Cara Menghitung Biaya Membangun Ruko 1 Lantai

Ingin membangun ruko 1 lantai untuk kegiatan usaha? Namun Anda harus mengetahui cara menghitung biaya membangun ruko 1 lantai agar tidak rugi. Cara ini terbukti ampuh dalam memperhitungkan budget pembangunan ruko baru. Dengan memiliki ruko yang di bagun, bisa di gunakan untuk Anda usaha maupun di sewakan untuk kegiatan jenis usala orang lain.

Terlebih jika bangunan ruko berada di lokasi yang strategis tentunya akan membuatmu menjadi lebih mendapatkan keuntungan yang banyak. Di Indonesia ruko memiliki biaya penyewaan yang terbilang cukup tinggi. Apalagi di kawasan perkotaan yang ramai dan pinggir jalan. Untuk 1 sewa ruko bisa di hargai mencapai 20 sampai dengan 50 juta bea siswa per tahun.

Ruko tidak hanya untuk toko berjualan saja, melainkan bisa di gunakan untuk tempat tinggal. Yang mana fasilitas yang di berikan juga harus lengkap mulai dari pembuangan sampah, listrik tenaga 2200 ke atas dan aliran air baik pam maupun sumur bor. Hal ini yang wajib ada untuk segala jenis ruko yang ingin di sewakan.

(Baca lainnyaCara Tepat Memilih Arsitek untuk Rumah Idaman )

Yang mana ruko 1 lantai ini juga terbilang cukup banyak di cari untuk usaha jenis kegiatan yang tidak terlalu banyak. Berbeda dengan ruko 2 lantai yang membutuhkan biaya pembangunan yang terbilang cukup lumayan. Untuk membuat ruko unit baru harus di perhatikan beberapa hal yang harus dipersiapkan dalam pembuatannya.

Untuk selengkapnya mengenai apa saja yang dipersiapkan dan rincian biaya yang harus dikeluarkan akan Asriland bahas di bawah ini.

menghitung biaya membangun ruko 1 lantai - Asriland

Cara menghitung biaya membangun ruko 1 lantai

Syarat membangun ruko

Untuk beberapa syarat yang harus di persiapkan dalam membangun ruko sebagai berikut:

  • Carilah lokasi ruko yang strategis khususnya di area pinggir jalan.
  • Sediakan fasilitas lengkap kamar mandi, pembuangan sampah dan listrik.
  • Sediakan fasilitas keamanan jika ruko yang Anda bangun lebih dari 10, sebaiknya gunakan satpam untuk keamanan wilayah tersebut.
  • Dan syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah mengenai pengurusan pendirian ruko yang sah sesuai peraturan daerah yang berlaku.

Biaya membangun ruko 1 lantai

Untuk rincian biaya yang harus di keluarkan dalam membangun ruko 1 lantai akan kita ulas mengenai anggaran yang harus di persiapkan. Selain itu Anda bisa menghitung estimasi rincian yang pas agar budget yang di keluarkan tidak melebihi dari anggaran pembangunan.

Asriland sudah melakukan berbagai perhitungan dari rincian umum kisaran harga yang di keluarkan dari beberapa ruko yang di bangun.

Di mana kebanyakan rata-rata untuk ruko 1 lantai memiliki lebar seluas 6 meter dan panjang bangunan seluas 12 meter. Dan untuk setiap pembangunan permeternya di kenakan biaya sebesar 1,8 juta.

Untuk perhitungan yang di dapatkan dari luas ruko sebagai berikut.

Luas bangunan ruko: 6 x 12 = 72 m

Untuk membangun ruko 1 lantai dengan rincian: 72 m x Rp 1,8 juta = Rp 129,6 juta.

Di mana biaya ini merupakan total yang di keluarkan jika Anda membangun ruko dengan 1 lantai. Biaya yang di keluarkan adalah 129,6 juta untuk pembangunan sampai dengan jadi bangunan.

(Baca lainnyaTips Cara Menghitung Biaya Listrik di Rumah yang Benar )

Kelebihan dan kekurangan ruko

Selain dari rincian biaya dalam menghitung estimasi pengeluaran bangunan ruko, hal yang perlu di perhatikan adalah kelebihan dan kekurangannya. Hal ini harus di ketahui agar Anda memahami resiko dari pembanguna ruko.

Kelebihan ruko

Ruko memiliki beragam kelebihan yang bisa Anda rasakan, di mana di antaranya adalah:

  • Nilai dari properti ruko yang meningkat.
  • Anda bisa menaikan harga penyewaan ruko setiap tahunnya.
  • Bisa digunakan untuk bisnis jualan dan untuk tempat tinggal.
  • Mudah untuk mendapatkan penyewa jika Anda menyewakannya namun perhatikan juga dengan lokasi yang dibangun.

Pastikan sebelum membangun ruko wilayah harus bebas dari banjir dan lokasi dekat dengan jalanan. Dua hal tersebut jika Anda memilikinya nilai jual properti baik di jual kembali atau di sewakan akan terus meningkat setiap tahunnya.

Ruko sendiri tidak hanya untuk berjualan biasa saja, melainkan juga bisa di jadikan kawasan perkantoran. Hal ini bisa menjadi nilai lebih terhadap biaya harga sewa kedepannya yang Anda dapatkan.

Kekurangan dari ruko

  • Biaya perawatan ruko yan terbilang mahal jika terjadi kerusakan dan Anda harus memperbaikinya untuk mendapatkan penyewa baru nantinya.
  • Jika ruko banyak Anda harus menyediakan setidaknya 1 sekuriti keamanan untuk wilayah penjagaan.
  • Jika lokasi kurang strategis harga sewa ruko tidak bisa mahal atau di naikkan.

Jangan sampai Anda membangun ruko baru dan tidak melihat kondisi dari wilayah tempat tinggal tersebut, membuat Anda malah merugi. Banyak kejadian seperti ini ruko ruko yang kosong karena jarang orang yang lewat dan melirik di area tersebut. Jika ingin aman pastikan dekat dengan jalur utama pemukiman dan wilayah area penduduk.

Itulah beberapa cara untuk menghitung biaya membangun ruko 1 lantai serta keuntungan dan kekurangan dari membangun ruko. Perlu Anda cermati dan pastikan tidak merugikan Anda kedepannya, carilah jalur investasi yang aman di properti sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.