Apa Itu Basement : Pengertian dan Manfaatnya

Saat ini penggunaan basement marak digunakan untuk beberapa properti seperti rumah tipe cluster. Di mana basement  merupakan salah satu alternatif yang digunakan sebagai pemanfaatan lahan bangunan yang memiliki tanah terbatas. Namun tahukah apa itu basement ? artikel ini akan mengulas mengenai basement mulai dari pengertian dan manfaatnya seperti apa.

Apalagi untuk di area perkotaan seperti Jakarta yang mana lahan-lahan semakin sempit dan tentunya mahal untuk pembeliannya. Hal ini mengapa basement bisa di manfaatkan untuk mengisi sisa ruang menjadi bermanfaat. Gedung perkantoran saat ini hampir semua memanfaatkan basement sebagai lahan parkir guna memanfaatkan lahan yang sempit.

Dari sinilah juga di terapkan pada rumah-rumah untuk menggunakan basement. Terlebih jika rumah yang memiliki kendaraan lebih dari 1 misalnya terdapat 2-3 mobil. Dengan adanya basement akan lebih mengirit area lahan parkir, sehingga tidak perlu membeli lahan dari kiri atau kanan rumah.

Apa itu basement ?

Basement merupakan ruang bawah tanah yang berfungsi sebagai tempat untuk menaruh barang dengan dibuat ruangan khusus atau di jadikan parkiran kendaraan.

Di mana basement ini letaknya berada tepat di bawah bangunan atau lantai rumah / gedung. Dan di bangun dengan model gaya vertikal ke atas, biasanya untuk rumah 1 lantai kebawah dan untuk jenis gedung atau perkantoran lebih dari beberapa lanttai kebawah.

(Baca lainnyaCara Menghitung Biaya Membangun Ruko 1 Lantai )

Yang mana basement ini di bangun jika lahan kiri dan kanan sudah padat dan tidak bisa di beli lagi. Selain itu juga melakukan pengoptimalan lahan yang sempit dan juga semakin mahal harganya khususnya kota besar. Dengan basement bisa menghemat biaya hingga 80% dari pada membeli lahan baru lagi.

Fungsi dari basement

Fungsi dari basement

Basement sendiri memiliki beberapa fungsi yang bisa di manfaatkan baik untuk gedung maupun rumah pribadi. Namun perlu di ingat, gunakan basement ketika Anda tidak ingin ribet dan tentunya menghemat biaya dari pembelian lahan tanah.

Tempat parkiran

Khususnya di gedung basement sangat penting sebagai ruang pakir baik kendaraan roda 2 dan juga roda 4. Di mana tempat parkir ini menjadi solusi yang bagus dalam penempatan di lahan yang terbatas. Sebab khususnya untuk kota Jakarta sangat sulit mencari lahan parkiran di area terbuka. Dan rata-rata banyak memanfaatkan penggunaan basement sebagai pilihan jalur akhirnya.

Dengan menggunakan basement lebih menghemat biaya yang di keluarkan, dari pada harus membeli lahan yang memakan biaya sangat mahal. Selain itu basement untuk lahan parkiran menghindari dari pungutan liar yang terjadi jika parkir di pinggir jalan. Dan juga membuat pakiran menjadi lebih teratur dan tertata rapih.

Selain itu tidak hanya kendaraan roda 4 saja yang terlindungi dari segala cuaca baik hujan dan panas. Tapi kendaraan roda 2 juga mendapatkan fasilitas yang sama dan memperawet dari kendaraan terutama pada bagian bodi motor.

Gudang

Manfaat lainnya dari basement bisa di jadikan area penyimpanan barang tidak terpakai atau gudang. Yang mana biasanya digunakan untuk barang ukuran yang besar-besar dan suatu saat bisa untuk di pindahkan dengan bantuan kendaraan. Umumnya basement jenis gudang memiliki pintu sliding dan di dukung dengan are vertikal untuk keluar masuk kendaraan pengangkut barang tidak terpakai atau terpakai.

Di luar negeri sering di jumpai area kantor menggunakan basement, sebab dengan cara inilah biaya yang di dapatkan murah dan tentunya lebih praktis nantinya ketika pindah barang ke kantor pada umumnya.

(Baca lainnya: Kelebihan dan Kekurangan Rumah Subsidi Yang Perlu Anda Ketahui )

Ruang pekerjaan

Selain itu basement bisa di jadikan ruang khusus terutama tempat bekerja yang santai dan nyaman. Anda juga sesekali perlu bekerja tanpa adanya suara yang bising dari area luar. Lokasi yang berada dibawah tanah tentu akan menjadi lebih cepat dalam menyelesaikan pekerjaan.

Dari awalnya tempat yang sunyi dan bisa berfokus lebih matang di basement, tentu akan menghasilkan ide-ide yang baru untuk bisnis. Hal inilah di gunakan sebagian orang memanfaatkan basement sebagai ruang pekerjaan yang nyaman.

Hal yang harus di perhatikan membuat basement

Untuk beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat basement adalah dari jenis tanah, gestur tanah dan juga ketinggian daratan dengan air. Dan untuk ketinggian daratan, jangan sampai ketika curah hujan yang deras akan mengakibatkan banjir di area basement tempat tinggal Anda.

Jenis gestur tanah

Hal ini juga harus dilihat apakah struktur dari tanah bangunan cocok di gunakan untuk pembuatan basement atau tidak. Carilah tanah yang bukan area bekas sawah atau rawa. Hal ini sangat tidak bagus untuk bangunan Anda, sebab di khawatirkan akan terjadi penurunan dari struktur bangunan.

Sebaiknya gunakan jenis basement untuk area bekas perkebunan atau tanah kering.

Tinggi permukaan darat dengan air

Terutama di area cuaca curah hujan tinggi, hal ini perlu di perhatikan bagi Anda yang ingin membuat basement. Jagan sampai ketika membuat basement malah Anda sendiri yang terkena rugi akibat kebanjiran. Untuk memastikan apakah layak atau tidak, bisa di cek dari beberapa hal:

  • Lokasi jarak permukaan laut dengan rumah Anda.
  • Apakah pernah banjir atau tidak di area tersebut.
  • Saluran pembuangan air di sekitar sudah lancar dan sesuai dengan pembuangannya?

Hal itulah kenapa ketinggan permukaan darat dengan air harus di perhatikan dengan secara jelas, sehingga tidak terjadi masalah di kemudian hari.