengenai suku bunga promosi. Dan untuk kelas pegawai negeri, TNI dan POLISI memiliki suku bunga 5% untuk jenis KPR bersubsidi.

Bank BTN

Memiliki 2 unit yakni syariah dan komvensional Bank BTN dimana untuk suku bunga sendiri ada yang berbasis fixed rate yang artinya suku bunga sama sampai dengan pelunasan mulai dari 8%. Dan jga suku bunga KPR kenaikan floating mulai dari 3,5%.

Untuk persayaran di Bank BTN cukup mudah dan rata-rata orang yang membeli rumah, umumnya menggunakan Bank BTN sebagai pilihan pertama dalam mengajukan cicilan.

Bank BNI

Di mana untuk BNI memiliki penawaran promo untuk sistem KPR, terdapat beberapa piihan suku bunga dengan menawarkan fixed rate bunga 6,7% untuk 2 tahun pertama. Untuk pengajuan di Bank BNI terbilang cukup sulit-gampang tergantung dengan pendapatan yang diterima oleh peminjam.