5 Tips Tata Letak Dapur yang Hoki menurut Feng Shui

Dapur merupakan salah satu ruangan dirumah yang bisa dikatakan paling “sibuk” dan merupakan elemen penting dalam sebuah rumah, sebab itu anda perlu mengetahui tata letak dapur yang hoki menurut feng shui.

Mengapa tata letak dapur harus menurut feng shui? Tentu bukan sebuah keharusan, tetapi pengaturan menurut feng shui merupakan salah satu ide desain dan dekorasi yang paling banyak dicari. Selain karena alasan keyakinan dan kepercayaan, feng shui juga bisa memberikan ide yang baik dengan memperhitungkan segala aspek dan elemen didalam rumah.

Tata Letak Dapur yang Hoki menurut Feng Shui

Dapur merupakan ruangan penting dalam rumah karena dari dapur lah semua makanan yang akan dikonsumsi oleh penghuni rumah diolah. Untuk itu menurut feng shui, dapur seharusnya mampu mengalirkan energi positif guna memberi kesehatan, kebahagiaan, hingga memberi kesejahteraan bagi para penghuni rumah.

Untuk itu tidak ada salahnya mengikuti prinsip feng shui ketika anda mencari tips tata letak dapur yang hoki, sebab selain dipercaya mampu menangkal energi negatif, mengikuti prinsip feng shui juga memungkinkan anda memiliki rumah dengan tata letak ruangan yang estetis.

Mau tahu tips tata letak dapur yang baik dan hoki ? Simak penjelasan berikut mengenai 5 tips tata letak dapur yang hoki menurut Feng Shui yang bisa anda simak sebagai berikut :

Posisi Dapur di Area Belakang Rumah

Posisi dapur sebaiknya di tempatkan dibelakang rumah, sebab apabila ditempat lain apalagi didepan rumah maka dipercaya dapat menimbulkan kesialan bagi pemiliknya.

Menurut feng shui, bagian tengah rumah ibarat jantung pada organ tubuh manusia, jadi sebaiknya dimanfaatkan sebagai ruang keluarga. Dimana konsep ini umum digunakan pada hunian jaman sekarang. Tentu, anda angat jarang melihat rumah dengan konsep dapur di area depan atau tengah, dimana kebanyakan masyarakat menempatkan dapurnya di bagian belakang.

Posisi Dapur Tidak Berdekatan dengan Kamar Mandi

Sebaiknya menghindari memposisikan letak dapur yang berdekatan atau berhadapan langsung dengan kamar mandi sebab pada umumnya dapur dan kamar mandi di posisikan pada area belakang rumah.

Menurut feng shui, dapur dan kamar mandi merupakan dua ruangan dengan elemen yang saling bertentangan, yakni dapur yang identik dengan elemen api, sementara kamar mandi lekat dengan elemen air.

Seperti yang kita ketahui hukum air adalah memadamkan api. Karena alasan itu, tata letak seperti itu dipercaya dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan dan keharmonisan keluarga.

Apabila posisi dapur dan kamar mandi anda sudah terlanjur berdekatan, anda bisa bisa mengakalinya dengan selalu menutup pintu kamar mandi.

Tidak Berada di Bawah Kamar Tidur dan Kamar Mandi

Bagi anda yang memiliki rumah dua lantai dan seterusnya, maka sebaiknya posisi dapur tidak berada tepat di bawah kamar tidur. Sebab selain tidak baik untuk kesehatan, karena anda tidur tepat di atas kompor dan oven yang memancarkan energi panas. Menurut feng shui juga energi api yang identik dengan area dapur akan menimbulkan siklus destruktif bagi energi kamar, yang dimana kamar lekat dengan elemen tanah.

Selain kamar tidur, dapur juga sebaiknya tidak ditempatkan di bawah kamar mandi, sebab akan berpengaruh buruk juga bagi kesehatan dimana kamar mandi menghasilkan air limbah yang bisa saja tercampur dengan air yang anda gunakan di dapur.

Posisi Dapur pada Arah Mata Angin yang Tepat

Anda perlu tahu bahwa arah mata angin pun menjadi elemen lain yang tak bisa diabaikan dalam menentukan tata letak dapur yang hoki menurut feng shui. Dimana arah mata angin terbaik untuk dapur adalah selatan adalah unsur api atau timur adalah unsur kayu. Kedua arah tersebut mewakili elemen senada dengan dapur.

Hindari memposisikan dapur ke arah barat laut, dimana dipercaya bisa menimbulkan kesialan dan penderitaan bagi laki-laki tertua atau kepala keluarga.

Memisahkan Elemen Api dan Air pada Dapur

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa didapur terdapat elemen api yakni kompor dan air dari wastafel, dimana anda harus memisahkan kedua elemen tersebut.

Prinsipnya hampir mirip dengan anjuran untuk memisahkan area dapur dengan kamar mandi, untuk menghindari terjadinya bentrokan energi. Bentrokan kedua energi ini dipercaya dapat mengundang perselisihan antarpenghuni rumah, jadi sebaiknya kedua benda tersebut juga dipisahkan.

Anda bisa menempatkan kompor dan wastafel saling berseberangan, dan tidak ditempatkan pada posisi yang berdekatan apalagi bersebelahan.

Sekian informasi mengenai 5 tips tata letak dapur yang hoki menurut Feng Shui yang semoga bisa menjadi referensi anda dalam pengaturan dapur anda. Dimana selain dapat memberi energi positif, juga akan memberikan nilai estetika pada dapur rumah anda sehingga menjadi tempat yang nyaman bagi penghuni rumah dalam melakukan aktifitas didapur seperti memasak.