Cat Pelapis Anti Bocor Bagus Untuk Rumah

Ingin mencari cat pelapis anti bocor yang bagus untu rumah, rekomendasi pilihan cat-cat ini cocok digunakan jika rumah sering mengalami kebocoran. Terlebih lagi jika bocor sudah dirasakan cukup lama, tentunya akan merusak struktur dari interior rumah seperti gipsum dan bahkan bisa merusak lemari jika bocornya terjadi dikamar. Hal ini tentu tidak mau terjadi pada rumah Anda, sebab bocor air akan menimbulkan lembab yang berakibat banyaknya rayap.

Cat pelapis anti bocor ini bisa digunakan untuk merawat serta menjaga permukaan yang mengalami retak. Sebab cat untuk pelapis ini berbeda dengan cat biasanya. Cat memang tidak digunakan untuk memeprcantik tampilan dalam runagan dan luar ruangan, melainkan bisa berfungsi untuk menutup kebocoran-kebocoran yang terjadi pada tembok serta atap.

Rumah yang tidak memiliki lapisan cat anti bocor pada saat pembangunanya, biasanya rawan terkena bocor ketika musim hujan dan angin tiba. Lebih baik mencegah dari pada nantinya rumah rusak terkena bocoran-bocoran air. Pastikan dengan memilih cat yang berkualitas terbaik, dan akan kita bahas pada poin penting dibawah ini mengenai cat pilihan yang bisa digunakan untuk melindungi rumah dari bocor.

Cat pelapis anti bocor

Fungsi dari cat pelapis anti bocor

Fungsi utama dari cat pelapis anti bocor adalah mencegah kerusakan lebih lanjut dari bangunan seperti atap plafon dan rembesan tembok. Dengan adanya cat pelapis tentu akan membuat bangunan menjadi lebih awet dan tahan lama. Di mana di indonesia sendiri memiliki kondisi cuaca yang sangat tinggi dan perlunya bahan seperti ini untuk digunakan. Dan didalam cat anti bocor memiliki bahan zat yang mampu menahan resapan air hujan.

Cat ini digunakan pada area luas rumah sehingga terjadi hujan dengan volume yang banyak, aliran air hujan dapat tertampung dibagian pembuangan air secara benar. Selain itu cat anti bocor ini juga mampu menhaga rumah dari jamur yang menempel yang diakhibatkan dari terbawanya air hujan. Pastikan bagian dinding pojok atap rumah dilapisi cat anti bocor terutama bagian saluran pembuagan air hujan agat tidak merembes ke dalam rumah.

( Baca lainnya: Inspirasi Desain Atap Balkon Kekinian  )

Bagaimana memilih cat anti bocor?

Sebelum membeli cat anti bocor alangkahbaiknya simal ulasan seperti apakah cat yang baik untuk rumah kita dan bagaimana membedakannya? sebab di toko bangunan sendiri jenis cat anti bocor beragam merek dan jenis. Mulai dari brand tidak terkenal sampai brand-brand besar. Demi melindungi rumah agar mendapatkan komposisi cat pelapis yang baik agar melindungi dari air hujan. Setidaknya melihat beberapa cara-cara pengetahuan tentang memilih cat.

Memilih cat yang anti jamur

Wajib untuk bertanya atau melihat dari kemasan apakah cat tersebut anti jamur atau tidak. Pastikan mempertimbangkan untuk memilih cat yang memiliki formula anti jamur terlebih dahulu. Sebab sangat wajib untuk menjaga bagian atas agar tidak ditumbuhi jamur maupun lumut dari bawaan air hujan.

Cat yang mampu menahan tekanan air

Di setiap daerah memiliki curah hujan yang berbeda-beda ada yang deras, sedang dan tidak begitu deras. Ketahanan air menjadi hal yang utama untuk diperlukanm dimana mampu seberapa jauh cat menahan kondisi hujan ketika terjadi hujan lebat. Pilihlah cat yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi, biasanya bisa bertanya langsung kepada penjual tentang rekomendasi cat yang mampu bertahan dikondisi ekstrim hujan.

( Baca lainnya: Mengenal Bahan, Kegunaan Dan Jenis Akrilik )

Pengunaan cat anti bocor

Pahami dari pengunaan cat dan pastikan mengikuti instruksi yang diberikan penjual serta informasi pada kaleng kemasan. Biasanya sebelum menggunakan cat anti bocor, selalu bersihkan permukaan atas terlebih dahulu sehingga hasil yang didapatkan maksimal. Terlebih lagi jika ada debu, kotoran, lumut dan jamur wajib untuk dibersihkan sebelum melakukan proses pengecatan.

Rekomendasi cat pelapis anti bocor yang bagus

Dulux AquaShield

Dulux AquaShield

Dalaj satu merek terkenal dari Dulux yang memberikan ketahanan anti bocor. Cat pelapis ini membutuhkan waktu kering sampaid engan 6 jam untuk benar-benar bisa melapisi permukaan yang bocor. Sangat bagus dipakai ketika kondisi hujan yang cukup lebat.

No Drop

No Drop

Cat pelapis anti bocor No Drop bisa dijumpai disemua toko material bangunan, dimana memang bagus untuk melapisi tembok, atap, plafon. Selain itu No Drop juga berfungsi untuk anti jamur serta lumut yang menempel pada tembok.

Aquaproof - Asriland

Aquaproof

Merek cat pelapis anti bocor Aquaproof bisa menjadi pilihan selanjutnya, mampu melindungi atap genteng, tembok dan bahan lainnya. Banyak jenis dari Aquaproof yang bisa diaplikasikan. Untuk pengunaannya cukup mudah tinggal digunakan pada tembok-tembok atau atap yang bocor tanpa tambahan tiner atau air lagi. Pastikan bersihkan terlebih dahulu bagian atas yang terdapat kotoran.

Drylok original waterproofer

Drylok original waterproofer

Cat pelapis anti bocor Drylok yang mana pengunannya bisa untuk ruangan dan keperluan anti air dengan tingkatan paling maksimal. Di mana cocok untuk digunakan baik interior seperti kamar mandi, dapur serta eksterior seperti atap dan tembok luar rumah. Dan didalam kemasannya bertuliskan mampu bertahan hingga 10 tahun pengunannya.

Sika raintite

Sika raintite

Tidak hanya untuk pelapis kamar mandi saja dalam bentuk semen. Merk Sika kini ada dalam bentuk cat yang bisa digunakan untuk pelapis anti air bocor. Mampu melindungi berbagai jenis jamur dan lumut serta bisa digunakan untuk kondisi hujan yang lebat.