5 Cara Membersihkan Rumah Baru Sebelum Ditempati oleh Keluarga

Siapa bilang pindah kerumah baru berarti tidak perlu dibersihkan? Baik rumah baru atau rumah bekas, anda tetap perlu mengetahui cara membersihkan rumah baru sebelum ditempati oleh keluarga anda.

Memiliki rumah baru baik itu membeli rumah baru yang benar-benar baru selesai dibangun atau rumah bekas, tentu yang pertama kali yang harus dilakukan adalah membersihkan rumah. Tidak perduli seberapa bersih pemilik rumah terdahulu apabila anda membeli rumah bekas atau rumah baru yang belum pernah ditempati sebelumnya.

Cara Membersihkan Rumah Baru

Ada banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dengan membersihkan rumah baru. Apa saja manfaatnya? simak sebagai berikut :

1.  Anda dapat mempertegas kepemilikan rumah anda,
2. Ajang berkenalan dengan tetangga sebelum resmi benar-benar pindah dengan keluarga.
3. Merapikan dan mendekorasi ulang rumah sesuai dengan keinginan anda,
4. Melihat secara jelas detail rumah yang telah anda beli dengan kelebihan dan kekurangannya dengan seksama, yang mungkin anda lewatkan sebelumnya.
5. Merencanakan posisi dan pengaturan furniture sebelum memindahkan barang dari rumah lama ke rumah baru.

Setelah mengetahui manfaat membersihkan rumah baru, anda dapat melakukan penjadwalan membersihkan rumah sebelum benar-benar memindahkan barang dan keluarga anda di rumah yang baru.

Apabila jadwal pindahan anda terlalu sibuk dengan berbagai agenda lain, anda bisa datang di pagi hari untuk membersihkan rumah dahulu dan membersihkan secara satu-persatu tergantung dengan kesanggupan jadwal yang anda miliki. Kemudian apabila anda memiliki jadwal full seperti pada hari libur, anda dapat menuntaskan pekerjaan membersihkan rumah baru anda.

Berikut cara membersihkan rumah baru sebelum ditempati oleh keluarga yang bisa anda lakukan sebagai berikut :

Cara Membersihkan Rumah Baru

1. Bersihkan dari area yang sering digunakan

Anda dapat memulai membersihkan dari dua area yang berisiko paling kotor yakni dapur dan kamar mandi. Anda bisa membersihkan sambil mengecek dengan seksama kekurangan yang anda rasakan. kemudian berlanjut ke area lain.

2. Bersihkan area dapur

Apabila penghuni rumah sebelumnya meninggalkan furnitur atau kitchen set sebaiknya Anda bersihkan dahulu sebelum digunakan. Anda bisa mengelap dengan sabun atau cairan pembersih yang biasa anda gunakan di rumah.

Keluarkan semua laci dan rak dari kabinet dapur, kemudian bersihkan sisa-sisa kotoran, lap dengan air pembersih, dan pastikan kering sebelum Anda memasukkannya kembali ke dalam kabinet. Lap hingga ke bagian atas yang sulit terjangkau, pastikan tidak ada kotoran atau debu-debu yang menempel.

Jangan lupa untuk membersihkan bersihkan gagang atau kenop kabinet. Anda dapat mengulangi proses membersihkan untuk semua laci dan lemari di bagian bawah. Kemudian bersihkan dan sterilkan meja, wastafel, dan keran.

Untuk rumah baru yang belum pernah ditempati, anda bisa membersihkan sisa-sisa pengerjaan rumah yang mungkin masih tertinggal dan memberikan pengharum ruangan agar menciptakan suasana rumah lebih nyaman.

3. Di kamar mandi

Bersihkan setiap area di kamar mandi, dari mulai bagian atas seperti kipas ventilasi, hingga perlengkapan lampu. Jangan lupa untuk menyikat bak mandi bak mandi atau shower. Bersihkan pintu kamar mandi, dan buang dan ganti beberapa barang yang sudah terlihat kotor, sebab barang dan peralatan di kamar mandi termasuk penggunaan yang sensitif, jadi sebaiknya mengganti saja barang kecil yang sudah terlihat kotor.

Apabila kamar mandi anda memiliki wastafel, anda bisa membersihkan dengan mengelap atau gosok hingga ke celah terkecil.

Jangan lupa untuk membersihkan dan mendisinfeksi toilet atau anda bisa mengganti bagian dudukan apabila tampak sudah kotor.

Pastikan juga bahwa Anda telah menyikat lantai dan membersihkannya dengan disinfektan, dan anda dapat menambahkann mewangian agar kamar mandi lebih segar dan wangi.

4. Area lain

Setelah dapur dan kamar mandi selesai, Anda bisa pindah membersihkan kamar tidur. Apabila rumah anda memiliki dua lantai, anda bisa memulai dengan lantai bagian atas terlebih dahulu.

Apabila kamar anda memiliki AC, anda bisa melepas dan mengganti filternya. Jangan lupa untuk membersihkan celah dengan menggunakan penyedot debu. Namun bagi anda yang belum paham atau tidak tahu membersihkan AC, anda bisa memanggil jasa pembersih AC di sekitar rumah anda.

Anda juga bisa mencari bekas noda di dinding dan bersihkan. Apabila anda memiliki waktu lowong, anda bisa mengelap semua dinding yang kotor karena akan sulit jika perabotan sudah dipindahkan. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan dan mensterilkan gagang pintu,sakelar lampu, membersihkan jendela, termasuk bingkai, serta teralis.

5. Bersihkan lantai di akhir

Dan terakhir adalah setelah semua ruangan bersih, saatnya untuk membersihkan lantai, yang merupakan langkah terakhir dari membersihan rumah baru Anda. Anda dapat menyapu lantai atau vakum dulu, baru kemudian mengepel.

Apabila anda akan menggunakan karpet, pastikan bahwa lantainya benar-benar bersih.

Berbeda jika anda pindah ke rumah yang baru dibangun, proses membersihkan rumah tentu lebih mudah. Tetapi bukan berarti Anda tak membersihkan seluruh area. Dimana biasanya rumah baru meninggalkan banyak debu bekas konstruksi yang dapat menempel. Anda dapat membersihkan dengan penyedot debu hingga ke seluruh area.

Jangan lupa juga untuk membersihkan area lantai kamar mandi, termasuk toilet, serta permukaan sanitasi.

Sekian informasi mengenai 5 cara membersihkan rumah baru sebelum ditempati oleh keluarga sehingga perpindahan anda beserta keluarga dari rumah lama ke rumah yang baru dapat berlangsung dengan lancar, nyaman, dan sesuai rencana anda.