Tips Memilih dan Membeli Rumah Subsidi yang Berkualitas Agar Nanti Tidak Menyesal

Memilih rumah subsidi menjadi pilihan populer bagi banyak masyarakat dengan kemampuan terbatas agar bisa memiliki rumah impian dengan segera. Akan tetapi, anda perlu tahu tips memilih dan membeli rumah subsidi yang berkualitas agar nanti anda tidak menyesal di kemudian hari.

Apa itu rumah subsidi? Rumah subsidi adalah rumah tapak yang memiliki harga jual sangat terjangkau karena mendapatkan bantuan pembiayaan dari pemerintah.Proses pemberian subsidi langsung diturunkan pemerintah melalui Kementerian PUPR yang bekerja sama dengan developer properti serta pihak bank. Apabila anda melakukan pembiayaan dengan cara KPR, maka anda akan dikenakan bunga flat sepanjang masa tenor.

Tips Memilih dan Membeli Rumah Subsidi

Adapun rumah subsidi ini dikhususkan untuk kalangan menengah ke bawah atau masyarakat berpenghasilan rendah atau MBR yang belum pernah memiliki rumah.

Namun banyak orang yang “terjebak” dan tergiur harga murah rumah subsidi sehingga membuat keputusan penting dengan kalap dan tanpa pertimbangan cermat yang mana akibatnya malah menyusahkan di masa depan.

Memang sebagaimana yang kita ketahui bersama, rumah subsidi tentunya tidak bisa dibandingkan dengan rumah komersil baik itu dari kualitas, lokasi, sarana dan prasarana, dan lainnya. Tetapi bukan berarti anda tidak bisa memilih rumah subsidi terbaik dari yang terbaik sehingga anda pun mendapatkan kualitas rumah subsidi yang tidak jauh dari kualitas rumah komersil dengan harga yang jauh lebih murah.

Untuk itu, kali ini kami memberikan tips memilih dan membeli rumah subsidi yang berkualitas yang bisa anda simak sebagai berikut :

1. Lihat Rumah Contoh

Tips pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membeli membeli rumah subsidi adalah melihat rumah contoh yang tersedia. Dimana anda bisa langsung mengecek dan mengamati langsung kondisi fisik dan material rumah yang digunakan.

2. Kualitas Fisik Bangunan

Selanjutnya adalah seperti yang telah kami sebutkan diatas, anda perlu memperhatikan kualitas fisik bangunan rumah. Walaupun kualitas bahan bangunan bukan yang terbaik karena harga rumah subsidi yang murah tapi bukan berarti anda tidak bisa memilih kualitas bangunan yang tidak akan membuat anda mengeluarkan dana tambahan untuk merenovasinya ke depan bukan?

3. Pertimbangkan Lokasi Rumah Subsidi

Seperti yang beberapa kami jelaskan di berbagai artikel tentang rumah subsidi, salah satu kelemahan rumah subsidi adalah lokasi rumah yang pada umumnya berada di pinggiran kota dan tidak strategis.

Namun dengan mempertimbangkan secara matang, setidaknya anda bisa mendapatkan lokasi rumah subsidi yang lebih baik, baik itu dari segi lokasi, akses, fasilitas dari dapada tidak melakukan pertimbangan dan pengecekan lokasi bukan ?

4. Cari Tahu Rekam Jejak Developer

Perlu anda ketahui bahwa jejak pengembang perumahan juga bisa mempengaruhi pembelian rumah subsidi anda apa untung atau buntung. Dimana belakangan marak terjadi penipuan rumah bodong, seperti perumahan yang tidak kunjung selesai, hingga perumahan yang bodong dan uang nasabah malah dibawa raib.

5. Perhatikan Metode Pembayaran

Dan terakhir adalah tanyakan metode pembayaran dari perumahan subsidi tersebut. Apa pembayaran tunai, cicilan KPR, cicilan syariah, atau ada metode pembayaran lainnya. Sehingga anda pun nanti bisa memiliki gambaran yang jelas mengenai cara anda membeli rumah subsidi tersebut dengan mudah dan tanpa memberatkan anda kedepannya.

Sekian informasi mengenai tips memilih dan membeli rumah subsidi yang berkualitas agar anda tidak menyesal dikemudian hari. Dengan pertimbangan yang cermat tentu akan menghasilkan keputusan yang cerdas, sehingga anda pun bisa mendapatkan rumah impian sesuai keinginan anda.