Cara Hemat Membangun Rumah Baru Idaman

Lakukan cara hemat membangun rumah baru idaman seperti ini, agar ketika kamu membangun rumah tidak mengeluarkan biaya banyak. Biasanya di sebagian orang masih bingung berapa budget yang harus di butuhkan untuk membangun rumah baru? Puluhan juta, ratusan juta atau milyaran. Perlunya edukasi mengenai persiapan apa saja yang harus di lakukan agar rumah yang jadi sesuai dengan desain kita.

Sebelum memutuskan membuat rumah baru perlu adanya banyak pertimbangan agar tidak melebihi budget yang kamu keluarkan. Membangun rumah dari awal sampai jadi tentunya lebih rumit dari membeli rumah baru melalui developer. Ketika membeli rumah baru dari developer tentu kita tidak memikirkan jenis bahan apa saja yang ingin di gunakan. Berbeda dengan rumah baru Anda harus mempelajari bahan-bahan apa saja yang ingin di gunakan.

Tapi sisi yang berbeda membangun rumah dari 0 atau membangun rumah baru lebih irit dari pada membeli melalui pihak developer seperti kpr. Hal ini bisa menghemat biaya sampai dengan 100% dari total harga biaya cash rumah baru developer. Demi mewujudkan rumah idaman yang hemat biaya tentunya perlu waktu yang tidak sedikit dalam merancang rumah yang kamu tempati nantinya.

Asriland akan memberikan sebuah tips bagaimana cara hemat membangu rumah baru tanpa harus takut budget membengkak. Untuk informasi selengkapnya simak ulasan di bawah ini.

 hemat membangun rumah baru

Cara hemat membangun rumah baru

Menentukan tipe ukuran rumah dan tanah

Dalam membangun rumah baru menentukan ukuran tipe rumah sangat penting dan juga merancangkan bahan bangunan apa saja yang ingin digunakan. Mulailah dengan perancangan ukuran tanah dan juga ukuran bangunan. Selain itu bentuk seperti apa yang di inginkan. Mau desain Asia, Eropa atau Amerika? Atau bahkan desainmu sendiri.

Pastikan awali dengan menghitung jumlah luas tanah dan juga jumlah luas bangunan. Pastikan ukuran bangunan dari tanah dan bangunan sesuai dengan budget yang di keluarkan. Jangan sampai salah menghitung luas tanah bangunan baru akan melebihi budget yang di keluarkan.

Carilah tanah yang memiliki lokasi yang strategis, di mana idealnya jika kamu mendapatkan tanah di Jakarta dan lokasi bisa akses kendaraan. Harga ideal yang masuk sesuai budget pasaran setidaknya di angka 3-5 juta untuk per meternya.

Jika ingin mendapatkan yang lebih murah serta luas, bisa mengambil di pinggiran Jakarta seperti Tangerang, Bogor, Bekasi. Di mana harga tersebut pasarannya masih banyak di bawah 1 juta per meter dan Anda bisa mendapatkan tanah bangunan yang luas.

(Baca LainnyaHindari Pengembang Rumah Bodong, Begini Ciri-Cirinya )

Jika ingin pas untuk rumah setidaknya 4 orang hunian kedepannya. Rumah dengan tipe 40 dan luas tanah dengan ukuran 55 sudah termasuk yang bagus. Dan juga Anda memiliki pekarangan luas seperti halaman baik di depan maupun di belakang untuk area penghijauan. Di mana untuk tanah dengan luas 55 meter setidaknya jika dengan budget 1 juta kamu harus mengeluarkan 55 juta rupiah cash. Makin mahal harga tanah dan lokasi strategis, maka akan mahal juga tanah yang harus di keluarkan.

Dengan budget 200 juta setidaknya keluar uang sebesar 55 juta bisa menghemat biaya untuk pembangunan rumah baru nantinya. Setelah itu tentukan jenis rumah seperti apa, rumah satu lantai atau dua lantai, dan bahkan jika untuk binis rumah toko bisa juga untuk dibuat. Untuk yang berhemat bisa menggunakan rumah satu lantai dengan budget 50-70 juta. Untuk di lantai dua dan juga ruko setiaknya siapkan budget 100 juta ke atas.

Menentukan material harga

Material menjadi hal yang penting dalam membangun rumah baru. Di mana setiap material yang di gunakan berkualitas baik, tentunya harga semakin mahal. Namun jangan khawatir Anda bisa mengatur tersebut dengan budget yang pas sesuai dengan pengeluaran Anda.

Hal pertama yang di lakukan adalah jangan langsung beli bahan material. Lakukan survey terlebih dahulu antara toko material satu dengan material lainnya. Bandingkan untuk harga bahan baku utama bangunan seperti semen, pasir, kayu, besi, keramik, car, genteng, batu bata dan pipa. Hal ini sangat penting untuk mendapatkan harga terbaik.

Jika sudah menemukan perbandingan catatlah dan lakukan pesan sesuai harga yang termurah dahulu. Jika harga berbanding setidaknya 10 ribu lebih baik gunakan yang lebih dekat material rumah Anda. Namun jika seperti kuantitas banyak batu bata misalnya yang selisih hingga 2ribu persatuan, lebih baik cari yang lebih jauh namun murah.

Semakin Anda menghemat biaya bahan bangunan tentunya bisa mendapatkan interior rumah yang bagus nantinya. Sebab harga untuk interior rumah seperti lampu, kamar mandi peralatan, dapur dan lain sebagainya akan memakan biaya yang mahal sama halnya seperti membangun rumah baru.

(Baca lainnyaHindari Pengembang Rumah Bodong, Begini Ciri-Cirinya )

Gunakan jasa bangunan borongan

Jika ingin menggunakan bahan borongan carilah tukang saja dan jangan beserta unit bahan-bahan. Saat ini banyak sistem borongan yang menggunakan sistem pengerjaan tukang saja. Yang mana dapat lebih menghemat dan proses waktu akan lebih cepat.

Tidak hanya itu kamu juga bisa mengawasi tukang tersebut setiap hari agar sesuai dengan apa yang di kerjakan berdasarkan desain. Carilah tukang yang berpengalaman dan setidaknya memiliki portfolio pengerjaan yang rapih.