Cara Ampuh Agar Rumah Bebas dari Tikus

Siapa sih yang menyukai hewan pengerat ini berkeliaran dirumah. Mau tahu cara ampuh agar rumah bebas dari tikus ?

Tikus merupakan salah satu hewan pengerat yang umumnya biasa masuk dirumah, dimana tidak hanya merusak. Tikus juga dapat membawa penyakit yang dapat membahayakan penghuni rumah. Jadi wajar “tamu” yang satu ini menjadi musuh bersama yang harus diusir.

Tapi mengusir tikus tentu tidaklah semudah yang dibayangkan. Dimana juga apabila dibiarkan populasinya pun akan bertambah yang pasti akan membuat semua penghuni rumah akan terganggu.

Cara Ampuh Agar Rumah Bebas dari Tikus

Lalu bagaimana cara ampuh agar rumah bebas dari tikus ?

Banyak cara yang pada umum dilakukan untuk menghilangkan tikus dari rumah, seperti salah satunya dengan racun atau memasang perangkap. Akan tetapi, tikus bisa saja kembali apabila tak membasmi sarangnya yang biasanya menyukai tempat yang dingin, lembab, dan kotor. Selain tikus pintar bersembunyi di tempat-tempat yang sulit terjangkau.

Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan agar rumah bebas dari tikus :

Cara Ampuh Agar Rumah Bebas dari Tikus

1. Periksa rumah

Hal pertama yang perlu anda lakukan sebelum anda menyingkirkan tikus, dimana anda perlu melakukan pemeriksaan rumah secara menyeluruh untuk mengetahui dari mana tikus-tikus tersebut berasal.

Anda dapat memeriksa bagian luar rumah, terutama pada saluran air yang rusak, celah di sekitar ventilasi, celah di pintu garasi, dan ruang lainnya yang memungkinkan menjadi titik akses tikus masuk.

Apabila anda sudah mengetahui di mana tikus mengakses rumah, anda dapat menutup titik masuk dan memasang jebakan.

2. Tutup celah

Tentu tikus tidak membutuhkan pintu masuk yang besar untuk masuk ke rumah. Bahkan, mereka bisa masuk melalui lubang apa pun walaupun hanya berukuran dua jari.  Untuk itu pentingnya anda harus menutup semua celah di dinding interior dan eksterior rumah.

Untuk hasil yang tahan lama, anda dapat menutup celah tersebut dengan wol kawat, plat logam, semen, maupun dempul. Anda dapat memeriksa celah tersebut tiap beberapa kali sebulan untuk memastikan celah masih tertutup dengan baik.

3. Gunakan perangkap

Menggunakan perangkap tikus menjadi menjadi salah satu cara paling efektif untuk membasmi tikus. Apabil anda akan memasang perangkap sendiri, pastikan menggunakannya banyak dan menempatkannya di area yang biasa dilalui tikus.

4. Bersihkan

Salah satu cara terbaik untuk mengusir tikus tanpa racun adalah dengan menghilangkan tempat persembunyiannya. Sebab tikus dapat kembali terus apabila tempat persembunyiannya masih ada dan “nyaman”.

Bersihkan tempat yang ada di dalam dan di sekitar luar rumah yang berantakan dan jarang digunakan, serta jauhkan benda-benda dari dinding.

Simpan semua sampah dan makanan di tempat sampah tertutup, bersihkan tumpahan dengan cepat, serta menjaga kebersihan pipa dan saluran pembuangan.

5. Gunakan bahan alami

Untuk membasmi tikus, anda juga dapat menggunakan beberapa bahan alami yang sederhana yang akan sangat membantu. Seperti menggunakan minyak peppermint, lada hitam, cabai rawit  atau cengkeh di sekitar bagian luar rumah untuk mencegah tikus masuk ke dalam rumah. Anda dapat menggunakan bahan-bahan tersebut dengan jumlah yang banyak di sepanjang garis antara fondasi dan tanah.

Selain itu, anda juga bisa menaburkan bubuk merica atau menyemprotkan cairan merica di dekat lubang yang mungkin akan dilalui tikus. Hal ini akan menyebabkan iritasi hidung  dan saluran pernapasan tikus dan mencegah mereka masuk kembali ke rumah.

6. Hubungi jasa pembasmi hama

Dan terakhir apabila anda masih merasa kesulitan dan kewalahan dalam membasmi tikus yang bersarang di rumah, maka anda dapat menghubungi perusahaan pengendalian hama profesional di daerah anda untuk membantu membasmi tikus.

Jasa pembasmi hama akan membantu mengidentifikasi titik masuk tikus, menemukan tempat bersarang serta tempat penyimpanan makanan mereka, dan mengeluarkannya dari rumah tanpa menyebabkan kerusakan.

Namun bukan berarti rumah anda bebas dari tikus, sebab tikus masih mungkin untuk masuk lagi ke dalam rumah. Terutama pada saat mendekati musim dingin, tikus akan mulai memasuki rumah untuk mencari perlindungan dan makanan.

Sekian informasi mengenai cara ampuh agar rumah bebas dari tikus yang bisa anda terapkan agar tikus yang mengganggu tidak merusak dan mengganggu kenyamanan anda dirumah. Semoga berguna dan bermanfaat.