Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank BRI

Bagi yang ingin mendapatkan dana cepat dengan sistem gadai, ada cara gadai sertifikat rumah di bank BRI yang bisa diajukan. Yang mana pinjaman uang sertifikat tanah ini masuk ke dalam program KUR atau kredit usaha mikro. Tentunya cara seperti ini tidak sulit dan mudah untuk dilakukan.

Bank BRI sendiri telah banyak menyediakan berbagai pinjaman yang bisa di manfaatkan oleh masyarakat. Yang mana untuk pembelian kendaraan, kpr rumah dan modal usaha. Tentu jika ingin mendaptkan modal usaha khususnya dibutuhkan modal yang besar, jika kamu memiliki sertifikat tanah boleh untuk digadaikan.

Peminjaman yang melalui bank BRI tentunya dalam jumlah besar. Misal jika kamu ingin meminjam uang dalam jumlah 50 juta namun bingung kemana ingin meminjam. Langsung saja datang ke BRI dan lakukan pengajuan penggadaian sertifikat rumah dan tanah. Untuk syaratnya hal yang harus dilakukan adalah dengan memenuhi kriteria syarat yang telah ditentukan.

Dan perlu digaris bawahi, tidak semua setifikat bisa untuk digadaikan. Dan harus jenis tertentu saja yang bisa dijadikan jaminan kredit. Selain itu nama kamu juga harus bebas dari survei dan BI checking, sehingga aman untuk pengajuan.

Cara gadai sertifikat rumah

Cara gadai sertifikat rumah di bank BRI

Syarat pinjaman yang harus dipenuhi

Adapun beberapa syarat pinjaman yang wajib untuk dipenuhi, di mana bank akan melakukan permintaan sertifikasi aset berupa tanah maupun rumah. Karena jaminan ini sendiri merupakan pinjaman dengan skala yang besar misal di atas 50 juta rupiah.

Dan hal penting didalam jaminan sertifikasi yang diberikan kepada pihak bank harus bebas dari sengketa. Selain itu untuk syarat terutama berkas apa saja yang harus di persiapkan simak ulasan dibawah ini:

  • Identitas fotokopi berupa e-KTP
  • Fotokopi kartu keluarga atau KK.
  • Fotokopi nomor pokok wajib pajak atau NPWP.
  • Buku tabungan asli dari bank BRI (lakukan pembukaan terlebih dahulu buku tabungan).
  • Fotokopi surat menikah (jika sudah menikah).
  • Melampirkan dokumen asli sertifikat hak milik (shm) dan sertifikat hak guna bangunan (shgb).
  • Mengisi form permohonan daro pinjaman BRI.
  • Sebelumnya belum pernah terjadi masalah dalam kredit.
  • Umur bisnis minimal berjalan usia 1 tahun bagi pengusaha atau wirausaha.
  • Melampirkan surat izin usaha untuk pengusana atau wirausaha.

Proses cara peminjamannya

Jika tertarik dan ingin melakukan pengajuan pinjaman di bank BRI melalui gadai sertifikat tanah dan bangunan. Kamu hanya perlu mendatangi kantor cabang terdekat. Di mana wajib datang dengan dokumen yang terdapat di atas yang sebelumnya dibahas. Jangan sampai tertinggal satupun dokumen, jika tertinggal proses tentunya tidak bisa di lanjutkan.

Untuk tahapan dalam proses pinjaman bisa melakukan dengan cara di bawah ini:

Melengkapi syarat dokumen

Hal yang harus pertama kali di lakukan adalah dengan menunjukan krp, kk, npwp dan dokumen asli lainnya. Setelah itu barulah di cetak fotokopi dari bagian-bagian dokumen tersebut untuk lampiran bank BRI.

Datang ke cabang BRI

Lakukan kunjungan dengan datang ke kantor cabang bank BRI, di mana untuk mengajukan pinjaman lakukan pengambilan antrian kepada petugas bank BRI. Lalu tunggu antrian sampai dipanggil oleh customer service BRI. Dan berikan langkah pertama yakni syarat dokumen di serahkan ke customer service.

(Baca lainnya: Ketahui Biaya dan Cara Membuat Sertifikat Rumah Terbaru 2022)

Isi formulir pengajuan

Lakukan isi formulir pengajuan sesuai identitas e-KTP pengaju, yang mana lakukan sesuai dengan jenis pinjaman. Biasanya petugas customer service akan memandu kamu untuk cara pengisian.

Pinjaman diproses

Setelah itu jika pihak BRI memproses pengajuan pinjaman, lakukan proses verifikasi data diri dokumen. Dan pihak bank tentu melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap dokumen yang ada.

Di mana di sini akan di libatkan BI checking untuk proses verifikasi dokumen. Jika sudah bank akan mengunjungi langsung lokasi dari tanah atau rumah yang di gadaikan. Jika memenuhi syarat dari survey bank, bank akan mempertimbangkan dokumen kamu.

Menunggu keputusan Bank

Setelah itu bank akan menguji kelayakan kamu untuk memenuhi persyaratan, di mana dengan menyetujui kredit yang diajukan. Menunggu keputusan dari pihak BRI selama beberapa hari sebagai upaya meninjau sertifikasi gadai kamu berhasil.

Pinjaman disetujui

Setelah itu pinjaman akan disetujui dan melakukan kontrak perjanjian kredit pinjaman yang dilakukan dengan kedua belah pihak bank BRI dan peminjam.

Pencairan

Untuk berhasilnya proses pencairan ke rekening peminjam lakukan transfer sesuai dengan nominal yang disetujui. Di mana untuk sertifikat hak milik (shm) dan sertifikat hak guna bangunan (shgb) akan di tahan terlebih dahulu guna menjamin oleh pihak bank untuk agunan.

Untuk shm dan shgb akan di simpan di berangkas yang aman dan terjamin keasliannya tidak di duplikasi. Apalagi dijual langsung oleh ke pihak lain setelah proses akad peminjaman.

(Baca lainnyaBiaya Pembuatan Sertifikat Tanah di Kantor Pertanahan )

Pembayaran dan pelunasan

Jika kamu ingin mendapatkan sertifikasi kembali lakukan pembayaran tagihan setiap bulannya mencapai tenggat waktu yang telah ditentukan. Jika sudah lunas, Anda tinggal datang ke bank lalu mintalah surat pelunasan serta mengambil surat gadai dari tanah dan bangunan yang sebelumnya ditahan oleh bank BRI.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara gadai sertifikat rumah bank BRI atau seputar pertanyaan bisa hubungi call center di 14017 atau juga bisa kunjungi kembali kantor cabang terdekat.