5 Trik Berburu Harga Beli Rumah Murah

Siapa sih yang tidak menginginkan mendapatkan harga rumah yang murah. Maka anda perlu mengetahui trik berburu harga beli rumah murah.

Harga murah disini berarti harga yang berada dibawah pasaran yang sebenarnya, dimana ada beberapa faktor yang menjadi penyebab harga jual rumah tersebut berada dibawah harga pasaran pada umumnya. Sebab apabila harga murah dilihat dari jenis harga rumah, tentu terdapat banyak variasi harga yang bisa anda sesuaikan dengan budget anda.

Berburu Harga Beli Rumah Murah

Bagi anda yang sedang mencari rumah dan ingin berburu harga beli rumah yang murah, maka berikut beberapa trik yang bisa anda perhatikan sebagai berikut.

Berburu Harga Beli Rumah Murah

1. Beli di Kawasan Pinggir Kota

Sudah menjadi rahasia umum bahwa lokasi ditengah kota yang bagus dan strategis akan membuat harga rumah akan naik drastis sehingga banyak orang yang tidak mampu untuk membeli rumah di tengah kota yang strategis dengan budget yang pas-pasan.

Solusinya adalah adalah membeli rumah yang lokasinya berada di kawasan pinggiran kota. Meski memang letaknya agak jauh, namun dijamin harganya pasti akan lebih murah.

Tapi jangan terpaku sama kawasan pinggir kotanya saja, sebab bisa jadi ada perkembangan kota di masa depan mencakup wilayah pinggir kota tempat anda membeli rumah.

Jadi membeli rumah di pinggir kota bisa menjadi solusi tepat bagi anda dengan budget yang minim, rumah yang murah serta potensi investasi yang baik untuk masa depan.

2. Cari Rumah Tua yang Layak

Trik kedua berburu harga beli rumah murah adalah mencari rumah tua yang masih layak. Sebab anda pun tidak membutuhkan banyak renovasi.

Trik ini banyak digunakan oleh para pengembang perumahan untuk mencari untung dimana meski rumahnya sudah tua, namun jika berada di lokasi yang sangat strategis, maka tetap bisa diperhitungkan untuk segera dibeli segera sebab keuntungan membeli rumah tersebut karena harganya akan naik berlipat ganda dalam kurun waktu beberapa bulan.

3. Cari yang Dilelang/Over Kredit

Bagi anda yang tidak ingin tinggal di pinggir kota, atau tidak repot dengan rehab dan renovasi rumah tua yang berharga murah, maka anda bisa mencari rumah yang dilelang atau over kredit.

Rumah lelang harganya akan lebih murah daripada Anda membeli rumah second yang biasa, begitu pula dengan rumah over kredit. Hal tersebut karena ketika pihak bank melelang rumah, tentu pihak bank membutuhkan uang masuk karena pemilik yang sebelumnya sudah tidak mampu membayar cicilan.

Selanjutnya, ketika ada rumah yang over kredit pun tentunya disebabkan sang pemilik tak mampu membayar lagi, sehingga pemiliki tak ingin rugi dengan kehilangan uang dan rumahnya begitu saja dan menjualnya harga murah secepatnya.

Namun sebagai catatan adalah jangan tergiur dengan harga murahnya saja, karena kelengkapan berkas menjadi hal utama yang wajib menjadi fokus anda.

4. Ikut Program Rumah Subsidi dari Pemerintah

Trik berikutnya untuk beli rumah murah yaitu berburu hunian subsidi dari pemerintah. Dimana pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah biasanya menawarkan program rumah subsidi bagi warga masyarakatnya.

Keberadaan program ini tentu akan sangat membantu, terutama bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah serta masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Bagi anda yang berminat, anda harus selalu update mencari informasi mengenai rumah subsidi di daerah Anda karena stoknya pasti sangat terbatas.

5. Menunggu Program Promosi Rumah Murah dari Bank

Trik terakhir adalah menunggu promosi dari bank. Perlu anda ketahui bahwa bank juga biasanya menawarkan promosi beli rumah murah dalam berbagai bentuk pada waktu dan even tertentu. Seperti potongan DP rumah, potongan bunga KPR, hingga kemudahan lainnya.

Promo ini bisa anda manfaatkan sebaik mungkin agar Anda bisa memperoleh rumah lebih murah daripada harga biasanya.

Biasanya, berbagai program promosi ini akan didapatkan di momen tertentu seperti hari kemerdekaan Republik Indonesia atau hari ulang tahun bank tersebut, atau hari-hari khusus lainnya.

Sekian informasi mengenai trik berburu harga beli rumah murah. Anda bisa mendapatkan rumah dengan harga murah dengan menerapkan beberapa tips diatas. Sehingga anda bis mendapatkan rumah impian anda dengan harga yang tidak menguras rekening anda.