Cara Membeli Rumah dari Tunai Hingga Kredit

Ingin membeli rumah baru sesuai dengan pilihan dan impianmu? namun tunggu dulu membeli rumah tidak semudah yang dipikirkan dan gampang untuk mendapatkannya. Terlebih jika mengandalkan pembelian rumah melalui sistem cicilan dengan peluang 50-50 keberhasilannya. Ada beberapa metode cara membeli rumah dari tunai sampai dengan kredit.

Ada 3 cara untuk membeli rumah yakni melalui uang tunai langsung, uang tunai secara bertahap misalnya 3-5 kali pembayaran dan sistem dengan cicilan KPR. Tentunya dari ke 3 cara tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan dari sistem pembayarannya. Pastinya untuk khusus cash perlu adanya duit yang siap untuk pembeliannya dan tidak sedikit untuk jumlahnya.

Namun bagaimana cara membeli rumah dengan skema pembayaran tersebut? untuk info lebih jelasnya akan di ulas dibawah ini.

3 Cara membeli rumah dari tunai sampai kredit

Membeli rumah melalui cash

Membeli rumah melalui cash

Cara pertama metode yang bisa digunakan adalah membeli rumah dengan uang cash langsung dilunaskan diawal. Di mana biasanya perjanjiannya akan dilakukan untuk 1 kali hingga 3 kali pembayaran sesuai kesepakatan pembeli. Dan umumnya kurang dari 1 bulan masa tenggat waktu pelunasan.

Cara seperti ini biasanya dilakukan sama seperti beli mobil baru, beli properti rumah baru juga sama halnya dilakukan seperti ini.

Pastikan memiliki uang untuk tanda jadi ke pihak developer dimana sebagai kesepakatan dalam pembelian secara uang tunai langsung. Biasanya pihak developer akan memeinta beberapa persen diawal sebagai komitmen Anda membeli properti secara tunai. Umumnya developer akan meminta sampai dengan 5% maksimal pembayaran awal. Lalu di lanjutkan dengan sisanya pembayaran lunas dalam waktu tempo kurang dari 1 bulan.

Sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin pusing untuk masalah kredit dan pengurusannya. Dengan pelunasan semuanya bisa didapatkan sampai surat-surat tanah hanya kurun waktu kurang dari 3 bulan.

Jika dana merasa pas-pasan sebaiknya jangan terlalu memaksa dnegan sistem seperti ini. Pastikan ada dana dingin lebih untuk membeli secara tunai.

Untuk kelebihan menggunakan metode cash atau tunai langsung diantaranya adalah:

  • Tidak perlu memikirkan lagi untuk cicilan bulanan dan mengangsur sesuai tepat waktu
  • Potongan harga diskon lebih besar dan sesuai dengan akad harga yang ditetapkan tanpa adanya pihak Bank. Langsung melalui developer yang bersangkutan
  • Sangat cocok untuk dijadikan investasi sebab harga cash akan didapatkan harga murah dan bisa dijual mahal untuk beberapa waktu kedepan

Kekurangan pembelian tunai:

  • Butuh modal yang besar ratusan juta hingga milyaran untuk pembelian
  • Untuk sertifikat pembelian rumah tunai juga diperlukan waktu yang lama 3 bulan maksimal untuk surat lengkap
  • Jika bertemu developer nakal siap kehilangan resiko uang, perlu membeli di developer ternama sebaiknya untuk keamanan

Membeli rumah melalui kredit

Membeli rumah melalui kredit

Cara beli rumah bisa dilakukan dengan sistem KPR yang mana pastinya ada pihak Bank yang ikut didalam pembelian rumah. Untuk proses ini sebenarnya adalah Bank memberikan pinjaman uang kepada Anda dan developer mendapatkan uang dari pihak Bank. Lalu Anda melunasinya langsung melalui pihak Bank.

Untuk metode ini tetap memiliki uang DP sebesar 5% hingga 25% dari harga rumah kepada Bank sebagai jaminan. Namun hal yang perlu diketahui membeli rumah baru lewat KPR Bank tidaklah gampang dan perlu beberapa syarat yang  harus dipenuhi.

Untuk cicilan melalui KPR akan membutuhkan waktu tenor yang lama biasanya diatas 10 tahun sampai dengan 25 tahun pembayaran cicilan. Jika ingin mencicil waktu yang singkat, gunakan tenor 10 tahun pembayaran.

Kelebihan membeli secara kredit:

  • Hanya membutuhkan DP kecil setidaknya mencapai 5% – 25% dari harga rumah tunainya
  • Keamanan dalam membeli rumah karena adanya pihak Bank langsung yang terlibat didalamnya. Salah satunya seperti IMB dan status kepemilikan rumah dimata hukum sah. Karena pihak Bank memiliki sistemnya tersendiri dalam pengecekan rumah

Kekurangan sistem kredit:

  • Mebutuhkan waktu yang lama untuk sistem cicilan puluhan tahun
  • Beberapa Bank menerapkan untuk renov rumah hanya bisa dilakukan jika sudah 5 tahun cicilan ke atas
  • Pengajuan yang rumit dan membutuhkan dokumen yang banyak
  • Properti akan lebih mahal 2 sampai 3 kali lipat dari harga tunai langsung

Baca lainnya: Cara Bayar Pajak PBB Online lewat M Banking

Membeli rumah melalui cash bertahap

Metode pebayaran yang dilakukan dengan sistem bertahap yang mana waktu lebih singkat setidaknya kurang dari 1 tahun. Biasanya metode ini digunakan untuk perumahan harga di atas 1 milyar yang memang membutuhkan waktu untuk pembayarannya.

Kelebihan membeli rumah melalui cash bertahap:

  • Harga sesuai dengan akad pertama kali, dengan ketentuan waktu yang disepakati
  • Tidak adanya sistem cicilan yang beresiko gagal bayar dan terkena bunga denda
  • Sistem langsung ke pihak developer tanpa perantara Bank

Kekurangan rumah cash bertahap:

  • Jika telat bayar dalam waktu yang ditentukan akan terkena denda pemotongan dari uang jaminan awal
  • Uang untuk DP lebih besar bisa mencapai setengah harga tunai atau 50% dari harga

Itulah beberapa cara membeli rumah dengan 3 tahap cash penuh, cash bertahap dan sistem kredit melalui Bank. Pastikan sebelum membeli pilih yang disesuaikan dengan budget dana Anda.