Tips Memilih Dekorasi Kamar Mandi

Kamar mandi tentu harus memiliki rasa nyaman, sehingga ketika masuk dapat membersihkan diri dengan rasa tenang sehingga tubuh menjadi bersih. Dalam mendapatkan rasa tenang ketika dikamar mandi, tentu adanya dekorasi kamar mandi yang disesuaikan dengan suasana. Tidak perlu mewah atau memiliki dekorasi mahal, hal terpenting adalah desain kenyamanan.

Tidak selamanya kemewahan bisa dibeli di properti hal terpenting adalah menciptakan desain yang meningkatkan kenyamanan. Seperti kamar mandi merupakan hal yang harus diperhatikan seperti penataan tempat untuk sabun, saluran kloset, pencahayaan, saluran keran dan lain sebagainya.

Tips memilih dekorasi kamar mandi

Lalu bagaimana mendesain dekorasi kamar mandi agar tampak membuat lebih nyaman dan bersih serta menyenangkan ketika dilihat, untuk selengkapnya simak dibawah ini.

dekorasi kamar mandi

Penggunaan cermin

Cermin juga merupakan hal terpenting didalam kamar mandi, sebab setelah mandi kita bisa merias diri dan melihat tampilan seluruh tubuh apakah sudah bersih atau belum. Menggunakan cermin dikamar mandi merupakan salah satu opsi yang baik untuk digunakan. Untuk desain sendiri bisa menggunakan cermin berbentuk kotak, persegi panjang dan juga lingkaran. Sesuaikan dengan luas kamar mandi, sehingga nantinya cermin tidak memenuhi sudut-sudut dari kamar mandi.

Penggunaan warna cerah

Gunakanlah warna cerah dan hindari warna gelap, butuh ketenangan ketika berada dikamar mandi. Inilah mengapa pilihan warna putih banyak digunakan didalam kamar mandi. Disebabkan memberikan rasa tenang kepada para pengunanya. Warna cerah ini memang wajib diterapkan selain memberikan ketenangan nantinya akan mudah untuk dibersihkan mengetahui sudut mana yang sudah berlumut dan kotor.

Berbeda jika menggunakan warna yang gelap di mana kotoran akan menyatu dan sulit membedakan mana yang kotor dan mana yang tidak. Alternatif lain selain warna putih adalah warna abu-abu. Jika ingin bermotif pastikan menggunakan backgroud warna putih untuk lantainya. Dan tembok bisa menggunakan motif warna peach, apricot, putih, abu yang cerah dan hindari warna hitam.

( Baca lainnya: Cat Pelapis Anti Bocor Bagus Untuk Rumah ) 

Bathub

Bisa dengan penambahan bathub untuk suasana kamar mandi menjadi tenang, ini opsi jika memiliki ruang kamar mandi yang luas. Sangat cocok yang ingin kamar mandi dengan suasana tenang ketika berendam didalam. Bathub sendiri tentu pilihan opsional, hal yan ingin bersantai lama-lama dikamar mandi mungkin opsi ini sangat bagus.

Selain itu berendam dibathub dengan air hangat sangat bagus untuk mengeluarkan racun-racun didalam tubuh. Dan jika ingin berendam dengan air sabun tentu sangat bagus untuk mematikan kuman dan bilas dengan air bersih selanjutnya.

Penggunaan rak dan gantungan

Untuk gantungan memang sangat wajib hadir didalam dekorasi kamar mandi. Karena berfungsi untuk menggantung pakaian bersih dan kotor serta handuk. Gantungan memang harus hadir agar bisa menaruh pakaian tidak terkena cipratan air, pastikan menaruh gantungan jauh dari keran air, bisa ditaruh dekat pintu masuk kamar mandi.

Opsi lain juga bisa menggunakan rak, dimana rak ini bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan kebutuhan mandilainnya seperti sabun, sampho dan lain-lain. Untuk penggunaan rak ini tentunya minimalis dan jangan terlalu besar, sebab yang minimalis akan mudah untuk dibersihkan jika terkena cipratan air sabun dari mandi.

Shower dan air panas

Penggunaan shower biasanya identik dengan penggunaan air panas, jika tidak memiliki water heater opsi shower lebih baik dihilangkan. Kenapa shower bagus untuk digunakan dalam dekorasi kamar mandi rumah? sebab berendam dibawah shower akan membuat kepala menjadi rileks dan santai, terlebih lagi menggunakan air yang hangat membuat suasana menjadi lebih aman dan nyaman.

Dalam memilih shower pastikan yang bisa untuk mengatur kecil dan besarnya air yang keluar. Dan shower terdapat 2 jenis yakni shower bersifat permanen tidak bisa di gerakan, dan shower yang bersifat selang bisa di taruh dan dicopot. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda.

Penggunaan lampu terang

Warna apa yang cocok untuk lampu kamar mandi? jawabannya adalah warna yang terang. jangan sampai ketika sudah masuk ke kamad mandi yang tujuannya mencari kenyamanan, malah menjadi pusing karena efek dari cahaya matahari. Hindari untuk cahaya lampu yang remang-remang seperti kuning gelap. Pakailah warna putih yang membat suasana kamar mandi menjadi lebih tenang.

Lampu dindin di area pojok juga merupakan solusi yang bagus untuk opsi penambahan efek lampu. Sangat cocok untuk sudut-sudut ruangan kamar mandi bila memiliki kamar mandi yang luas. Jika kamar mandi minimalis dan kecil sepertinya opsi pemilihan lampu dinding di urungkan.

Kloset kamar mandi

Pemilihan kloset

Ingin kloset jongkok atau kloset duduk? untuk tempat yang nyaman lebih baik gunakan dekorasi kloset yang duduk saja. Kenapa tidak jongkok? perkembangan dekorasi tentunya semakin kesini semakin beranekaragam. Untuk jongkok lebih baik untuk jangan digunakan jika ingin mendapatkan dekorasi kamar mandi yang nyaman.

Opsi kloset duduk sangat bagus untuk saat ini, dikarenakan banyak pabrikan yang mengeluarkan kloset dengan harga yang terjangkau. Dan bahkan untuk kloset saat ini ada yang menggunakan jenis perpaduan teknologi yang mampu menyiram dan menutup tutupan kloset dengan sendirinya.

Sesuaikan dengan budget yang Anda punya, disarankan lebih baik untuk penggunaan versi duduk saja, karena untuk harga setidaknya hanya selisih 400-600 ribu dari jenis versi jongkok.