Tips Memilih Keramik Dinding Dapur Untuk Rumah

Biasanya ingin membuat dapur baru tentu banyak hal yang dipikirkan salah satunya adalah memilih keramik dinding dapur yang memiliki motif bagus. Untuk mendapatkan dapur yang enak dilihat pemilihan dinding dapur perlu di perhatikan agar ketika banyak beraktifitas di dapur, kita menjadi lebih nyaman.

Bagi yang hobi masak pemilihan motif dapur juga perlu diperhatikan karena akan menambah daya mood dalam memasak. Perlu pemahaman dalam pemilihan seperti warna yang pas dengan  rak, motif, material yang digunakan. Dan jangan sampai asal-asalan ketika dalam pemilihan keramik dapur, sebab akan mempengaruhi dari hasil finishing tampilan nantinya.

Bagi yang ingin membuat dapur baru dengan menggunakan keramik dinding sebagai pilihannya, simak tips dibawah ini.

Tips memilih keramik dinding dapur

Ada beberapa tips dalam memilih material keramik dapur yang akan digunakan, terutama motif apa saja yang pas dan kuat dalam menahan daya panas kompor ketika memasak. Selain itu perlu diperhatikan adalah bagaimana mencari keramik yang tidak mudah retak terkena cucian piring dan panas api. Beberapa material jenis keramik ini sangat bagus untuk digunakan.

Tips memilih keramik dinding dapur

Pengunaan batu alam

Marmer

Jika ingin mencari keramik yang banyak digunakan untuk dinding bisa menggunakan marmer sebagai solusi untuk dapur bagus. Di mana marmer merupakan batu alam yang memiliki daya tahan terhadap panas yang tinggi. Banyak warna variasi dan tentunya warna tersebut terbuat dari alam. Corak motif yang beragam menjadikan marmer pilihan yang tepat untuk dipasangkan dengan rak-rak dapur (kitchen set). Kekurangan dari marmer adalah biaya pembelian yang lumayan tinggi bila dibandingkan dengan keramik biasa.

( Baca lainnya: Jenis Bahan Mentah Untuk Bangunan Yang Banyak Digunakan )

Keramik batutulis

Salah satu keramik yang memiliki warna sedikit gelap dan berkilau untuk motifnya. Biasanya di gunakan untuk jenis dinding dapur yang kuat terhadap jenis panas. Keramik ini banyak digunakan untuk jenis rumah yang memiliki ventilasi banyak, sebab warnanya yang gelap mampu menyerap hawa panas di sekitarnya dengan baik

Dinding buatan

Keramik perselen

Salah satu yang mampu menahan daya panas sampai 1.000 celcius. Dinding buatan ini sangat bagus untuk menahan daya panas bila digunakan untuk masak waktu yang lama. Keramik jenis ini menjadi pilihan tepat untuk pengunaan dinding dapur, karena daya tahan terhadap suhu panas mudah terserap oleh keramik.

Pemilihan warna keramik yang baik

Pemilihan warna keramik yang baik

Carilah ukuran dan warna yang sesuai

Sebelum membeli keramik yang ingin digunakan untuk dapur dinding. Hal terpenting adalah mengukut seberapa ukuran yang digunakan untuk pemasangan. Sebab untuk dapur dinding memiliki beragam ukuran yang berbeda-beda dengan berbagai motif. Hal yang pertama harus dilakukan adalah mencari motif warna yang mampu membuat suasana dapur menjadi luas. Pemilihan warna seperti motif putih bisa menjadi solusi untuk dapur minimalis dengan keterbatasan ruang.

Gunakan keramik yang sedang dan jangan terlalu kecil, yang akan menimbulkan rasa sempit pada dapur. Hindari warna gelap jika dapur yang digunakan sempit, dan pilihlah warna terang untuk pemasangan dapur dinding.

Pemilihan permukaan lantai

Lantai yang di injak pada dapur juga harus disesuaikan dengan warna motif pada dinding dapur. Jika menggunakan warna terang pada lantai pastikan dinding juga memiliki warna terang atau sedikit gelap. Begitupun sebaliknya jika permukaan lantai yang diinjak memiliki motif gelap, janganlah menggunakan warna gelap lagi untuk permukaan tatakan dapur serta dinding dapur.

Harga

Pilihlah harga yang menyesuaikan budget Anda, jangan sampai motif yang dipilih terlalu mahal dan melbihi budget yang disiapkan. Pentingnya mencari contoh dahulu sebelum membeli di toko keramik bangunan terdekat. Dengan begitu kita tau untuk menyesuaikan jenis ukuran dan harga yang cocok untuk dipasang.

Keramik dinding tentunya memiliki berapa ukuran berbeda dari kecil, sedang dan besar. Masing-masing memiliki harga perbedaan tergantung jenis dan motifnya. Dengan pengukutan diwal dapat mengetahui berapa jumlah keramik yang dibutuhkan. Biasanya untuk membangun dapur minimalis untuk dapur membutuhkan biaya sekitar 500 ribu sampai 1 juta untuk keramik dinding.

Memilih motif sesuai interior

Dapur menjadi lebih menarik dengan motif keramik yang pas untuk tema yang digunakan. Jangan sampai antara kompor, rak kabinet, alas dapur, tempat cucian tidak pas dengan keramik dinding. Hal terpenting dalam dapur adalah memilih warna yang cerah ketika kita memasak tidak akan membuat diri kita menjadi pusing dnegan dapur yang berantakan. Pemilihan warna ini sangat penting sebab akan mempengaruhi mood dari seseorang ketika masak.

Selain itu carilah keramik motif yang bisa digunakan untuk menahan kotoran dari cipratan minyak dan jenis lain misalnya bumbu. Selain itu keramik harus mudah dibersihkan sehingga menambah keindahan pada kitchen set yang ada.

Cari keramik tidak mudah pecah

Penting dalam membeli menanyakan seberapa tahan terhadap faktor cuaca dan kondisi. Misalnya saat pemasangan di area rumah pegunungan apakah kuat dengan suhu dingin. Selain itu biasanya pada model keramik terkenal akan memberikan garansi berupa tidak mudah pecah dalam beberapa tahun. Hal ini juga bisa dicari sebagai perlindungan Anda untuk menjaga-jaga jika terjadi kerusakan pada keramik dingin agar bisa diklaim secara gratis.