Cara Merawat Lantai Rumah Sesuai Material Lantai

asriland.com – Meskipun letak lantai yang berada dibawah dan selalu diinjak, tetapi perlu anda ketahui bahwa lantai merupakan elemen penting yang bisa mempengaruhi keindahan dalam rumah anda. Untuk itu anda perlu mengetahui cara merawat lantai rumah sesuai dengan material lantai yang anda gunakan.

Terdapat banyak pilihan material yang bisa diaplikasikan untuk menyempurnakan desain interior rumah Anda seperti granit, marmer, keramik, kayu parket, hingga acian. Anda bisa menyesuaikan material lantai yang anda gunakan tema desain, warna tema, jenis ruangan, perabot yang dipadukan, selera, serta budget anda yang tersedia.

Cara Merawat Lantai Rumah

Tentunya setiap material lantai memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing tetapi dengan rutin merawat lantai rumah, lantai rumah anda tetap akan memancarkan daya tariknya serta tetapi kelihatan bersih sehingga keindahan didalam rumah anda pun tetap terjaga.

Bagi anda yang ingin mengetahui cara merawat lantai rumah sesuai dengan material rumah, maka berikut beberapa tips yang bisa anda lakukan sendiri dirumah disesuaikan dengan material lantai yang anda gunakan :

Cara Merawat Lantai Rumah Sesuai Material Lantai

Merawat Lantai Granit

Yang pertama adalah lantai dengan material granit. Lantai granit disukai banyak penikmat desain interior karena penampilannya yang keren, mewah, elegan, memberikan suasana sejuk, dan mudah sekali dipadu-padankan dengan beragam furniture yang berada di atasnya.

Untuk menjaga keindahannya, Anda harus selalu merawat lantai granit. Cara merawatnya pun tidak sulit, berikut caranya :

Bersihkan setiap hari

Untuk mencegah warna kusam dan terlihat kotor, lantai granit harus dibersihkan setiap hari. Anda bisa mengepel lantai setiap hari. Walaupun air bersih saja sudah cukup,tapi akan lebih baik lagi jika anda menggunakan campuran pembersih lantai granit.

Gunakan alat pel aman

Pilih alat pel yang tidak menggores lantai granit Anda. Lantai granit berbeda dengan lantai keramik yang bisa bebas menggunakan alat pel. Hindari juga alat-alat yang dapat menimbulkan abrasi pada lantai granit.

Pembersihan untuk kilap lantai

Untuk mengilapkan kembali lantai granit yang terlihat kusam, Anda bisa gunakan air sumur. Hindari air kran yang mengandung mineral dan klorin. Lakukan secara berkala, seperti seminggu sekali.

Pilih bahan pembersih aman

Untuk membersihkan noda pada lantai granit, pilihlah bahan pembersih yang aman. Anda bisa memanfaatkan bahan yang ada di dapur, yaitu:

  • Sabun cair pencuci piring. Rendam kain pel di campuran air hangat dan sabun pencuci piring. Pel lantai granit yang kotor, lalu bilas dengan air bersih.
  • Baking soda. Buat pasta kental dari baking soda degan campuran air. Bersihkan noda, biarkan semalaman, lalu bersihkan dengan kain basah.
  • Poles granit secara berkala
  • Lakukan pemolesan lantai granit secara berkala untuk menjaga kilau dan keindahannya. Anda bisa memanfaatkan jasa poles granit profesional untuk hasil yang optimal.

Merawat Lantai Marmer

Material lantai yang kedua juga paling banyak digunakan adalah marmer. Lantai marmer banyak menjadi pilihan untuk dijadikan material penutup lantai di desain interior rumah-rumah karena menghadirkan kemewahan dengan corak dan warna yang unik. Tapi marmer juga punya karakteristik cepat kotor dan pudar,oleh karena itu perlu dilakukan perawatan agar tetap terjaga keindahannya.

Berikut ini tips cara merawat lantai marmer yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah sebagai berikut :

Gunakan baking soda

Campurkan 1 sendok makan baking soda dan air, lalu aduk rata hingga berwujud seperti pasta. Gunakan sebagai pembersih untuk lantai marmer. Ambil lap berbahan halus, lalu usapkan ke permukaan lantai marmer yang kotor.

Gunakan ammonia

Sifat basa pada ammonia bisa ampuh membersihkan lantai marmer. Sebelumnya, pastikan ammonia ini aman untuk lantai marmer Anda. Teteskan sedikit ammonia ke lantai, jika tidak ada reaksi, berarti aman. Campurkan 1 gelas air dengan 1 sendok teh ammonia, aduk merata. Gunakan cairan ini untuk mengepel lantai marmer Anda.

Gunakan hidrogen peroksida

Ini untuk membersihkan kotoran yang punya sifat asam. Selain itu juga ampuh untuk meghilangkan goresan pada lantai marmer. Caranya sangat mudah, cukup basahi kain dengan hydrogen peroksida, lalu usapkan pada marmer.

Manfaatkan detergen cair

Selain dapat dipakai untuk mencuci baju, detergen cair bisa dipakai membersihkan marmer. Tapi pastikan detergen cair tersebut tidak mengandung pemutih dan asam. Cara penggunaannya, campurkan 1 gelas air dengan detergen cair secukupnya, lalu aduk hingga rata. Gosok kain perlahan di lantai marmer, biarkan kering sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan dengan lap kering.

Pembersih khusus marmer

Gunakan cairan pembersih khusus untuk marmer yang ampuh membersihkan kotoran dan noda di permukaan lantai marmer. Rendam kain yang akan dipakai mengepel menggunakan air setengah baskom, yang dicampur dengan cairan pembersih marmer. Pel lantai marmer dengan kain tersebut.

Merawat Lantai Keramik

Lantai keramik banyak dipilih untuk digunakan sebagai material penutup lantai. Selain harganya terjangkau, material berbahan dasar tanah liat ini juga tersedia dalam berbagai pilihan warna, model, dan ukuran, sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan dengan kebutuhan.

Lantai keramik juga disukai karena tampilannya yang bersih dan mengeluarkan kilap. Agar lantai keramik tetap bersih dan terjaga indahnya, Anda harus merawatnya.Berikut tips perawatan lantai keramik yang mudah anda lakukan sendiri di rumah:

Bersihkan dari debu

Jangan biarkan debu dan butiran halus berada di atas lantai keramik. Sapu segera. Debu yang menumpuk dapat menyebabkan lantai keramik menjadi kusam. Cukup sapu dan pel, lantai keramik akan terjaga kebersihannya.

Gunakan cairan pembersih secukupnya

Cairan pembersih dapat mengangkat kotoran di lantai keramik dengan efektif. Untuk hasil lebih optimal, gunakan kain pel dengan daya serap tinggi, seperti serat microfiber. Jangan menggunakan cairan pembersih terlalu banyak, karena justru akan menjadikan lantai keramik kusam.

Hindari pembersih lantai yang mengandung asam

Kandungan asam klorida dan asam sulfat pada pemberih lantai tertentu memang ampuh mengangkat noda membandel, tapi bisa menimbulkan korosi atau karat pada lantai keramik. Pilih yang tidak mengandung asam akan lebih baik.

Pel kembali dengan air bersih

Ini ada trik agar lantai keramik terhindar dari sisa cairan pembersih yang menempel. Setelah selesai mengepel lantai keramik dengan cairan pembersih lantai, pel kembali dengan air bersih tanpa campuran apa pun.

Bersihkan nat dengan spons

Nat atau bagian sambungan antar lantai keramik harus dibersihkan karena biasanya berubah warna kehitaman akibat kotoran yang menumpuk. Ada ramuan khusus yang efektif membersihkan nat, yaitu: ambil 7 cangkir air hangat, ½ cangkir soda kue, 1/3 cangkir amonia, dan ¼ cangkir cuka putih. Campur di ember, lalu masukkan botol untuk disemprotkan di nat. Pastikan cairan tidak mengenai bagian lantai keramik. Biarkan 3-5 menit, lalu gosok dengan spons. Bersihkan dengan lap basah.

Merawat Lantai Kayu Parket

Lantai kayu parket cukup populer digunakan karena alasan lantai material ini menghadirkan kesan hangat, estetika, dan alami dalam ruangan rumah, pemilik rumah modern saat ini banyak yang memilih menggunakan lantai kayu parket. Sifatnya yang natural mampu berbaur dengan gaya desain minimalis, klasik, dan juga kontemporer.

Lantai kayu parket biasanya digunakan di area tangga, ruang keluarga, kamar tidur, hingga dapur. Agar keindahannya tetap terjaga, lantai kayu parket juga memerlukan perawatan ekstra. Berikut ini tips merawat lantai kayu parket yang bisa anda lakukan :

Rutin menyapu

Sapu lantai kayu parket secara rutin. Sebaiknya gunakan sapu berbulu lembut. Anda bisa juga menggunakan vacuum cleaner, lalu dibersihkan dengan lap kering.

Semir berkala

Untuk lantai kayu parket yang terbuat dari material kayu solid atau kayu keras, Anda perlu melakukan waxing atau menyemirnya secara berkala. Gunakan cairan pnegilap kayu, seperti Pledge. Lakukan sebulan sekali.

Suntik anti-rayap

Rayap menjadi momok untuk material berbahan kayu. Biasanya kayu yang lembap yang menjadi santapan rayap. Agar lantai kayu parket Anda aman terhindar dari rayap, sebaiknya lakukan suntik anti-rayap dengan bahan kimia anti-rayap di beberapa potongan kayunya.

Hindari lembap

Lembap adalah musuh dari kayu. Jangan pernah mengepel lantai kayu parket, tapi cukup disapu saja. Sisa air pel bisa mengendap dan mengakibatkan lapuk. Selain itu efek dipel juga bisa menyebabkan lapisan atas lantai kayu parket terkelupas.

Gunakan jeruk lemon

Jika ada noda membandel bekas tumpahan makanan atau minuman di lantai kayu parket, gunakan perasan air jeruk lemon untuk membersihkannya. Diamkan beberapa menit, lalu bersihkan dengan lap kering.

Lapisi karpet

Untuk melindungi lantai kayu parket dari goresan-goresan, Anda bisa melapisinyadengan karpet. Pilih yang tidak licin. Untuk menghindari lembap, karpet harus sering dijemur.

Pindah posisi perabot

Trik ini untuk menjaga warna dan kebersihan lantai kayu parket. Pindah-pindahkan posisi perabot secara berkala. Agak repot, tapi cara ini cukup efektif dilakukan agar lantai kayu parket Anda tetap indah. Hitung-hitung ganti suasana terus, sehingga selalu punya semangat baru. Perhatikan saat memindah perabot agar tidak menggores lantai.

Merawat Lantai Acian

Material lantai berikutnya adalah lantai Acian. Lantai semen acian identik dengan desain interior zaman dulu. Di desain interior modern saat ini, orang kembali melirik semen acian untuk digunakan sebagai material penutup lantai. Kesan vintage dan tradisional yang dihasilkan semen acian ini menjadi daya tarik kuat.

Material lantai acian yang terbuat dari campuran semen dengan pasir halus atau pasir pantai. Anda bisa merawat lantai bermaterial ini juga cukup mudah, yang caranya sebagai berikut :

Rutin menyapu lantai

Sapulah lantai acian secara rutin. Jangan biarkan debu menumpuk terlalu lama di atasnya. Jika dibiarkan, noda bisa menempel dan sulit untuk dibersihkan. Apabila ini terjadi, kilap lantainya pun hilang dan memudar

Pilih pembersih lantai yang tepat

Gunakan pembersih lantai khusus semen dengan kadar pH netral. Jangan pilih yang berbahan kimia keras karena bisa berakibat memudarkan warna semen acian.

Pel dengan air hangat

Manfaatkan air hangat untuk mengepel lantai acian, karena air hangat itu cukup ampuh untuk mengangkat noda dan kotoran yang menempel. Anda bisa tambahkan cairan pembersih lantai, bebas, asalkan dengan takaran yang sesuai.

Pel dengan baking soda

Apabila lantai acian terkena noda minyak, Anda bisa memanfaatkan baking soda untuk membersihkannya. Taburkan saja baking soda pada bagian noda minyak, lalu bersihkan dengan lap basah.

Kilapkan dengan ampas kelapa

Ada cara jitu untuk mengilapkan lantai acian Anda. Pertama anda bisa memanfaatkan ampas kelapa. Sebelum digunakan, keluarkan terlebih dahulu kandungan minyak di ampas kelapa dengan cara disangrai. Apabila sudah, gosokkan ampas kelapa ke lantai acian. Lakukan di sore hari, lalu diamkan semalaman. Di pagi harinya, sapu ampas kelapa. Lakukan berkala.

Gunakan cuka dan lemon

Cuka ampuh juga untuk menghilangkan noda membandel di lantai acian. Anda bisa mengambil seember air, campurkan cuka, lalu gunakan untuk mengepel bagian lantai yang kotor. Anda bisa tambahkan juga air lemon untuk hasil maksimal.

Poles lantai acian rutin

Jurus pamungkas agar lantai acian Anda tetap terawat, lakukan poles lantai acian secara berkala dan rutin.

Sekian informasi mengenai cara merawat lantai rumah sesuai dengan material lantai yang anda gunakan seperti lantai granit, lantai marmer, lantai keramik, lantai kayu parket, dan lantai acian. Tentu dengan mengetahui cara tepat untuk merawat setiap material yang berbeda tersebut, akan membuat lantai anda terlihat lebih menarik secara maksimal, sebab beda material tentu beda penanganan dan perawatan.