Cara Menjadi Investor Properti Yang Sukses

Untuk menjadi investor yang sukses tentu membutuhkan waktu yang tidak sedikit, apalagi bagi Anda yang baru ingin merintis dari awal. Ada beberapa cara menjadi investor properti yang sukses yang bisa Anda lakukan dengan beberapa hal ini. Sebab untuk menjadi sukses Anda tidak boleh  ikut-ikutan mengikuti orang lain dan jangan tergiur dengan properti yang memiliki harga terlalu murah.

Sebab investasi di peroperti memiliki resiko yang besar. Apalagi jika memikirkan keuntungan jangka pendek, wajib melihat situasi dan di wilayah manakah Anda berinvestasi.

Perlu dari itu Anda wajib mengetahui bagaimana si supaya sukses menjadi investor di properti. Apalagi untuk menghindari yang namanya kerugian dan investasi properti yang bodong.

Beberapa kiat sukses untuk berinvestasi di sektor properti akan dibahas di bawah ini.

Kiat sukses cara menjadi investor properti sukses

Kiat sukses cara menjadi investor properti sukses

Membuat strategi

Hal yang wajib pertama kali dilakukan oleh Anda ketika ingin terjun didunia properti adalah membuat strategi yang tepat berinvestasi. Pastikan memutuskan jenis investasi properti apa yang ingin dilakukan. Baik properti dalam bentuk tanah, bangunan maupun apartemen? Anda wajib memilih salah satunya.

Di mana dalam strategi ini tentu Anda harus bisa mengambil sebuah keputusan yang tepat agar nantinya tidak merugikan Anda sendiri. Selain itu wajib dan mampu bersaing dengan kompetitor untuk mendapatkan target dari properti yang ingin dibeli.

Pastikan memiliki strategi yang matang agar Anda tidak rugi ketika memulai properti diawal.

Mempertimbangkan budget

Pastikan untuk budget jika ingin berinvestasi di properti menyiapkan dana lebih. Sebab untuk mendapatkan lokasi yang strategis tentu dibutuhkan modal yang besar juga. Sebab untuk lebih mudah dijual kembali carilah yang memiliki lokasi strategis seperti di ibu kota maupun di area yang dekat dengan pusat keramaian.

Jika Anda membelinya jauh dari lokasi keramaian dan dalam bentuk seperti tanah tentu akan lebih sulit dalam menjuanya kembali. Apalagi jika membeli di areal perkebunan tentu untuk mendapatkan return keuntungan di kemudian hari tidak sebesar dengan properti di lokasi yang strategis.

Pembelian secara tepat

Pastikan jika sudah memiliki budget yang lebih lakukan pembelian yang tepat sehingga mendapatkan properti yang sesuai. Di mana dalam membeli properti diwajibkan untuk membeli yang sesuai dengan pilihan Anda. Jangan pernah membeli properti dengan tergiur harga murah tapi tidak cocok dengan apa yang dibutuhkan.

Dan juga ketika membeli properti wajib untuk memberikan keuntungan dikemudian hari. Supaya apa yang Anda investasikan tidak menjadi sia-sia. Sebab umumnya investasi yang ideal di sektor properti mampu memberikan keuntungan di atas 10% per tahun, jika Anda menemukan pembelian yang pas dan cocok dengan pilihan.

Memperhatikan luas dari properti

Wajib menghitung seberapa luas properti yang ingin dibeli. Di mana properti yang besar-besar atau memiliki lahan yang luas tentu akan sedikit lebih lama jika ingin menjualnya kembali. Apalagi modal yang dikeluarkan sudah ber miliaran.

Sebab pembeli untuk properti jenis besar ini akan sedikit lebih lama dalam menemukan pembeli yang pas. Berbeda dengan membeli properti yang masih dibawah 1 miliar atau tepatnya di range 100-500 jt. Akan lebih mudah untuk mencari pembeli potensial yang cepat untuk dijual kembali.

Biasanya untuk luas properti yang ukurannya lebih dari 500 meter hingga 1 hektar. Membutuhkan waktu lebih dari 1tahun untuk menjual atau laku sejak pertama kali di posting. Berbeda dengan yang masih ukuran 50-500 meter masih bisa mendapatkan pembeli potensial yang cepat.

Memelihara properti

Pastikan jika sudah mendapatkan properti yang dicari seperti tanah, gedung, rumah dan apartemen. Jangan lupakan dengan memelihara atau maintenance properti tersebut. Di mana berguna untuk menjaganya supaya tidak rusak jika jenis properti bangunan.

Untuk jenis tanah Anda bisa melakukan pemagaran maupun pembersihan lahan secara rutin agar nantinya orang lebih tertarik untuk membeli. Selain itu untuk bangunan tentu membutuhkan biaya yang ekstra apalagi ketika ingin menjualnya. Setidaknya Anda juga memikirkan biaya dari renovasi dalam skala yang kecil utnuk diperhitungkan.

Sebab untuk jenis bangunan jika mengalami kerusakan tentunya akan mempengaruhi nilai jual nantinya dan Anda tidak bisa melakukan jual dengan harga yang terlalu tinggi.

Menjual di saat yang tepat

Di mana jika sudah menemukan properti yang ideal dimiliki untuk di investasikan. Sebaiknya jagan menjual terlalu cepat dan carilah timing menjual diwaktu yang pas. Kapan waktu yang pas? Untuk menjual properti yang pas wajib mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Tidak menjual ketika kondisi suku bunga yang sedang mengalami kenaikan yang cukup tinggi.
  • Jangan menjual properti di saat sedang krisis maupun inflansi, sebab akan membuat harga properti yang jatuh dari harga pasaran seharusnya.
  • Menjual properti yang pas ketika sedang laju pertumbuhan ekonomi yang pesat dan meningkat, di mana dengan laju perkonomian sedang maju Anda bisa menjual dengan harga mahal.

Pastikan dengan melihat timing yang baik ketika sedang menjual properti agar Anda tidak salah langkah dan merugikan Anda. Membeli yang tepat ketika mengalami kondisi ekonomi seperti saat ini dan menjual yang tepat ketika kondisi ekonomi yang sedang bagus dan jangan sampai terbalik ya!