3 Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah Kecil

asriland.com – Rumah sebagai tempat mengukir cerita dengan keluarga serta tempat berteduh dan berkumpul dengan orang tersayang membuat peran rumah sangat penting. Tidak perduli anda memiliki rumah besar atau kecil.

Tentu hal yang wajar apabila banyak orang menginginkan rumah yang besar dengan lahan yang luas. Tetapi bagi anda yang memiliki rumah kecil jangan berkecil hati dahulu sebab anda bisa menerapkan tips menciptakan kesan luas untuk rumah kecil sehingga rumah pun terasa lebih lowong dan lebih luas untuk anda dan keluarga.

Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah Kecil

Menciptakan kesan luas di rumah kecil dapat anda ciptakan tanpa menguras kantong anda untuk merenovasi besar-besaran atau membeli lahan baru untuk memperluas rumah anda, atau bahkan anda juga tidak perlu menambah tingkatan rumah anda yang tentu akan membutuhkan budget yang besar.

Untuk tips menciptakan kesan luas untuk rumah kecil dapat anda lakukan dengan mudah bahkan dapat anda lakukan sendiri.

Penasaran tipsnya? simak penjelasannya sebagai berikut :

3 Tips Menciptakan Kesan Luas untuk Rumah Kecil

1. Warna Cat

Tips pertama menciptakan kesan luas untuk rumah kecil pertama adalah menerapkan warna putih yang merupakan warna dinding yang umum digunakan di setiap rumah. Namun bukan berarti warna putih, tak bisa memberi kesan ruangan yang tampak lapang. Anda bisa menyiasati dengan menghadirkan nuansa monokrom.

Selain putih, anda juga menciptakan kesan ruangan luas, dengan memilih warna pastel, perpaduan abu dan putih untuk ruangan bergaya modern dipadukan dengan aksesoris warna cerah.

Anda juga bisa juga memilih warna turquoise dengan teknik pewarnaan berbeda pada satu atau dua dinding, untuk menciptakan ilusi ruangan yang luas. Namun yang pasti, sebisa mungkin hindari cat dinding dengan warna gelap.

2. Furnitur

Tips selanjutnya adalah bagi anda yang memiliki rumah kecil, tentu anda harus cermat dan mengatur “strategi” dalam pengaturan furnitur di rumah anda sehingga tetap tampak rapi, tidak menumpuk serta tetap menghadirkan kesan luas.

Tispnya adalah bagi anda yang memiliki rumah dengan ukuran kecil seperti tipe 36 atau 45, cobalah untuk memilih furnitur yang multiguna atau dapat dibongkar pasang.

Furnitur bongkar pasang bisa dibeli di toko besar yang menjual barang-barang multifungsi, atau anda juga dapat memesan furnitur kostum ke tukang kayu lokal yang bisa anda request sesuai keinginan dan kebutuhan rumah kecil anda. Sehingga akan tampak pas ketika anda tambahkan dalam rumah anda.

3. Mengosongkan Ruang

Mungkin hal ini banyak anda temukan di berbagai rumah pada umumnya, dimana masih banyak pemilik rumah yang menyimpan firnitur , dekorasi, dus eletronik, perangkat eletronik rusak, dan lainnya yang sudah tidak terpakai dan tidak bisa digunakan.

Tentu hal tersebut selain tidak sedap untuk dipandang, hal tersebut juga akan membuat kesan “menumpuk” di rumah anda sehingga terkesan lebih sempit.

Bagi anda yang memiliki rumah kecil yang ingin terkesan lapang dan luas, tentu anda harus cerdas dalam memilih dan membuang hal-hal yang dapat membuat menyita ruang di rumah anda secara sia-sia dan tidak memiliki fungsi.

Bahkan anda harus memilih hal-hal yang  bisa anda tambahkan kerumah anda dengan menyita ruang yang pas serta multifungsi.  Sebut saja seperti rak TV, dimana anda bisa memilih furniture yang bisa menjadi tempat TV, sekaligus tempat barang pada lacinya, dan juga ada tempat untuk dekorasi ruangan. Dengan begitu, anda bisa mendapatkan banyak manfaat hanya dari 1 macam furnitur.

4. Ukuran Ubin

Tips terakhir menciptakan kesan luas untuk rumah kecil adalah dengan memilih ubin atau keramik berukuran besar, minimal 40cm x 40cm. Anda dapat memilih warna terang untuk menghindari kesan sempit pada rumah anda.

Dengan pemilihan ubin yang tepat untuk setiap ruangan di rumah, akan menciptakan dimensi ruang yang lebih besar dan tentunya akan membuat rumah terkesan lebih luas.

Sekian informasi mengenai tips menciptakan kesan luas untuk rumah kecil yang bisa anda terapkan untuk rumah dengan ruang terbatas. Dengan pengaturan yang tepat, maka rumah kecil anda tetap nyaman dan luas bagi seluruh penghuni rumah dalam melakukan aktivitasnya masing-masing.