5 Cara Renovasi Rumah yang Hemat Biaya

asriland.com – Mau melakukan renovasi rumah tapi takut over budget? Tenang, anda hanya perlu tahu cara renovasi rumah yang hemat biaya.

Perlu anda ketahui bahwa anggapan renovasi rumah akan menguras dompet anda karena butuh budget yang besar sebenarnya tidak sepenuhnya benar bahkan lebih banyak salahnya. Dimana anda dapat menerapkan strategi dan trik renovasi yang disesuaikan dengan budget yang anda miliki dan renovasi apa yang paling anda butuhkan.

Cara Renovasi Rumah yang Hemat Biaya

Bagi anda yang juga ingin melakukan renovasi rumah besar-besaran pun tapi dana terbatas pun bisa, dimana anda bisa mengajukan pembiayaan untuk renovasi rumah yang sesuai dengan kemampuan anda dan tidak malah memaksakan yang akan menyusahkan anda dimasa depan.

Bagi anda yang ingin melakukan renovasi rumah, baik itu renovasi kecil atau minor, sedang hingga besar atau major, perlu anda ketahui cara renovasi rumah yang hemat biaya. Apa saja itu? simak tipsnya sebagai berikut :

1. Pilih konsep yang minimalis

Cara renovasi rumah yang hemat biaya pertama yang bisa anda lakukan ketika ingin melakukan renovasi rumah adalah mempersiapkan konsep hemat biaya, karena hal ini akan mempengaruhi anggaran anda. Adapun konsep hemat biaya adalah konsep yang minimalis.

2. Cermat memilih toko

Selanjutnya cara renovasi rumah hemat biaya adalah dalam membeli bahan bangunan untuk kebutuhan renovasi dimana anda harus cerdas dalam memilih toko bangunan. Carilah beberapa toko alternatif dengan harga yang terjangkau baik itu offline maupun online.

Kemudian cobalah bandingkan harga diskon dari beberapa toko untuk mendapatkan harga terbaik agar bisa menghemat anggaran.

3. Gunakan barang yang masih layak pakai

Kemudian perlu anda ketahui bahwa renovasi rumah tidak harus memakai barang-barang yang baru, dimana anda dapat mengandalkan bahan-bahan bekas sebagai material reuse, seperti kayu, bongkaran genteng, bekas kusen jendela dan pintu.

Selain itu, anda juga dapat membeli produk-produk bekas yang biasanya dijual dengan harga miring, yang tentunya akan meminimalisir budget anda

4. Lakukan sendiri untuk pekerjaan renovasi sederhana

Dalam renovasi rumah, salah satu yang paling menguras kantong paling besar adalah jasa tukang. Maka dari itu, untuk pekerjaan-pekerjaan yang sederhana, seperti mengebor dan mengecat dinding, sebaiknya anda lakukan sendiri.

Untuk itu pentingnya memeliki beberapa perkakas inti seperti palu, kuas cat, bor, dan lainnya untuk renovasi kecil-kecilan dirumah anda sehingga ketika anda ingin melakukan renovasi, anda bisa melakukannya sendiri.

5. Do it yourself (DIY) hiasan rumah atau interior

Dan cara terakhir cara renovasi rumah hemat biaya adalah dimana untuk urusan interior, anda dapat mengerjakannya sendiri atau do it yourself (DIY) dengan mencari beberapa referensi atau contoh di website, youtube dan lainnya. Sebelum mengerjakannya, anda perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan seperti lem tembak, amplas, dan kuas roller agar pada saat pengerjaan yang akan membantu pekerjaan renovasi interior rumah anda berjalan lancar sesuai rencana anda.

Sekian informasi mengenai cara renovasi rumah yang hemat biaya yang bisa anda terapkan dirumah anda. Jadi walaupun budget anda terbatas, bukan berarti anda tidak bisa melakukan renovasi rumah anda. Anda cuman butuh strategi dan kemauan untuk melakukannya. Sedikit demi sedikit akan menjadi bukit bukan? dan tanpa anda sadari, rumah anda akan tampak seperti keinginan anda.