Manfaat Asuransi Properti Dan Penjelasannya

Banyak manfaat asuransi properti yang bisa dirasakan teturama ketika mengambil rumah baru. Di mana bisa mencegah kerugian yang di timbulkan secara tidak sengaja maupun mendadak seperti bencana alam dan juga kebakaran. Dengan adanya asuransi ini dapat melindungi nilai dari properti dan tergantikan secara penuh bila kedua hal tersebut terjadi.

Jika selama ini orang hanya mengenal perlindungan asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi kendaraan dan asuransi kesehatan sebaiknya Anda juga harus mengenal untuk asuransi properti. Untuk asuransi properti ini biasnaya terdapat beberapa jenis baik di ganti setengah kerusakan maupun full pembayaran penuh dari nilai properti yang rusak.

Untuk yang bisa di asuransikan adalah harta yang tidak bisa gerak dan bernilai tinggi seperti rumah, gedung, toko, gudang dan apartemen. Hal inilah yang di manfaatkan ketika baru mengambil rumah baru khususnya seperti kpr maupun rumah non kpr.

Manfaat asuransi properti yang bisa dirasakan

Manfaat asuransi properti yang bisa dirasakan

Tidak selamanya asuransi tidak penting, namun disebagian case atau kejadian asuransi ini sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah jenis properti. Apalagi jika mengambil properti di tempat yang rawan seperti padat penduduk maupun rawan bencana alam, hal ini perlu dilakukan agar tidak mengalami rugi yang parah dikemudian hari.

Apalagi ketika meninggalkan rumah dalam keadaan waktu yang lama bisa keluar negeri maupun daerah. Jadi Anda merasa tenang tanpa harus memikirkan keadaan rumah.

Selain itu dengan adanya asuransi properti ini membuat nilai dari bangunan tentunya lebih stabil dan bisa menjualnya dengan harga yang tinggi. Karena sudah terjamin akan atas jika bangunan tersebut rusak akan di ganti secara penuh sesuai nilai dari properti.

Jenis-jenis asuransi properti

Setidaknya ada beberapa jenis asuransi properti yang perlu Anda ketahui diantaranya adalah:

Asuransi rumah

Yang mana menjadi standart yang dipasangkan ketika membeli rumah baru khususnya pada jenis kpr. Biasanya untuk angsuran yang dicicilkan sudah termasuk biaya asuransi kerusakan jika terjadi bencana dan musibah alam. Resiko pergantian penuh ini termasuk ke dalam kerusuhan akibat hura-hara, tanag longsor, terjatuhnya dari benda langit seperti pesawat, kebakaran asap hutan yang memasuki rumah, petir, kebakaran api, badai, angin topan, kerusakan akibat pencurian dan lain sebagainya.

Setiap premi asuransi ini tentunya berbeda-beda, dan jika ingin mengambil lihatlah cangkupan apa saja dari asuransi yang dimiliki.

Asuransi properti bisnis

Di mana untuk jenis ini termasuk untuk perlindungan properti yang digunakan untuk kegiatan bisnis seperti gudang, kantor mal dan pabrik. Biasanya nilai pelindungan jaminan pada jenis ini juga memiliki nilai yang besar sesuai dengan resiko dari pembayarannya.

Polis jenis ini juga cukup beragam mulai jaminan dari pelindungan barang yang dijual, gangguan usaha, kerusakan akibat kebakaran dan bencana alam serta jenis lainnya.

Untuk jenis asuransi ini tentunya tidak berbeda jauh dari jenis rumah biasa. Hanya saja untuk cicilan jenis properti bisnis lebih besar tergantung dengan resiko bisnis apa yang dijalankannya.

Tips memilih asuransi properti yang baik

Perlu di pahami dan tidak asal-asalan dalam memilih asuransi, Anda diwajibkan untuk memperhatikan beberapa hal ini diantaranya:

  1. Resiko dan tertanggung apa saja oleh pihak asuransi jika terjadi kerusakan.
  2. Ketahui cara klaim seperti apa dan kemudahannya.
  3. Jaminan resiko apa saja yang ditawarkan berdasarkan polis yang dipilih.
  4. Pastikan jika masuk dalam resiko bencana alam, bencana seperti apa saja yang tertanggung dan bencana yang tidak etrtanggung.
  5. Untuk jenis asuransi harta benda, seperti harta benda apa saja yang dapat ditanggung.
  6. Besar dari premi dan mekanisme pembayaran.
  7. Besarnya uang jaminan yang dapat di pertanggung jawabkan oleh pihak asuransi sesuai dengan nilai premo.
  8. Masa berlaku polis dan sissa uang jika polis tidak digunakan apakah bisa dibalikkan atau terpotong atau bagaimana, hal ini juga wajib untuk ditanyakan.

Jika properti yang Anda beli sudah pernah kebakaran atau termasuk rawan bencana, sebaiknya segeralah lakukan asuransi properti agar tidak merugi untuk kedua kalinya. Dan semua yang sudah di lindungi oleh asuransi lebih terjamin.

Selain itu wajib juga mencari asuransi yang sudah berpengalaman dan mudah untuk di cairkan. Untuk mencari ini bisa menanakan lewat forum mapun testimonial orang yang sudah melakukan klaim.

Untuk cara terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan mendaftar secara langsung dan hindari pendaftaran lewat online. Sebab biasanya online akan berbeda penjelasannya dengan yang offline.

Untuk menghindari miss komunikasi maupun perbedaan pertanggungan lebih baik lewat offline saja dengan mendatangi kantor pusat asuransi. Hal inilah yang meminimalisir untuk mengurangi kerugian yang Anda miliki kedepannya jika terdapat klaim.

Dan untuk yang baru ingin mengambil rumah baru sebaiknya cek jenis apa saja asuransi yang didapatkan ketika mengambil kpr. Hal ini bisa di tanyakan oleh bank rekanan atau pihak developer langsung. Sebab saat ini untuk jenis perumahaan kpr (kredit perumahan rakyat) banyak sekali jenis asuransi dari perusahaan baru yang belum diketahui trek record dari kinerjanya.

Jika ada jenis perusahaan asuransi yang lebih baik, bisa memilih yang lebih bagus agar aman.