Inspirasi Desain Atap Balkon Kekinian

Dalam memilih inspirasi desain atap balkon yang kekinian tentu banyak pilihan yang bisa dicoba. Setiap rumah memiliki desainnya tersendiri dan berbeda tergantung jenis apa yang digunakan. Siapa tahu dengan inspirasi yang akan diulas disini akan memberikan bayangan gambaran nantinya untuk atap balkon rumah yang digunakan. Pastinya dengan mengedepankan konsep kekinian dan modern menjadikan rumah Anda jauh lebih keren.

Fungsi balkon sendiri sebagai ruang tambahan biasanya untuk mempercantik tampilan eksterior rumah, bisa juga sebagai ruang santai. Tidak hanya itu tentunya balkon juga terdapat 2 yakni terbuka langsung dan juga ada balkon tertutup atap. Biasanya yang terbuka digunakan untuk area pakaian dan jika menggunakan tutup atap balkon bisa multifungsi termasuk tempat bersantai.

Tinggal Anda pilih sesuai selera mana yang cocok dengan gaya rumah. Tentunya dalam pemilihan atap balkon ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi. Sehingga atap balkon memiliki tampilan yang pas bagi eksterior rumah dan termasuk pemilihan bahan apa saja yang akan digunakan nantinya.

Pentingnya atap balkon

Atap balkon memiliki peran penting diantaranya harus mempertimbangkan material yang digunakan, dan tentunya menentukan desain yang sesuai. untuk informasi lengkapnya akan diulas dibawah ini:

Sebagai penahan hujan

Ketika hujan tentunya tidak ingin membanjiri langsung area balkon. Dengana adanya atap balkon, setidaknya akan ditahan terlebih dahulu dan air hujan tersebut akan dijatuhkan diarea pembuangan air yang sudah di set.

Selain itu jika Anda menggunakan meja, kursi di balkon tentu jika terjadi hujan akan merusak meja dan kursi, karena terkena tekanan air secara langsung. Oleh sebab itu adanya atap sangat membantu untuk melindungi eksterior rumah menjadi lebih awet dan tahan lama.

Balokon sebagai fungsi peganti ruang santai atau tengah

Balkon memiliki peran penting sebagai area santai dan bisa menjadi tempat berkumpul bersama keluarga, pengganti dari ruang tengah. Di tambahkan beberapa meja dan juga kursis serta beberapa pot tanaman.

Dengan adanya atap balkon tentunya wajib dilakukan jika ingin area ini digunakan untuk bersantai. Sebab nantinya bisa melindungi bahan-bahan eksterior di bawahnya. Pilihlah material yang di rasa cukup kuat untuk atap dan memiliki fungsi desain yang menarik.

( Baca lainnya: 5 Tips Desain Kamar Mandi Sederhana Tapi Cantik Ala Hotel )

Beberapa inspirasi desain atap balkon terbaik

Bagi yang ingin mencari atap balkon dengan desain yang unik bisa simak ulasan berikut ini:

Model atap balkon dengan full kayu - Asriland

  1. Model atap balkon dengan full kayu

Pengunaan full kayu ini dirasa cukup bagus untuk rumah minimalis dan tentunya disekitarnya memiliki pemandangan yang luas. Atap balkon ini menggunakan bahan corcoran dan di atasnya diberikan sentuhan kayu. Tidak hanya itu memasang lantai dengan model kemarik kayu atau full kayu bisa menjadi inspirasi model balkon modern.

Pastian atap model ini harus memiliki luas yang sama dengan area balkon, agar nantinya tidak merusak area bawah balkon.

Untuk area pinggir bisa diberikan tanaman pot, ketika ada air hujan yang mengenai balkon. Setidaknya akan terkena area tanaman terlebih dahulu air hujan tersebut. Dan pembatas dari balkon bisa menggunakan kaca agar lebih sesuai dengan tema full kayu.

Model atap bakon kaca - Asriland

  1. Model atap bakon kaca

Untuk pengunaan atap kaca tentunya harus memiliki ekstra perawatan yang luar biasa. Seperti rutinnya mebersihkan 1 bulan sekai agar tidak terkena lumut dan kerak yang menempel dari air hujan. Model seperti ini snagat cocok digunakan untuk balkon bersantai sambil menikmati tetesan air hujan.

Anda bisa menggunakan potongan model desain kaca seperti digambar untuk kaca, sehingga antara beban penyangga dan beban besi akan seimbang dan dapat menopang dari kaca. Dan juga bisa diberikan lampu biasan ketika malam hari sehingga ketika malam tiba, lampu yang dinyalakan akan menyorot area balkon dan melihat pemandangan atap langit yang terlihat cantik.

Atap balkon dengan gaya japan - Asriland

  1. Atap balkon dengan gaya Japan

Ingin mencari atap balkon perbaduan antara kayu dan corcoan bisa menggunakan desain jenis ini. Di mana sangat cocok dan bagus untuk area terbuka dengan skat penyangga terbuat dari kaca.

Sebelum membuat atap balkon jenis in pastikan sudah melakukan cor yang kuat dibagian atap. Dan perpaduan gisum juga akan mempercantik dengan ukiran garis-garis pada atap.

Untuk jenis seperti ini, setidakny Anda harus melakukan dag pada area atas, agar balkon dan area atas menjadi satum dan kuat dalam menopang beban yang dibawa.

Atap balkon area bolong bolong - Asriland

  1. Atap balkon motif bolong-bolong

Bagi yang ingin semi terbuka, mode bolong-bolong seperti ini bisa digunakan. Area atas cukup dengan menggunakan kayu jati dibuat ber rongga-rongga. Desain seperti ini sangat cocok bagi ruang santai yang memang ingin area terbuka pada rumah. Dan juga bisa ditambah dengan tanaman merambat di atas baklon tersebut untuk mempercantik tampilan.

Untuk pembuatan seperti ini tergantung jenis kayu yang digunakan, jika menggunakan jati setidaknya biaya pembuatan memakan 10 sampai dengan 20 juta. Untuk perawatan atap balkon dengan desain atap kayu pastikan rutin menyemprotkan anti rayap setiap bulannya.

Alternatif lain bisa menggunakan corcoran semen yang dibentuk seperti jaring-jaring digambar. Dan diwarnai cat cokelat sehingga terlihat seperti warna pada kayu aslinya.