Tips Memilih Rumah Cluster Baru dari Developer

Membeli rumah baru tentunya memiliki beberapa pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli. Ada beberapa tips membeli rumah cluster baru dari developer sehinga terhindari dari penipuan dan membuat Anda menemukan rumah yang aman. Terlebih lagi jika Anda termasuk orang baru dan belum berpengalaman dalam proses transaksi properti, panduan ini wajib untuk diikuti.

Bingung dan tidak mengerti tahapan dalam memilih rumah baru adalah hal yang wahar, terlebih lagi ketika membeli rumah baru cluster. Dimana membutuhkan dana yang terbilang tidak sedikit, jika dibandingkan dengan rumah berjenis KPR atau komplek. Sebelum membahas tentang panduan tips dalam memilih rumah cluster, langkah awal adalah mengenali tentang apa itu cluster?

Cluster merupakan perumahan yang hanya memiliki jumlah unit terbatas, dimana cluster sendiri hanya tersedia satu pintu untuk jalur masuk dan keluar aktivitas kendaraan. Cluster memiliki konsep dan desain yang sama, dan memiliki beberapa fasilitas seperti ruang taman bermain dan musholla. Yang membuat cluster beda dari yang lainnya adalah bangunan semua berbentuk sama cuma yang beda adalah ukuran dari luas tanah yang digunakan.

Rumah berjenis cluster ini menawarkan suasana yang aman dan bebas dari kendaraan melintas. Berbeda dengan rumah berjenis komplek, yang memiliki jalan banyak akses untuk keluar dan masuk kendaraan. Jika Anda yang pertama kali ingin membeli tipe rumah seperti apa, cluster bisa menjadi pilihan yang bagus jika ingin suasana yang tenang. Dan di cluster sendiri ada yang beloh untuk dilakukan renovasi dan ada yang tidak boleh untuk di renovasi tergantung dengan kesepakatan Bank bersangkutan. Namun jika sudah lunas, tentunya bebas untuk melakukan apapun pada rumah Anda.

Beberapa keunggulan cluster

Cluster sendiri terdapat beberapa fasilitas keamanan dan kenyamanan, yang tidak dapat dijumpai di tipe rumah koplek biasa. Diamana suasana modern dibeberapa cluster juga disediakan untuk menunjang warga didalamnya.

Untuk lebih lengkap mengenai keungulan yang ada dicluster bisa simak ulasannya dibawah:

Fasilitas kawasan yang cukup baik

Untuk developer ternama dalam membangun hunian cluster untuk tipe kelas medium ke high biasanya dilengkapi fasilitas keamanan dan juga area pengawasan cctv untuk memantau aktivitas didalam cluster dan area sekitarnya. Sarana ibadah, ruang terbuka untuk bermain, ruang pertemuan dan juga area olahraga. Salah satu fasilitas tersebut biasanya didapatkan di cluster medium-high range price. Namun ingat tidak semua cluster memiliki fasilitas yang sama, pastikan sebelum membeli tanyakan fasilitas yang didapatkan.

Baca lainnyaKelebihan Membeli Rumah di Perumahan Tipe Cluster

Keamanan CCTV - Asriland

Selain itu untuk utusan penataan kabel, kebersihan dan juga air bersih juga sudah tersedia dan terpenuhi. Untuk langkah awal yang harusdilakukan pembeli adalah dengan mengumpulkan beberapa brosur dari marketing developer rumah clustser dan mencari tau perbedan-perbedaan fasilitas dari masing-masing cluster. Dari itu bisa dipilih berdasarkan yang memiliki fasilitas terlengkap.

Memiliki unit yang banyak

Untuk cluster biasanya memiliki unit yang banyak dalam satu tempat petak tanah. Dimana dalam 1 blok atau baris biasanya terdiri dari 6 hingga 12 rumah. Cluster sendiri perhitungannya berdasarkan dari blok-blok, dan kalau ditotalkan bisa mencapai di atas 50 untuk batas minimal dikatakan cluster. Sebelum membeli pastikan detail lengkap mengenai luas tanah, dan bangunan. Walau memiliki desain yang sama, yang membedakan adalah dri jenis luas tanah dan bangunan tersebut.

Investasi yang layak

Memiliki rumah cluster bisa dijadikan alat investasi masa depan yang lebih menjanjikan dan layak. Dimana memiliki fasilitas modern dan jika suatu saat ingin dijual, tentunya akan lebih mudah untuk dipasarkan. Memiliki harga yang mampu membuat nilai tanah dan bangunan memiliki kenaikan untuk beberapa tahun kedepan yang menjanjikan. Pastikan desain dan lokasi cluster juga harus dilihat agar memberikan nilai tambah pada harga, bisa seperti mengambil dibagian ujung hook tanah, atau dibagian area depan cluster.

Tips membeli rumah cluster

Tips memilih rumah cluster baru

Beberapa tips ini bisa membantumu dalam mendapatkan cluster hunian sesuai impian yang ingin didapatkan, pastikan merencanakan sesuatu dengan matang. merangcang sesuatau dan membeli plan sebelum beli harus dilakukan sebab hal ini demi menghindari ha-hal yang tidak diinginkan. Pastikan harus kuat secara finansial dan juga jangan sampai telat untuk membayarnya, beberapa tips ini membantumu dalam membeli rumah cluster baru dari developer secara tepat.

Cari developer terbaik

Hendaklah ketika membeli rumah baru, carilah developer terbaik yang bagus dan dapat dipercaya. Disini tentunya langkah awal yang harus diketahui, sebab pengembangan dari cluster ditentukan dari pihak pengembang yang ada didalamnya. Apakah pengembang tersebut niat dalam membangun atau sebaliknya. Jika pengembang sangat niat dalam membangunnya seperti fasilitas internet, sarana dan prasarana, dan jalanan bagus tersedia.

Sistem pembayaran

Kenali cara membayarnya mulai dari booking fee dan juga downpayment, serta fasilitas pinjaman dari Bank apa saja yang sudah beekerjasama. Dimana seperti ini wajib untuk diketahui secara detail sehingga tau bahwa rumah cluster yang dibeli adalah rumah yang aman. Dan mintalah simulasi pembayaran ketika pertamakali membeli.

Menentukan tipe rumah

Pastikan dalam menentukan rumah kumpukan uang terlebih dahulu dan baru lanjutkan dengan tipe rumah seperti apa. Cari hunian yang jangan terlalu sempit, pastikan hunian cluster tersebut dapat di renovasi dikemudian hari dengan syarat yang diajukan oleh Bank. Perhatikan seluk beluk dari rumah contoh ketika survey cluster, ini menjadi contoh untuk mendapatkan cluster yang ideal.