6 Poin Yang Perlu ditanyakan Saat Membeli Rumah KPR

Memiliki sebuah rumah tentu menjadi impian bagi setiap keluarga yang masih kontrak, kos, atau masih tinggal bersama keluarga atau mertua. Namun ketika memutuskan membeli rumah jangan lupa hal yang perlu ditanyakan saat membeli rumah KPR.

Mengapa anda perlu bertanya beberapa hal saat membeli rumah KPR ? Hal ini penting agar anda mengetahui seluk beluk mengenai rumah yang akan anda beli dan tidak menimbulkan masalah pada masa depan. Tentu anda ingin memiliki rumah dengan tenang dan aman bukan?

Yang Perlu ditanyakan Saat Membeli Rumah KPR
Yang Perlu ditanyakan Saat Membeli Rumah KPR

Banyak orang yang membeli rumah secara “terburu-buru” tanpa bertanya hal penting tentang rumah yang akan mereka beli. Akibatnya apabila anda sudah menyelesaikan transaksi pembelian rumah baik itu secara tunai maupun cicil atau KPR, maka anda hanya bisa pasrah ketika terdapat hal-hal yang mungkin mengganggu pikiran anda bahkan bisa membahayakan kepemilikan rumah anda.

Lalu apa saja yang perlu ditanyakan saat membeli rumah KPR? Berikut beberapa poin penting yang bisa anda tanyakan ke pihak pengembang atau develover agar hati anda lega dan anda merasa puas mendapatkan informasi jelas mengenai rumah yang akan anda beli. Berikut beberapa contoh pertanyaan untuk anda ajukan sebagai berikut :

Yang Perlu ditanyakan Saat Membeli Rumah KPR

1. Perizinan

Perizinan tentu menyangkut legalitas kepemilikan rumah anda yang sah di mata hukum dan pemerintah. Dimana anda bisa menanyakan bagaimana perizinan mulai dari izin lokasi, izin lingkungan, izin pembangunan.

Anda harus berani meminta lihat sertifikatnya ke developer dan jangan takut sebab hal tersebut merupakan hak anda sebagai calon pembeli. Apabila pihak developer mengelak atau terkesan menyembunyikan, maka ada kemungkinan ada proses perizinan yang belum lengkap.

2. Sertifikat

Sertifikat rumah tentu merupakan dokumen penting menyangkut kepemilikan rumah yang akan anda beli. Maka dari itu anda bisa menanyakan ke developer bagaimana sertifikat akta jual beli (AJB) rumah nantinya.

Dan jangan lupa menanyakan juga mengenai sertifikat hak milik (SHM).

3. Spesifikasi Bangunan

Sebagai calon konsumen yang akan membeli rumah, maka anda wajib menanyakan ke developer spesifikasi bangunan apa yang digunakan untuk membangun rumah anda nantinya apabila anda memutuskan untuk membelinya.

Anda juga bisa menanyakan terkait luas tanah, kondisi lingkungan, fasilitas umum sampai pemakaman.

4. Serah Terima Kunci

Pertanyaan ini tentu penting bagi anda yang ingin mengetahui kapan anda menghuni rumah yang sudah anda beli.

Untuk rumah yang ready stock bisa ditanyakan kapan bisa segera ditempati.

Dan untuk rumah inden yang biasanya harus menunggu beberapa bulan, jadi anda bisa bertanya berapa lama proses pembangunannya. Apabila pembangunan lewat dari target yang dijanjikan kompensasi apa yang didapatkan, serta kapan bisa serah terima kunci. Jangan lupa juga untuk menanyakan proses pemasangan listrik.

5. Cara Pembelian

Cara pembelian rumah harus anda tanyakan ke pihak pengembang, dimana apakah tersedia skema pembayaran KPR, cash, sampai cash bertahap. Kemudian tanyakan bank mana saja yang memfasilitasi kredit di developer tersebut.

Dengan adanya kerja sama bank ini calon konsumen juga memeriksa kredibilitas developer kepada pihak bank dan anda bisa merasa yakin membeli rumah dari pengembang yang memiliki kredibilitas yang baik.

6. Biaya Tambahan

Poin terakhir yang harus anda tanyakan saat membeli rumah KPR adalah apakah ada biaya tambahan? Dimana kadang ada developer yang menuliskan harga standar sebuah rumah tapi tidak mencantumkan biaya-biaya tambahan yang harus dibayar oleh konsumen ke depan.

Jadi sebaiknya anda memastikan terlebih dahulu biaya tambahan apa yang harus dikeluarkan agar bisa disiapkan uang dan ke depannya menjadi lebih nyaman.

Selain biaya tambahan, banyak pengembang atau developer memberikan hadiah atau promo untuk para calon konsumennya. Seperti gratis unit AC, pemasangan kanopi sampai cashback uang tunai yang juga wajib anda tanyakan proses syarat dan ketentuannya.

Sekian informasi mengenai 6 poin penting yang perlu ditanyakan saat membeli rumah KPR. Informasi aman dan lengkap, maka anda pun lebih nyaman dan aman dalam memutuskan membeli rumah untuk keluarga tercinta, dan terhindar dari hal-hal yang merugikan anda kedepannya.