Cara Membuat Denah Rumah Impian Untuk Pemula

Ada cara membuat denah rumah impian yang mana bisa di lakukan untuk pemula sekalipun. Tentunya memiliki rumah impian dengan desain kita buat sendiri menjadi cita-cita pemilik. Anda bisa merancang rumah tersebut dari nol dengan kebutuhan dan selera yang ingin di bangun. Tentunya dengan desain yang dibuat, nantinya hasil akhir tidak akan melenceng dari apa yang Anda harapkan.

Dalam membuat denah rumah impian hal yang harus Anda lakukan adalah dengan menggambar dan menunjukan lokasi bagian-bagian dari ruangan bangunan. Dengan denah tentu akan menggambarkan seperti apa rumah yang ingin di bangun. Tak perlu keahlian khusus seperti menyewa arsitek yang mengeluarkan biaya mahal, dengan cukup pola menggambar dan bayangan saja Anda bisa membangun rumah impian.

Ada cara membuat denah rumah yang bisa Anda lakukan di rumah. Untuk langkah-langkah persiapan yang harus di bangun ikuti caranya dibawah ini.

Cara membuat denah rumah untuk pemula

Mengumpulkan ide referensi desain

Cara pertama yang bisa di lakukan dalam mendesain denah rumah adalah dengan mengumpulkan desain-desain rumah. Arsitektur desain rumah sendiri bisa di dapatkan melalui buku bacaan seperti majalah properti, website properti dan gambar di pencarian Google.

Tidak hanya itu ide membangun rumah bisa di dapatkan dari kunjungan properti pamerah di event-event tertentu. Dengan mengunjungi properti pameran event Anda akan mendapatkan miniatur gambaran dari desain masing-masing stand properti. Dan juga akan mendapatkan brosur rancagan, dari situlah bisa tercipta untuk menirunya.

Untuk membangun rumah yang baik jangan mengambil dari satu referensi saja. Bisa di gabungkan dari banyak pilihan dan di simpulkan menjadi hasil yang baik. Yang mana dengan referensi ini tidak perlu pusing-pusing memikirkan desain seperti apa. Anda bisa meniru dan mengubah bentuknya sedikit namun tidak copy-paste 100% dari desain orang lain.

Melakukan riset kebutuhan ruangan

Penempatan ruangan sangat penting dalam rancangan denah rumah. Hal ini perlu pengukuran yang baik berapa luas dari masing-masing letak ruangan. Jangan sampai ketika Anda mengukur malah menjadi sempit. Pastikan untuk jenis ruang kamar, ruang tamu dan dapur memiliki luas yang standar. Dan jangan sampai terlalu sempit. Jika tanah yang And beli termasuk standar minimalis bisa meliahat ukuran dari contoh developer properti untuk mengetahui ukurannya.

Merias susunan dari ruangan juga sangat diperlukan seperti apakah kamar mandi dengan kamar tidur saling berdekatan. Atau antara jarak dari kamar tidur utama dengan rumah tamu bersebelahan? Hal ini perlu untuk di perhatikan mengenai tata letak lokasi yang baik. Dan juga jangan lupa menghitung dari kebutuhan ruangan seperti jendela dan pintu.

Mengukur lahan tanah untuk ruangan

Mengukur lahan tanah untuk ruangan

Sebelum membuat denah pastikan mengukur terlebih dahulu pasti dari lahan yang di beli. Di mana ukurlah untuk lebar x panjang serta tinggi dari rumah yang ingin dibangun. Tidak hanya itu setiap ruangan yang di butuhkan harus sesuai standar agar tidak menyempitkan ruangan lainnya.

Dengan adanya ukuran lahan bangunan ruangan akan membuat Anda bisa mengukur dari furniture yang nantinya untuk di gunakan pada tiap ruangan. Jangan sampai menghabiskan ruangan desain karena kesalahan hitung dan membuat ruangan tertentu menjadi sempit.

Seperti ketika mengukut ruang kamar tidur berapakah ukuran jika kita taruh letak lemari, rak, meja rias. Hitunglah masing-masing ukuran dan jumlahkan agar muat jika di taruh dengan kasur tidur atau springbed.

Membuat sketsa denah rumah baru

Membuat sketsa denah rumah

Tahap selanjutnya dalam cara membuat denah rumah yang di impikan adalah membuat gambaran dari sketsa. Ada 2 cara yang bisa di lakukan dengan membuat skesta rumah.

  • Pertama mendesain denah rumah menggunakan software desain rumah untuk pc atau laptop.
  • Dan untuk kedua menggunakan kertas gambar khusus untuk membangun rumah.

Jika ingin praktis bisa menggunakan sketsa desain rumah seperti software penggunannya. Semacam contohnya AutoCAD, SketchUp dan lain sebagainya. Namun Anda perlu membeli lisensi tersebut jika ingin menggunakan software desain bangun rumah.

Bagi yang tidak ingin keluar modal khususnya membeli software berbasis komputer. Bisa menggunakan kertas desain gambar yang lebih irit dengan budget yang di keluarkan. Dengan sketsa ini setidaknya, meskipun Anda hanya bisa mendesain sedikit tapi jika rancangan tersebut jelas dan tukang bangunan yang di gunakan ahli. Dari gambar tersebut akan mudah di pahami.

Memberi penamaan bangunan

Di dalam detail sketsa gambar bangunan perlu memberikan kode-kode seperti nama dari ruangan. Di mana contoh kode bisa berupa KM (kamar mandi), KT (kamar tidur), RT (ruang tamu). Yang mana kode inilah yang akan di mudahkan oleh tukang bangunan memahami maksud dari desain gambar yang di buat.

Pemberian detail nama perabotan

Jika ingin lebih detail lagi bisa di gambarkan pengunaan nama-nama dari perabotan interior dari rumah. Hal inilah yang akan memudahkan dalam penataan nantinya. Selain itu tukang akan tahu juga furniture apa saja yang akan di taruh pada setiap ruangan. Sepertinya ruang televisi, kamar mandi. Dan dengan dari denah tersebut akan dibuatkan saluran pembuangan untuk kamar mandi, dan jalur kabel untuk televisi.