Jenis Pipa Air dan Kegunaannya

Pipa memiliki fungsi sebagai bahan bangunan yang utama di gunakan dalam mengalirkan air serta gas. Di mana pipa dibagi menjadi 2 yakni pipa gas dan pipa air. Pembahasan kali ini akan mengulas mengenai jenis pila air serta kegunaannya. Yang mana fungsi ini di gunakan untuk pembangunan rumah baru maupun renovasi rumah dari material penting selain pasir, besi dan semen.

Untuk jenis pipa air ini memiliki banyak jenis merek yang bisa di jumpai dan beragam ukuran. Di mana sangat penting dalam instalasi air, baik itu air kotor seperti pembuangan dan juga air bersih. Untuk air bersig bisa di gunakan untuk pengairan kamar mandri, wastafel dan keran tanaman. Serta untuk instalasi air kotor biasanya di gunakan untuk pembuangan kamar mandi dan juga air hujan.

Bagi Anda yang belum mengetahui jenis pipa air secara lengkap beserta fungsinya akan kita ulas dibawah ini.

Jenis pipa air dan fungsinya

Pipa air AW

Pipa air AW

Pipa air yang terbuat daru PVC dan memiliki permukaan yang tebal serta mampu menahan tekanan dari air. Di mana berguna untuk mengalirkan air dari mesin pompa sampai dengan distribusi air ke keran maupun shower. Yang mana jenis pipa ini sangat baik dan mampu menahan tekanan air sampai dengan 10 kg/cm.

Jika ingin menggunakan untuk distibusi air bersih pipa ini sangat cocok untuk digunakan. Sebab memiliki desain yang bersih serta kualitas terbaik. Dan juga dari jenis pipa ini memiliki ketebalan yang berbeda tergantung dari beban air yang dibawanya. Semakin deras aliran air yang di salurkan, maka pipa akan semakin tebal.

Pipa air PVC

Pipa air PVC adalag salah satu produk yang mana berguna mengalirkan ait yang menjadi salah satu pilihan dalam pembuatan bangunan baik pengairan air bersih dan kotor. Pada pipa jenis PVC aliran air akan sangat mudah mengalir dan juga sangat aman untuk digunakan. Dan juga dalam proses instalasi sangat mudah dan bisa di dapatkan di toko material terdekat.

Pipa air CPVC

Pipa CPVC

Di mana pipa air CPVC merupakan salah satu pengembangan dari pipa PVC yang di klorinasi pada PVC. Klorinasi merupakan penambahan klorin pada air. Sehingga pipa ini menjadi lebih tebal dan mampu tahan di kondisi cuaca panas dan kondisi panas. Pipa jenis ini juga di kenal dengan nama lain pipa schedule. Dan kelebihan dari pipa CPVC adalah mampu menahan panasnya air hingga 180 derajat.

Inilah mengapa banyak gedung-gedung perkantoran menggunakan pipa jenis ini karena mampu menghantarkan air panas dan dingin dengan jumlah yang banyak. Selain itu banyak pemandian air hangat yang ada di tempat pariwisata juga menggunakan jenis pipa CPVC.

Bila Anda ingin membeli jenis pipa ini tentunya membeli di tempat khusus material besar dan juga pemesanan biasanya inden tidak langsung ada.

Pipa PVC-O

Yang mana pengembangan dari produk bisa sebelumnya yakni u-pVC dimana di produkses menggunakan metode biaxially. Pipa ini termasuk yang berjenis ringan serta tidak terlalu tebal. Namun memiliki kekuatan dalam menahan air kondisi yang banyak.

Materiak dari PVC-O ini sendiri mampu mendapatkan performa yang bagus, dan bobot yang ringan jika di bandingkan dengan jenis pipa PVC biasa. Untuk jenis pipa ini juga bisa di jumpai di toko material toko bangunan besar.

Pipa air HDPE

Pipa HDPE

Salah satu pipa air yang banyak di gunakan untuk instalasi air pada area pinggi jalanan, tanam dan gorong-gorong. Di mana terbuat dari bahan termoplastik sehingga dapat di gulung dan di ikat. Karena fungsinya sangat fleksibel inilah banyak di gunakan untuk pembangunan insftastruktur perkotaan.

Untuk kelebihan dari pipa air HDPE adalah lentur dan tidak mudah karat, selain itu juga tidak mudah rusak serta usia panjang ketika digunakan. Yang mana pipa jenis ini tidak mudah bocor dan mampu bertahan sampai 50 tahun. Inilah kena banyak di Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bogor dalam pembangunanya menggunakan jenis pipa ini.

Pipa air Tembaga

Memiliki keunggulan yang berbeda dari jenis lainnya, sangat cocok untuk pengunaan air panas pada rumah, apartemen dan area perkantoran. Keunggulan anti karat inilah yang membuat pipa jenis ini banyak di pakai dan tidak mudah bocor atau retak. Di sebabkan jenis tembaga pada pipa ini sangat kuat dan mampu menahan air panas.

Hal yang perlu di ketahui dari jenis pipa ini adalah harga yang terbilang cukup mahal sebab terbuat dari tembaa. Pipa jenis ini bisa untuk air panas dan dingin dan digunakan untuk instalasi sistem HVAC.

Pipa SDR41

Pipa air dengan tipe SDR41 banyak digunakan untuk pembuangan limbah dan kotoran dari manusia. Pipa ini khususnya memang di rancang untuk kebutuhan tersebut. Jenis pipa air SDR41 ini bersifat tidak larut dalam air, tidak korosi dan memiliki kekuatan yang luar biasa dalam menahan limbah serta kotoran sehingga tidak terjadi penumpukan di dalam pipa.

Untuk jenis pipa ini di jumpai dalam bentu orange dan untuk mendapatkannya biasanya hanya bersifat inden. Pipa jenis ini utnuk bangunan besar seperti area aprtemen, hotel, perkantoran. Dan sangat jarang di gunakan untuk area perumahan, kecuali di perumahan luar negeri.