Cara Memilih Lantai Keramik Motif Kayu

Bagi yang ingin memilih keramik lantai yang bagus, keramik motif kayu bisa menjadi pilihan desain yang pas untuk digunakan di rumah. Kemarik motif kayu memang snagat serasi jika digunakan untuk rumah-rumah di Indonesia. Motif jenis kayu memang memberikan nuansa yang dingin ketika melihatnya. Terlebih sangat serasi bila dipadukan dengan dengan tembok berwarna cerah.

Selain itu pengunaan keramik motif kayu sebgai salah satu pengganti dari bahan kayu asli yang terbilang sangat mahal. Untuk digunakan di kamar, tangga, ruang tamu dan terras sangat cocok menggunakan motif jenis ini. Bagi yang tertarik dengan motif kayu, simak ulasan dibawah ini mengenai kelebihan dan kekurangan serta cara menentukan desain yang menarik.

Memilih lantai keramik motif kayu

Untuk memilih keramik jenis motif kayu pahami dahulu kelebihan dan kekurangannya, sehingga bisa untuk dipertimbangkan sebelum membeli jenis keramik ini.

Kemudahan dalam perawatan

Untuk perawatan motid kayu ini tidak perlu khawator dalam membersihkannya, dimana hanya dengan pemolesan dan di pel keramik akan menjadi mengkilap seperti kayu asli. Selain itu motif jenis kayu ini lebih mudah di rawat dan juga jika terjadi goresan tidak akan terlalu terlihat.

Untuk perawatan sehari-hari bisa di sapu dan di pel. Untuk menjaga kualitas keramik tetap baik lakukan pembersihan setidaknya 3 hari sekali, dan untuk pemolesan bisa dilakukan setahun sekali. Keramik motif kayu tentunya awet, tahan gores dan juga anti noda membandel.

Baca lainnya: 5 Tips Tata Letak Dapur yang Hoki menurut Feng Shui

Tahan dari lembab dan tidak licin

Motif kayu pada keramik rata-rata umumnya tidak licin dan juga tahan dari kelembaban. Selain itu sangat cocok digunakan untuk area yang banyak basah seperti terras. Sangat aman digunakan untuk anak-anak karena permukaan yang halus tidak licin inilah yang membuat motif kayu banyak digunakan.

Tidak seperti beberapa motif lain, umumnya yang memiliki area permukaan yang licin jika terkena air. Motif kayu bisa menjadi pilihan utama digunakan pada rumah Anda yang memiliki daya ketahanan yang baik.

Memiliki banyak model

Motif kayu tidak hanya sebatas warna cokelat saja, namun terdapat beberapa ornamen di permukaannya. Di mana di pasaran sendiri bisa disesuaikan dengan gaya bentuk rumah Anda. Mulai dari kayu jenis warna cerah sampai jenis motif warna gelap. Selain itu harga motif kayu keramik lebih terjangkau bila dibandingkan dengan jenis lain.

Dari model ini kayu memberikan sentuhan yang dingin pada motifnya, sehingga jika kamu menginjak atau menyentuh permukaan keramik akan terbawa suasana yang sejuk diarea tersebut.

Kekurangan model kayu

Permukaan lantai yang kasar

Sedikit kasar dan tidak halus, berbeda dengan motif lantai yang memiliki warna polos.

Pemasangan lantai membutuhkan waktu

Untuk pemasangan memang membutuhkan waktu yang lebih lama dari biasanya. Di karenakan harus mencocokan dengan masuknya warna pada pembatas sehingga masuk dan enak dilihat.

Tips memilih lantai keramik motif kayu

Keramik dengan banyak variasi - Asriland

Keramik dengan banyak variasi

Ingin penggunaan keramik lebih optimal dan berbeda serta lebih mirip dengan kayu aslinya. Tipe keramik model seperti inkjet bisa untuk dicoba. Di mana terdapat pola-pola kayu dari cetakan mesin, sehingga memiliki cetakan-cetakan yan tersusun rapih. Selain itu model tipe keramik inkjet memiliki motif paling bagus dari pada yang cetakan lainnya.

Keramik kayu memajang - Asriland

Keramik kayu memajang

Jika ingin mencari konsep simple dan mirip asli kayu, gunakan motif kayu yang bertipe memanjang. Sehingga kesan seperti kayu asli terdapat di dalam rumah Anda. Penampilan ini lebih alami sesuai dengan potongan-potongan kayu. Bisa menggunakan ukuran keramik panjang 100 cm untuk penggunananya agar terlihat repih rapih.

Mencari kualitas bahan bagus

Penting sebelum membeli untuk menanyakan bahan yang digunakan kepada penjual, periksalah bahan-bahan secara detail apakah kuat atau tidak dalam waktu yang lama. Jangan terlalu tergiur dengan harga terlalu murah. Untuk melihat keramik kuat atau tidaknya bisa mencoba menggunakan prototipe yang dipajang, dengan cara mengetuk-ngetuk permukaan alas keramik. Jika ingin aman bisa beli di depo bangunan, mitra 10 dan market bangunan besar lainnya.

Cari bergaransi

Carilah yang memiliki garansi toko atau pabrikan salah satunya. Di mana keramik dalam pembelian banyak tentu harus memiliki garansi, jika terjadi pecah atau retak cacat barang bisa di klaim secara gratis. Dengan adanya garansi ini bisa klaim langsung dan mendapatkan keramik baru untuk penggunaanya.

Cari motif sesuaikan dengan ruangan

Pililah motif keramik kayu dengan model yang pas dimana harus mencocokan dengan warna tembok serta ruangan. Carilah pengunaan warna motif yang cerah dan tidak terlalu gelap agar suasana lantai menjadi lebih dingin. Jika ingin yang bagus bisa pilih keramik yang besar bermotif atau juga menggunakan jenis yang panjang.

Jika ingin digunakan pada area kamar mandi bisa menggunakan motif yang lebih kasar dari pada model ruangan lainnya. Untuk motif jenis keramik ini sebaiknya hindari banyak pemotongan, sehingga hasil yang diberikan terlihat menyerupai kayu asli.

Itulah beberapa cara dalam memilih keramik motif kayu dengan berbagai pertimbangan diatas bisa untuk menyimpulkan apakah pas untuk digunakan di rumah Anda.