Mengenal Jenis Kusen dan Kelebihannya

Di mana keberadaan kusen memang sangat penting sebagai peletakan daun pintu dan juga jendela. Dengan adanya kusen ini mampu membuat kuat pada tembok dalam mempererat agar kondisi dari jendela dan pintu tidak bergeser ke kanan maupun ke kiri. Dengan peletakan yang pas tentunya akan menambah keindahan dari interior atau eksterior rumah.

Selain itu pintu kusen memberikan tesktur yang lebih indah pada serta-serat kayunya jika menggunakan jenis kusen kayu. Di mana kusen memiliki ketahan yang baik terutama memiliki daya tahan terhadap panas dan juga air.

Dalam pembuatan kusen tentu memiliki beberapa rangka ukuran diantaranya:

  • 5/10 cm
  • 5/12 cm
  • 5/14 cm
  • 6/10 cm
  • 6/12 cm
  • 6/14 cm
  • 6/15 cm
  • Dan 7/12 cm

Selain itu jenis kusen memiliki beberapa bagian penting yakni:

  • Tiang.
  • Ambang yang mana terdapat pada bagian batas dan bawah.
  • Sponneng yang mana tempat untuk merekatkan daun pintu maupun daun jendela.
  • Telinga pada bagian ambang yang ditanam ke tembok untuk menahan gerakan.
  • Alir kapur yang berfungsi untuk menahan gerakan kusen ke muka dan kebelangan agar tidak ada celah.
  • Angkur yang mana berfungsi untuk memperkuat dalam pelekatan ke bagian tmbok, dan bisa menahan gerakan ke samping.
  • Dukkhusus untuk kusen pintu yang bisa menahan tiang dari segala arah dan mampu melindungi dari tiang kayu dari air.

Mengenal jenis kusen

Ada beberapa pilihan jenis kusen yang cocok digunakan untuk rumah Anda. Di mana bisa disesuaikan dengan berbagai jenis sesuai dengan budget dan selera, untuk pilihannya diantaranya:

kusen kayu - Asriland

Kusen kayu

Jika ingin memiliki desain yang bagus untuk pintu, gunakanlah jenis kusen kayu. Di mana memberikan kesan yang elegan dan menawan. Kusen jenis ini banyak dijumpai di perumahan baru bertipe cluster.

Penggunaan kayu kusen ini sebaiknya menggunakan kayu jati agar lebih kuat dan kokoh. Namun perawatan dari kusen kayu terbilang cukup mahal. Hal yang harus di waspadai adalah dari gangguan hama seperti rayap yang kerap mengancam.

Sebelum membuat ini perlu adanya beberapa tahap pelapisan pengecatannya seperti antirayap dan juga coatin sehingga kayu lebih awet tahan lama dari lapuk. Selain itu Anda juga wajib melakukan penyemprotan anti rayap setidaknya 1 tahun 2 x agar semakin awet dan terhindari dari rayap. Untuk pembersihan cukup dengan kain kering maupun kain setengah basah.

Kusen almunium - Asriland

Kusen almunium

Penggunaan kusen jenis almunium ini mulai banyak digunakan untuk menghemat biaya. Di mana biasanya digunakan untuk jenis rumah bertipe kpr. Jika dibandingkan dengan jenis kusen kayu penggunaan kusen almunium jauh menghemat biaya.

Selain itu kelebihan dari kusen jenis ini adalah tahan keropos dan lebih awet terhadap musim panas dan dingin. Di mana pada sisi bagian pinggir kusen almunium memiliki lapisan berupa karet untuk menahan masuknya air.

Selain itu kelebihan dari jenis kusen almunium adalah anti rayap dan juga memiliki bobot yang ringan namun kuat.

Kekurangan dari jenis kusen ini adalah ketika terkena benturan maupun gesekan dengan benda yang lebih berat. Bisa berakibat penyoknya pada kusen jenis ini, dan juga jika tidak sering-sering membersihkan banyak lumut yang menempel pada bagian pingir-pingir kusen almunium.

Baca lainnya: Jenis Bahan Mentah Untuk Bangunan Yang Banyak Digunakan

Kusen fiberglass

Kusen fiberglass

Di mana kusen jenis ini merupakan yang paling murah dari sekian jenis kusen yang ada. Banyak menggunakan jenis ini biasanya untuk penggunaan kamar mandi maupun terras atas rumah.

Untuk jenis ini mudah untuk pecah atau penyok jika terkenda benda yang lebih berat. Pembersihan sendiri wajib dilakukan setidaknya sebulan sekali dengan cara di sikat dengan detergen sampai bersih. Jika tidak bisa timbul sarang jamur di bagian-bagian permukaan kusen.

Biasanya untuk jenis ini akan mendapatkan sepasang dengan pintu maupun jendela. Untuk pembelian banyak ditemukan di toko material terdekat.

Kusen uPVC - Asriland

Kusen uPVC atau unpasticized polyvinyl chloride

Di mana jenis kusen ini termasuk dari jenis berbahan plastik, sangat bagus digunakan untuk area seperti kamar mandi maupun teras atas ruang jemuran. Mampu kuat terhadap suhu panas dan juga hujan air.

Kusen ini jenis yang tahan terhadap bocor dan juga dapat disesuaikan dengan bentuk pintu maupun jendela. Perawatan yang mudah jenis ini juga tentu hanya menggunakan kain basah setiap minggunya.

Sama seperti jenis fiberglass yang mudah terkena lumut maupun jamur jika tidak sering dibersihkan. Untuk harga juga termasuk murah dan tidak berbeda jauh dari jenis fiberglass.

Buat yang ingin beli jenis kusen ini bisa dibeli di toko material terdekat rumah Anda. Dan jenis kusen uPVC ini lebih baik jika dibandingkan dengan model kayu maupun almunium sebab model rangka yang kuat untuk menahan jendela maupun pintu.

Baca lainnya: Mengenal Bahan, Kegunaan Dan Jenis Akrilik

Kusen beton - Asriland

Kusen beton

Di mana memiliki banyak keunggulan dari segi tidak mudah keropos dan tahan dengan air. Mampu menahan dari segala jenis cuaca baik panas dan hujan.

Untuk pembuatannya digunakan dengan sistem cetak kawat sambung dan proses pemasanganya terbilang lebih sulit jika dibandingkan lainnya. Untuk jenis ini biasnaya digunakan untuk pembuatan gedung dan sangat jarang untuk pemasangan jenis perumahan.