Tips Memilih Closet Duduk Yang Tepat

Dalam memilih dekorasi rumah khususnya untuk tempat pembuangan air besar perlu tips memilih closet duduk yang tepat. Di mana pengunaan closet duduk saat ini banyak di gunakan hampir disemua rumah. Selain itu pengunaan closet jongkok mulai di tinggalkan dan di lupakan serta beralih ke duduk. Mengapa banyak orang yang menggunakan closet duduk untuk sehari-hari? Salah satunya adalah praktis.

Hal praktis menjadi alasan kenapa penggunaan closet duduk menjadi pilihan terutama orang tua yang lanjut usia. Di sebabkan jika duduk kaki kita tidak akan mudah lelah saat menggunakan closet. Jika menggunakan closet jongkok hal yang pasti adalah kaki yang keram serta kesemutan. Selain itu nilai estetik dari closet duduk memberikan nilai lebih pada desain kamar mandi.

Banyak produk closet duduk yang dapat di jumpai di toko material besar bangunan. Untuk harga di jual mulai dari 1,5 juta sudah mendapatkan bahan yang berkualitas. Sebelum membeli closet duduk harap di cari terlebih dahulu mengenai produk merek apa yang ingin dibeli serta ukuran lebar dari closet duduk.

Bahkan saat ini closet duduk memiliki beragam tipe dan jenis yang berbeda mulai dari elektronik sound closet atau pengunaan lewat suara, closet duduk tanpa washer dan closet dengan washer. Pilihlah dengan kebutuhan Anda dan yang pasti memudahkan dalam membersihkan ketika habis buang air besar.

Untuk mendapatkan closet duduk terbaik alangkah baiknya simak tips memilih closet yang tepat di ulasan bawah ini.

Tips memilih closet duduk yang tepat

Cari closet duduk sesuai ukuran - Asriland

Cari closet duduk sesuai ukuran

Yang mana closet duduk memiliki bergam ukuran yang berbed-beda. Di mana ukuran ini mulai dari size kecil, sedang dan besar. Tidak hanya itu banyak desain closet yang menarik seperti bentuk dan ornamen yang di gunakan. Jika ingin membeli closet duduk pastikan mengukur antara tembok dengan closet tidak sempit. Jika salah ukur dan membeli closet tidak sesuai, akan menyebabkan bongkar pasang pada closet duduk Anda.

(Baca lainnyaJenis Pipa Air dan Kegunaannya )

Umumnya untuk ukuran closet terbagi 2 jenis yakni ukuran duduk memanjang dan bulat. Jika ruang kamar mandi luas bisa menggunakan yang bulat, namun sebaliknya jika sempit pada area kamar mandi gunakan versi yang memanjang.

Ketersediaan fitur

Pastikan sebelum membeli closet tanyakan terlebih dahulu kepada sales penjualnya. Di mana fitur yang diberikan apa saja dan apakah itu memudahkan untuk Anda atau tidak. Sebab terdiri dari 3 jenis saat ini untuk closet yang pertama siram otomatis menggunakan mesin, yang kedua menggunakan waser, dan ketiga menggunakan fitur air yang ada di closetnya langsung.

Jika Anda menginingkan alat siram seperti washer tangan pastikan memilih jenis closet ini dan jangan sampai salah. Selain itu juga perlu di perhatikan fitur penyiraman closet apakah kecil, sedang dan besar. Hal ini perlu di perhatikan dalam membeli sehingga sehabis membuang air closet menjadi lebih bersih.

Jika ingin fitur yang bagus dan berkualitas belilah standar terbaik meskipun harg aterbilang mid range hingga high range. Biasanya kualitas closed yang fiturnya bagus di atas 2,5 juta. Dan juga apakah penutup dari penampung air manual atau berlahan. Jika perlahan akan lebih baik sehingga closet tutupan di tdak mudah rusak.

Jenis closet duduk

Jika ingin membeli perhatikan closet duduk yang memiliki satu paket dengan tangki air. Ada juga closet duduk yang tanpa tangki, biasanya jenis ini yang tidak sepaket dan umumnya kebanyakan copotan. Jika ingin yang berkualitas bagus belilah yang sau paket dan beli di toko material terdekat. Selain itu perhatikan juga bobot daya dari closet untuk menampung berat badan.

Sistem penyiraman

Perhatikan juga dari sistem penyiraman closet apakah dengan sistem satu jalur pembuangan air atau doube pembuangan. Yang mana ini sangat penting untuk sistem pembersihan pada closet nantinya. Lebih baik gunakan dengan sistem 2 penyiraman, yang mana jenis ini sangat bagus untuk jenis pembuangan skala kecil terutama anak-anak.

Selain itu bagi Anda yang ingin lebih hemat air tentunya jenis dual flush atau 2 penyiraman lebih baik. Sehingga pengontrolan pengeluaran air sistem pada closet lebih terjaga. Apalagi jika tidak menggunakan torren air hal ini tentu akan memakan biaya listrik yang besar dari penggunaan air.

Sistem pembuangan dari closet

Hal penting lainnya adalah dengan melihat langsung sistem dari pembuangan closet. Di Indonesia terdapat 2 jenis sistem pembuangan di antaranya:

  • Sistem siphonic : di mana sistem pembuangan ini mampu menarik dari jenis kotoran dan di dorong dengan tekanan air yang kuat untuk membuangnya ke pembuangan pipa menuju spitank.
  • Sistem wash down : yang mana dalam sistem ini mendorong kototan dengan adanya menyiram air. Jika air tidak di siram maka kotoran di lubang closet tidak akan terbuang.

Dari ke dua jenis baik dari siphonic maupun wash down sesuaikan dengan jenis yang nyaman bagi Anda.

Itulah beberapa tips memilih closet duduk yang bagus di gunakan untuk rumah Anda.