Proses Beli Rumah Lewat Agen Properti

Ada banyak cara beli rumah salah satunya lewat proses beli melalui agen properti. Cara ini juga memudahkan kamu dalam mencari rumah idaman sesuai dengan budget yang dipersiapkan. Proses beli rumah lewat agen properti ini bisa diandalkan karena banyak pilihan dengan harga yang lebih terjangkau.

Selain itu agen properti memang memiliki banyak pilihan rumah yang siap dijual. Bahkan satu agen memiliki unit tempat tinggal yang ready dijual hingga ratusan unit. Hal yang pertama kali ketika mencari agen properti adalah harus memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat.

Dan satu hal yang harus diketahui jangan tergiur dengan harga yang sangat murah. Masyarakat juga harus waspada akan praktek penipuan yang mengatas namakan agen properti.

Namun jika Anda lebih cermat dan mampu memilih agen properti terbaik, tentu banyak benefit atau keuntungan yang didapatkan selain harga murah. Benefit lainnya adalah soal pengurusan sertifikat yang sudah diurus semua oleh agen properti sampai dengan proses balik nama.

Kelebihan proses beli rumah lewat agen properti

Kelebihan proses beli rumah lewat agen properti

Banyak kelebihan dari pembelian agen properti. Di mana agen properti memiliki koneksi yang kuat khususnya untuk pemasaran. Tugas dari agen properti sendiri sebagai penghubung antara pembeli dengan penjual.

Dengan adanya ini agen properti tentu wajib memiliki koneksi yang banyak untuk mempermudahkan Anda dalam membeli rumah sesuai dengan kriteria pilihan.

Ada beberapa kelebihan yang bisa didapatkan lewat agen properti diantaranya adalah:

Banyak pilihan properti

Di mana jika bingung ingin membeli properti yang pas untuk Anda, agen properti bisa membantumu dalam menentukan pilihan. Agen properti akan memberikan rekomendasi pertama sesuai dengan budget yang dikeluarkan.

Setelah itu lalu dicocokan dengan lokasi tempat tinggal yang ingin dipilih. Dengan adanya budget ini agen properti akan mencari rumah yang setara atau dibawah dari budget yang dikeluarkan.

Jika Anda memiliki budget yang lebih, agen properti juga merekomendasikan pilihan menarik yang bekelas premium dengan akses yang strategis. Jadi pastikan memiliki budget yang lebih jika ingin membeli lewat agen properti agar yang didapatkan juga memiliki lokasi yang pas untuk Anda.

Letalitas aman

Di mana membeli lewat agen properti yang ternama legalitas dari rumah yang dibeli tentunya sangat aman. Biasanya agen properti yang profesional akan melakukan verifikasi kepada penjual properti dengan mempertimbangkan keamanan dari sertifikat. Yang mana agen akan melakukan survey lokasi dan menanyakan seputar sertifikat aslinya.

Buat masyarakat awam yang ingin membeli lewat agen properti diusahakan cari yang berkualitas dan terkenal. Sebab tentunya Anda akan mendapatkan kredibel agen properti yang memberikan amanah kepada calon pembeli. Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mengurus pengecekan mengenai sertifikat rumah.

Mempermudah pengurusan dokumen

Jika membeli lewat agen properti dalam pengurusan dokumen dan pajak tentunya akan lebih mudah. Di mana untuk pembuatan dari pajak bumi dan bangunan (PBB), Bea Perolehan Hak atas Tanag dan Bangunan (BPHTB), Pajak Penghasilan (PPH) dan Bea Balik Nama (BBN) akan lebih dipermudah dalam pengurusannya.

Sebab agen properti memiliki kenalan langsung dengan Direktorat Jendral Pertanahan dan PPATK yang mengurus langsung persuratan dan perpajakan.

AJB yang mudah

Di mana jika ingin praktis belilah lewat agen properti, yang mana segala urusan seperti contohnya akta jual beli rumah juga akan dibuatkan. Agen properti akan melakukan penyerahan dari AJB langsung kepada pembeli tanpa harus ribet pengurusan di notaris.

Dengan adanya agen properti segala urusan Anda tinggal menerima selesainya saja. Tanpa harus ribet lagi dalam pengurusan seperti ke notris.

Itulah beberapa kelebihan jika Anda membeli rumah lewat agen properti, dan untuk proses cara beli rumah lewat agen properti akan diterangkan dibawah ini.

Proses beli rumah melalui agen properti

Untuk proses beli rumah lewat agen tentu setidaknya sama seperti membeli pada developer rumah baru. Di mana perbedaannya hanya pada beberapa bagian saja.

Untuk proses beli lewat agen properti selengkapnya seperti dibawah ini:

  1. Pastikan menemukan agen properti yang sudah terkenal dan banyak menjual rumah.
  2. Jika sudah menemukan agen properti yang dipilih, selanjutnya bisa langsung mengunjungi kantor agen tersebut.
  3. Lakukan konsultasi mengenai properti yang ingin di cari.
  4. Hal pertama konsultasi yang dilakukan adalah dengan memberikan budget yang dipunya, setelah itu lalu berikan fasilitas seperti hunian, keamanana dan lokasi rumah.
  5. Setelah itu agen akan mencarikan didatabase properti mereka yang sesuai dengan kriteria yang dipilih. Jika sudah menemukan agen properti akan memberikan beberapa opsi pilihan.
  6. Jika sudah mendapatkan informasi yang jelas pilihan hunian mana saja yang di inginkan, agen dan Anda akan melakukan survey lokasi untuk masuk ke proses jual beli rumah.
  7. Biasanya akan melakukan ke beberapa lokasi survey untuk menemukan pilihan yang tepat.
  8. Lalu jika sudah menemukan properti yang pas oleh pembeli, lalu agen properti akan membuatkan note kesepakatan dan melakukan proses sistem pembayaran nantinya.
  9. Jika semua sudah dibayarkan oleh pembeli, lalu akan dibuatkan sertifikasi dan balik nama sesuai dengan nama pembeli.

Itulah cara proses beli rumah lewat agen properti yang bisa Anda ikuti dari kelebihan sampai dengan cara beli lewat agen.