Tips Memilih Agen Properti Yang Terpercaya

Buat yang ingin membeli rumah atau menjual rumah lewat agen properti tidak ada salahnya untuk mencari tips memilih agen properti yang terpercaya. Karena nantinya akan mempengaruhi proses jual beli rumah yang tepat bila di urus oleh agen yang profesional. Jangan sampai Anda tertipu dengan agen properti abal-abal yang malah membuat Anda merugi.

Penggunaan agen properti saat ini semakin banyak digunakan dan populer. Yang mana mereka mampu dipercaya dalam menjual properti dengan waktu yang relatif cepat serta mampu menemukan calon pembeli yang potensial. Pemahaman mereka mengenai pemasaran juga patut untuk diperhitungkan karena memiliki jaringan koneksi yang luas.

Selain itu analisa untuk pasaran di setiap tempat juga mereka umumnya menguasai dan tidak diragukan lagi. Buat Anda yang ingin menjual rumah tentunya dapat menghemat waktu, tenaga dan uang promosi karena semuanya sudah di handle oleh agen properti dengan jaringan koneksinya.

Dan untuk Anda yang membeli properti khususnya rumah atau apartemen. Dapat dengan mudah menemukan properti yang sesuai dengan budget yang diinginkan.

Lalu seperti apa mencari agen properti yang bagus dan terbaik? Bisa simak tips memilih agen properti terpercaya yang profesional dibawah ini.

Tips memilih agen properti terpercaya

Tips memilih agen properti terpercaya

Agen properti yang memiliki reputasi

Carilah agen properti yang memiliki reputasi baik dalam penjualan dan juga mencari pembeli yang potensial. Di mana biasanya bisa dijumpai agen-agen properti yang sudah berdiri lebih dari 10 tahun.

Umumnya agen properti yang sudah berdiri lama memiliki jaringan koneksi yang kuat baik dalam segi penjual dan juga segi mencari calon pembeli. Reputasi yang baik biasanya bisa di lihat dari trek record berapa jumlah agen tersebut sudah menjual properti selama berdiri. Makin banyak mereka mampu menjual, tentu makin baik dari reputasinya.

Mengenal harga

Agen properti sudah pasti harus tau kondisi harga pasaran disetiap lokasi. Yang mana mereka bisa mengetahui tren dari properti pada suatu tempat baik rumah maupun apartemen yang ingin dijual. Sehingga Anda dapat mengetahui nilai yang pas sesuai dengan lokasi tersebut.

Biasanya agen mampu menaksir atau memprediksikan nilai rumah Anda sebelum melakukan survei lokasi. Dan jika sudah melakukan survey lokasi mampu mengetahui harga real dari properti tersebut.

Dan tentunya agen properti tidak akan membanting harga dari properti yang dijual. Melainkan mereka akan meninggikan harga terlebih dahulu, sebab dari fee harga jual belilah sang agen mendapatkan pendapatan.

Mengenal harga

Aktif berkomunikasi

Baik pembeli dan penjual rumah atau apartemen, yang mana carilah yang aktif berkomunikasi dan mudah dihubungi. Biasanya bisa menanyakan progress yang ingin dicapai dari penjualan atau pembelian.

Agen yang bagus adalah mereka mampu aktif berkomunikasi yang intenst dengan calon pembeli dan penjual rumah. Sebab tugas agen properti adalah menghubungkan prantara untuk jual beli rumah sesuai dengan kecocokan dan budget dana yang tersedia.

Jadi sangat penting mencari agen yang profesional dan cekatan dalam menjalankan tugasnya.

Memahami jangka waktu penjualan

Agen yang bagus adalah mampu mencarikan pembeli potensial dari penjualan properti Anda. Di mana biasanya agen akan mengetahui dari suatu properti akan terjual seberapa lama.

Jika penjual ingin menjualnya dalam waktu cepat, tentunya agen akan langsung bergerak cepat dalam menemukan pembeli. Namun untuk sisi harga tidak bisa mendapatkan harga yang ideal.

Tetapi jika agen memiliki jangka waktu dari penjualan misal 3-6 bulan, tentunya properti yang dijual akan mendapatkan harga yang sangat ideal. Usahakan ketika menjual kepada bantuan agen properti, tanyakan batas dari waktu yang bisa dicapai untuk laku dari properti yang ingin dijual.

Mampu menjelaskan secara jelas

Di mana agen properti harus memiliki komunikasi yang baik terutama dalam menjelaskan secara jelas mengenai properti yang dijual. Hal ini yang sangat dibutuhkan oleh calon pembeli dalam menentukan pemilihan properti.

Agen bisa melakukan dengan cepat pencarian sesuai dengan dana yang ada. Selain itu agen juga bisa memberikan informasi mengenai detail lokasi, spesifikasi dari bangunan unit yang dijualnya.

Tidak hanya itu biasanya agen yang bagus akan memberikan minimal 3-5 referensi rumah atau apartemen sebagai perbandingan kepada calon pembeli. Dari sana dilakukan survey dan menentukan pilihan yang tepat, properti mana yang ingin dibeli.

Dengan adanya pilihan yang banyak membuat calon pembeli mengetahui bahwa link yang dijual memiliki jumlah yang banyak. Dan ini juga akan meningkatkan kepercayaan kepada pihak pembeli.

Lokasi kantor yang jelas

Pastikan dalam memlih agen properti yang memiliki lokasi kantor yang jelas dan dapat dihubungi kantor tersebut. Biasanya agen properti yang terkenal memiliki puluhan cabang dalam pemasarannya di beberapa daerah besar. Hal inilah kenapa dalam menentukan agen properti terbaik juga bisa dilihat dari ini.

Banyaknya cabang menandakan keseriusan agen properti tersebut dalam menguasai kondisi lapangan dan jaringan properti yang tersebar luas. Pastikan jelas dan selalu buka kantor tersebut di jam-jam operasionalnya.

Hindari agen properti yang tidak memiliki kantor dalam pembukaannya. Untuk meminimalisir tindakan kejahatan yang dilakukan oleh agen properti yang tidak bertanggung jawab.