Tips Memilih Kitchen Set Yang Tepat Untuk Rumah

Memiliki kitchen set yang bagus, rapih dan cantik pasti impian semua orang. Yang mana dapur memang merupakan area yang di gunakan untuk memasak. Jika berantakan dan tidak rapih tentu selera mood memasak akan hilang. Ada tips memilih kitchen set yang tepat untuk rumah Anda. Yang mana bisa di jadikan bahan pertimbangan dalam membuat kitchen set yang bagus.

Kitchen set memiliki banyak fungsi seperti menyimpan peralatan dapur, area memasak, area mencuci piring dan menaruh piring sendok. Furniture pada dapur ini terdiri dari rak-rak lemari baik di atas maupun di bawah dan rak-rak dapur seperti kompor, tempat piring, tempat cucian.

Dengan tersusunnya kitchen set yang rapih tentu peralatan dapur tidak akan berantakan dan membuat mood memasak menjadi senang. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan dalam pembuatan kitchen set terbaik. Untuk ulasan lengkapnya ada dibawah.

Tips memilih kitchen set terbaik

Supaya mendapatkan kitchen set yang terbaik setidaknya ada beberapa hal yang perlu di pahami sebelum membuatnya, penasaran apa saja? Simak beriku init:

Menyesuaikan ukuran kabinet

Hal yang terpenting adalah menyesuaikan ukuran kabinet kitchen set dengan ukuran ruangan Anda. Yang mana mengukur dari lebar, tinggi dan juga panjang. Selain itu hal yang paling penting antara jarak tinggi dengan jarak kitchen jika menggunakan kabinet atas ukur yang mudah di jangkau.

Jangan sampai ketika membuat kabinet rak atas, Anda tidak bisa menjangkau karena terlalu tinggi. Sesuaikan dengan ukuran tinggi badan Anda. Sebelum itu semua tentukan luas dari ruangan yang ingin di buat kitchen set. Dan harap di perhatikan adalah jangan sampai kitchen set yang sudah jadi terlalu sempit sehingga jarak antara kompor dengan rak-rak piring terlalu mepet.

(Baca lainnya8 Jenis Bahan Kitchen Set Terbaik dan Terpopuler )

Sesuaikan dappur yang memiliki fungsionalitas yang rapih, bersih dan juga tertata. Sehingga ketika Anda berada di dapur merasa nyaman dan tiak stres karena aktivitas.

Bentuk dari kabinet dapur

Di mana kitchen set biasanya berbentuk L, I maupun bentuk U. Jika rumah terasa sempit dan model minimalis penggunaan jenis I atau L sangat cocok. Konsep minimalis ini perlu di perhatikan dari bentuk jenis dapur yang ingin dibuat.

Jika ruangan dekat tangga kabinet yang cocok bisa berupa I atau L. dan Jika jauh dari tangga serta memiliki ruang luas bentuk U dan L bisa menjadi pilihan opsi yang bagus. Untuk rak yang di gunakan bisa bawah dan atas sesuaikan dengan berapa jumlah perabotan Anda.

Memilih kitchen set dari bahan

Dalam pemilihan bahan kitchen set juga wajib untuk di perhatikan, gunakan bahan yang wet dan tahan lama. Juahi pengunaan triplek karena tidak akan bertahan waktu lama maupun jenis bahan plastik. Bahan yang bisa di gunakan seperti aluminium, papan polywood,  papan partikel yang mana setiap jenisnya tentu memiliki kelebihannya masing-masing.

Pemilihan bahan tergantung dari budget yang Anda keluarkan. Jika budget merasa lebih bisa menggunakan polywood di campur dengan kayu jati. Namun jika budget berada di range 3 sampai 5 juta dan ingin mendapatkan dapur cantik bisa memilih bahan aluminium sebagai pilihan.

Tentukan jumlah ruang penyimpanan

Di dalam rak-rak dapur tentu harus menentukan ruang-ruang tersebut untuk apa di gunakan nantinya. Seperti besar kecilnya rak mempengaruhi isi di dalamnya. Jika kebanyakan perabotan gelas, gunakanlah rak jenis kecil-kecil. Rak tersebut berupa laci yang bisa di buka tutup dan usahakan ada penguncinya. Sebelum membuat pastikan mengatur terlebih dahulu barang apa saja yang ingin di simpan di dalam laci rak.

Pemilihan warna

Pastikan antara tembok dapur, dan kitchen set yang di gunakan memiliki warga seragam. Misal tembok memiliki warna putih. Anda bisa menggunakan warna yang cerah lainnya seperti cream, abu, cokelat atau yang lain untuk kitchen set. Penggunaan warna seragam ini bermaksud untuk mempercantik bentuk tampilan dapur agar lebih bagus dilihat.

Memilih kitchen set dari motif

Pemilihan motif

Motif juga bisa di buat untuk kitchen set yang ingin digunakan. Beberapa pilihan motif dari terang sampai gelap juga ada. Motif warna yang digunakan dengan HPL tentunya harus masuk atau serasi. Jika Anda suka keramaian dan bentuk yang berdesain motif seperti kembang, atau kupu-kupu bisa di tambahkan pada keramik dapur Anda.

Kitchen set peletakan perabotan - Asriland

Peletakan perabotan

Selain itu usahakan dapur dengan perabotan seperti meja makan dan lain sebagainya perlu di atur agar enak dilihat dan tidak menyempitkan. Di mana mengatur tata letak ini agar batas gerak saat memasak menjadi lebih bebas. Untuk jarak antara meja makan dengan dapur setidaknya 1-2 meter untuk batas minimum.

Sehingga ketika terjadi masak untuk goreng menggunakan minyak seperti menggoreng ayam, ikan, otak-tak dan sejenisnya. Percikan dari minyak tidak mengenai orang yang sedang makan di meja makan. Umumny untuk rumah minimalis antara meja makan dan dapur memiliki ruangan yang sama dan tidak dapat di pisahkan.

Pengerjaan tukang

Sudah pasti jika ingin membangun kitchen set membutuhkan tukang pengerjaannya. Lakukan detail seperti ukuran yang sesuai dan bentuk yang di inginkan. Alangkah baiknya menggunakan prototipe dari bentuk gambar. Gambar sendiri bisa di buat melalui aplikasi-aplikasi yang ada di mobile phone sebagai gambaran bentuk dapur.