6+ Cara Memilih Lokasi Rumah Strategis

asriland.com – Cara memilih lokasi rumah strategis penting untuk anda ketahui bagi anda yang sedang merencanakan membeli rumah dimana nantinya bisa menjadi sebuah investasi yang menguntungkan untuk anda.

Banyak orang yang masih berpikiran bahwa rumah yang memiliki lokasi strategis adalah rumah yang berada ditengah kota. Hal ini tentu tidak sepenuhnya salah, tetapi apabila patokan rumah strategis seperti itu, maka anda harus siap merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli rumah, dimana seperti yang kita ketahuu rumah ditengah kota harganya bisa “selangit” dan sangat mahal.

Tapi jangan kuatir, sebab ada beberapa cara memilih lokasi rumah strategis tanpa perlu mengeluarkan uang banyak dalam membeli rumah strategis tersebut. Anda cukup menyimak beberapa pertimbangan dibawah ini untuk disesuaikan dengan keinginan serta kebutuhan anda.

Cara Memilih Lokasi Rumah Strategis

Cara Memilih Lokasi Rumah Strategis

1. Akses ke lokasi mudah

Cara memilih lokasi perumahan yang strategis pertama adalah memperhatikan akses ke lokasi rumah. Akses ke lokasi rumah merupakan poin penting dalam membeli rumah. Tidak jarang banyak rumah atau perumahan yang memiliki akses sekitar perumahan yang baik dan modern, tetapi akses menuju ke perumahan termasuk sulit dijangkau, jalan rusak hingga berlumpur.

Ada kriteria akses yang baik sekaligus menguntungkan untuk jangka panjang, yakni akses perumahan dekat pintu tol yang bisa memudahkan mobilitas penghuninya. Hal ini jelas berbeda, apabila anda memilih tinggal di perumahan yang jauh dari pusat transportasi ataupun jalan tol karena harganya yang lebih murah.

2. Fasilitas publik lengkap

Cara memilih lokasi perumahan yang strategis selanjutnya adalah dekat dengan fasilitas umum. Fasilitas umum menjadi poin penting yang wajib anda perhatikan apalagi kalau tujuan anda membeli rumah adalah untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan.

Mendapatkan perumahan dengan fasilitas publik yang mudah dijangkau memang jadi impian banyak orang. Beberapa fasilitas umum yang harus ada di dalam maupun di luar kawasan perumahan yakni rumah sakit, fasilitas pendidikan, pusat perbelanjaan hingga area rekreasi.

3. Kawasan TOD

TOD atau Kawasan Transit Oriented Development menggabungkan guna lahan residensial, perdagangan, jasa, perkantoran, ruang terbuka, dan ruang publik sehingga memudahkan masyarakat dan pengguna untuk melakukan perjalanan dengan berjalan kaki, sepeda, maupun moda transportasi umum.

Umumnya perumahan yang mengusung konsep TOD biasanya terletak di tengah kota ataupun di pinggiran kota, namun tetap terintegrasi dengan transportasi publik seperti LRT.

4. Hindari kawasan bencana alam

Apabila anda iri dengan orang-orang yang tinggal dekat dengan pantai atau pegunungan karena bisa setiap hari menikmati panorama yang menakjubkan. Tapi, perlu anda ketahui kawasan tersebut bisa membahayakan anda dan keluarga, karena area tersebut bisa menjadi langganan bencana alam seperti gempa, erupsi, badai, hingga banjir rob.

Konsep Ramah Lingkungan

Pilihlah lokasi perumahan bebas bencana alam termasuk banjir yang sering terjadi di kawasan perkotaan saat musim hujan tiba. Cara mudah untuk mengetahui perumahan bebas banjir adalah dengan mengecek sistem drainase, pengelolaan sampah, kondisi tanah, hingga jarak antar rumah. Apabila anda enggan melakukan itu semua, anda bisa pilih perumahan yang mengusung konsep ramah lingkungan yang pastinya aman, bebas banjir serta memiliki sistem resapan air yang baik.

5. Dekat pusat bisnis terpadu

Dikenal dengan wilayah yang ramai dan sibuk, kawasan pusat bisnis bisa anda pertimbangkan dalam memilih lokasi perumahan yang baik. Selain lokasi strategis, rata-rata pusat bisnis telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik yang prima serta akses yang mudah.

Kondisi itu membuat banyak orang mencari perumahan yang jaraknya tidak terlalu jauh. Apalagi jika anda seorang pekerja yang dituntut serba cepat dan fleksibel. Lokasi hunian yang dekat dengan pusat bisnis bisa dibilang cukup mahal, namun sebanding dengan nilai investasi yang menjanjikan pasa masa mendatang.

6. Lokasi dengan keamanan terjamin

Cara memilih lokasi perumahan yang strategis terakhir adalah dari sisi keamanan. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya anda memilih rumah yang sudah dilengkapi dengan keamanan tingkat tinggi seperti one gate system atau double gate system.

Lebih baik lagi jika terdapat kamera CCTV yang mengawasi area perumahan 24 jam di setiap sudut serta penjaga keamanan profesional yang siap siaga.

Demikian informasi mengenai cara memilih lokasi rumah strategis. Anda pun dapat menyesuaikan lokasi rumah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda. Semoga berguna dan bermanfaat.