5 Tips Membeli Rumah Subsidi Biar Hati Tenang Dompet Aman

asriland.com – Membeli rumah subsidi tentu menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang memiliki penghasilan pas-pasan sehingga anda bisa memiliki rumah dengan segera. Akan tetapi sebelum memutuskan membeli, anda harus mengetahui tips membeli rumah subsidi untuk kenyamanan anda di masa depan.

Tips Membeli Rumah Subsidi

Rumah subsidi merupakan rumah yang dibantu oleh program pemerintah untuk masyarakat berpenghasilan rendah agar bisa segera memiliki rumah, dimana harga murah yang ditawarkan rumah subsidi sudah termasuk bantuan subsidi oleh pemerintah yang dipotong pada harga jual rumah.

Namun jangan sampai karena tergiur harga murah subsidi anda menjadi ceroboh dalam memilih rumah yang mana akan membuat anda menyesal nantinya. Kasus ini banyak dialami oleh banyak orang yang terburu-buru membeli rumah subsidi sehingga bisa menjadi pelajaran untuk anda simak. Untuk itu kali ini kami akan memberikan tips membeli rumah subsidi yang dapat anda simak sebagai berikut :

5 Tips Membeli Rumah Subsidi Biar Hati Tenang Dompet Aman

1. Tidak Memerhatikan Lokasi Perumahan

Pada umumnya, lokasi perumahan rumah subsidi biasanya terletak di pinggiran kota, dimana kerap muncul beberapa masalah pada lokasi rumah subsidi, antara lain sebagai berikut :

  • Area sering banjir ketika musim hujan tiba
  • Kesulitan mendapatkan air
  • Tanah rumah ternyata timbunan.

Maka dari itu, perhatikan lokasi perumahan dan lingkungan untuk rumah yang hendak anda beli agar anda bisa memperhitungkan segala hal yang bisa terjadi kedepannya.

2. Salah Memilih Developer

Dalam membeli rumah tentu anda harus memperhatikan reputasi dan pengalaman developer atau pengembang rumah tersebut, dimana terkadang, ada beberapa developer nakal yang meminta hal-hal yang tidak terlalu diperlukan rumah sehingga budget pun membengkak.

Bahkan, ada beberapa developer yang mengajukan harga rumah bersubsidi yang mahal. Untuk itu, penting untuk memastikan untuk memilih developer yang benar-benar terpercaya.

3. Tidak Melakukan Pengecekan Rumah

Membeli rumah sebaiknya anda melakukan pengecekan rumah secara detail dan keseluruhan akan fungsi dan strukturnya. Sebab terkadang ada beberapa developer tidak teliti ketika membangun rumah sehingga muncul beberapa masalah, seperti kebocoran pada dinding atau plafon adalah beberapa masalah yang kerap muncul pada rumah subsidi.

Untuk menghindari hal tersebut, pastikan untuk selalu melakukan pengecekan saat rumah sedang dibangun. Agar anda malah tidak mengeluarkan dana lebih untuk perbaikan kedepannya.

4. Tidak Mencari Tahu Perbedaan antara Rumah Subsidi dan Konvensional

Developer atau pengembang yang kesehariannya berhubungan dengan kostumer, tentu paham mana kostumer yang paham rumah subsidi dan yang tidak.

Untuk oknum developer yang “nakal” biasanya melakukan kecurangan dengan menawarkan harga yang jauh dari harga sesungguhnya. Untuk itu, penting bagi anda untuk mempelajari dulu seluk-beluk mengenai subsidi rumah sebelum membeli untuk menghindari kerugian akibat salah memilih.

5. Tidak Mengunjungi Pameran Properti

Tahukah anda bahwa mencari rumah di pameran properti bisa sangat bermanfaat bagi anda yang ingin membeli rumah. Jangan beranggapan bahwa pameran properti hanyalah untuk kalangan menengah hingga ke atas. Sebab pengembang turut hadir untuk memasarkan rumah bersubsidi di pameran properti.

Tentunya, semakin banyak informasi, semakin banyak juga kan pilihan yang bisa menjadi pilihan anda.

6. Tidak Mencoba Layanan Online

Sekarang anda tidak perlu repot-repot lagi mencari informasi mengenai penawaran pembelian rumah baru, dimana elalui layanan online, sekarang anda bisa membeli rumah.

Bahkan, beberapa opsinya meliputi penawaran rumah subsidi dengan cara take over KPR. Hanya dengan mengetik kata kunci rumah bersubsidi di mesin pencarian, anda sudah bisa menemukan informasi pilihan tentang penjualan rumah murah ini.

7. Lupa Menanyakan Detail Rumah yang Dibeli

Dan terakhir adalah jangan terlalu senang dulu mendapatkan harga murah untuk rumah subsidi sebab jangan sampai anda melupakan hal-hal yang penting seperti fasilitas rumah beserta minusnya. Jangan sampai akan menyusahkan anda ke depannya.

Berikut beberapa keluhan yang biasa terjadi antara lain

  • air ternyata tidak menggunakan PDAM
  • listriknya ternyata menggunakan pulsa token
  • jumlah sumur yang tidak sesuai.

Hal tentang fasilitas penting untuk tanyakan sebelumnya, sebab apabila anda mengeluh setelah akad selesai jual beli rumah selesai dilakukan adalah hal yang sia-sia.

Demikian informasi mengenai 5 tips membeli rumah subsidi biar hati tenang dan terhindar dari hal-hal yang bisa merugikan anda dimasa depan, serta keuangan pun Aman sebab anda bisa mendapatkan rumah subsidi dengan harga murah. Semoga berguna dan bermanfaat.