7 Cara Cicil Rumah Agar Cepat Lunas Tanpa Masalah

asriland.com – Bagi keluarga yang masih mengambil rumah dengan cara mencicil tentu pastilah menginginkan agar rumah cepat lunas. Maka anda wajib menyimak tips cara cicil rumah agar cepat lunas.

Dengan cicilan rumah yang cepat lunas tentu akan membuat kantong bulanan anda pun menjadi lega dan tidur pun menjadi nyaman. Akan tetapi melunasi cicilan rumah tentu tidak semudah yang dibayangkan sebab anda pastinya tidak membeli rumah secara cicilan apabila anda memiliki dana yang cukup untuk membeli cash atau tunai.

Cara Cicil Rumah Agar Cepat Lunas

Namun bagi anda yang tidak memiliki dana besar untuk melunasi cicilan rumah, jangan kuatir sebab ada cara lain yang bisa anda lakukan agar cicilan anda cepat lunas. Apa saja itu? simak tipsnya sebagai berikut :

Cara Cicil Rumah Agar Cepat Lunas

1. Mengurangi Sisa Pokok KPR

Cara cicil rumah agar cepat lunas pertama adalah dengan mengurangi sisa pokok.

Caranya, adalah dengan mengusahakan menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. Apabila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, maka kali ini cobalah sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Seperti apabila anda memiliki penghasilan Rp9 juta per bula, dimana sekitar Rp3 juta digunakan untuk mencicil KPR, berarti Anda memiliki sekitar Rp6 juta untuk biaya hidup per bulan.

Untuk ke depannya, anda bisa mengurangi biaya hidup menjadi sekitar Rp4 juta saja per bulan. Dengan demikian, Anda memiliki tambahan Rp2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Anda bisa menerapkan tips cicil rumah ini secara rutin, maka cicilan KPR rumah anda pun akan lebih cepat lunas.

2 Pindah Tangan ke Bank Syariah

Tips kedua adalah melakukan take over atau pindah tangan KPR ke Bank Syariah. Bank syariah menerapkan sistem murabahah atau jual beli, sehingga nominal angsuran bulanan Anda menjadi tetap. Perhitungan ilustrasinya bisa dilihat di bawah ini dengan mengambil contoh marjin 6,9%.

Pengajuan Kredit : Rp200.000.000 (marjin 6,9%, selama 10 tahun)

Keuntungan Bank : 6,9% x 10 x Rp200.000.000 = Rp138.000.000

Total KPR : Rp200.000.000 + Rp138.000.000 = Rp338.000.000

Angsuran Bulanan : total KPR / 120 bulan = Rp2.816.667

Kesimpulannya, dengan melakukan berpindah tangan ke bank syariah anda akan memperoleh angsuran yang lebih ringan. Anda bisa menghitung ulang komposisinya untuk meringankan angsuran sehingga mempercepat pelunasan KPR Anda.

3. Memadukan Cara Pertama dan Kedua

Lakukan kombinasi cara pertama dan kedua sehingga Anda akan mendapat keuntungan berlipat ganda seperti angsuran menjadi lebih ringan, masa kredit lebih cepat, serta beban bunga lebih kecil

4. Perhatikan Reputasi Pengembang dengan Cermat

Tips cicil rumah berikutnya yang tak kalah penting adalah memeriksa kredibilitas developer atau pengembang perumahan, untuk menghindari risiko tertipu.

Akan lebih aman jika Anda memilih pengembang rekanan bank penyedia KPR. Dengan begitu kredibilitas pengembang tentu sudah dicek dan dijamin. Informasi ini biasanya bisa ditemukan secara publik.

5. Pastikan Biaya DP Rumah Aman dan Ada Dana Darurat

Saat Anda memutuskan untuk investasi properti, pastikan Anda prioritaskan dana untuk DP terlebih dahulu. Selain itu, sisihkan pendapatan Anda untuk dana darurat seperti kesehatan, pendidikan, dll. Sebanyak 3-6 kali pengeluaran bulanan. Tentu anda tidak mau bukan, gara-gara demi membayar cicilan Anda jadi mengorbankan hal yang lebih penting.

6. Pelajari Suku Bunga Cicilan KPR

Tips cicil rumah satu ini terkait dengan bunga. Kenali dua jenis suku bunga KPR yakni tetap (fix) yakni suku bunga yang nilainya tetap selama masa kredit berjalan, dan mengambang (floating) yakni nilai bunga yang dapat berubah-ubah sesuai aturan suku bunga Bank Indonesia. Sebaiknya Anda cari produk KPR dengan bunga rendah dan tetap tapi periode yang panjang.

Waspadai tawaran KPR berbunga rendah. Promo ini mungkin menggiurkan tapi justru akan merugikan dalam jangka panjang.

7. Persiapkan Dana untuk Kebutuhan Isi Rumah

Selain dana untuk beli rumah itu sendiri, tentunya ada biaya untuk mengisi rumah juga. Membeli perabot dan memasang perlengkapan seperti air, listrik, internet, juga tidak murah. Setelah menyisihkan dana darurat dan DP, tips cicil rumah berikutnya adalah siapkan juga dana untuk kebutuhan isi di dalam rumah.

Sekian informasi mengenai cara cicil rumah agar cepat lunas. Semoga berguna dan bermanfaat bagi anda untuk mendapatka referensi cara lain melunasi dengan cepat cicilan rumah anda walaupun anda tidak memiliki dana yang besar sekaligus untuk melunasi satu kali. Tapi dengan tips diatas, anda bisa melunasi secara bijak tapi pasti.