4+ Strategi Ambil KPR Rumah, Biar Lancar dan Tidak Membebani Pengeluaran Bulanan

asriland.com – Mengambil skema KPR atau Kredit Kepemilikan Rumah tentu harus memiliki pertimbangan yang matang. Untuk itu anda membutuhkan strategi ambil KPR rumah agar cicilan bulanan anda tetap lancar dan tidak membebani pengeluaran bulanan rumah tangga anda.

Strategi Ambil KPR Rumah

Mengapa mengambil KPR rumah harus dipertimbangkan secara matang? Sebab tentu pastinya anda tidak mau apabila kredit KPR anda membuat anggaran rumah tangga anda berantakan karena kesalahan menghitung dan menganggarkan keuangan anda yang dapat menyulitkan anda kedepannya bahkan hingga resiko kredit macet karena tidak bisa membayar cicilan KPR.

Untuk itulah pentingnya membeli rumah dengan KPR membutuhkan sebuah rencana keuangan jangka panjang dan membutuhkan perencanaan yang baik.

Maka kali ini kami akan membagikan cara ambil KPR rumah sehingga anda pun bisa dengan cermat mengetahui apa saja yang perlu anda pertimbangkan sebelum memutuskan mengambil KPR rumah. Anda pun bisa mendapatkan rumah impian anda dengan beban cicilan yang bisa hitung dengan cermat.

Berikut strategi yang perlu anda perhatikan sebelum mengambil KPR rumah.

Strategi Ambil KPR Rumah

1. Memilih Jangka Waktu Cicilan

Strategi mengambil KPR Rumah yang pertama adalah memilih dengan cermat dan tepat jangka wakktu cicilan. Adapun cicilan rumah murah bergantung pada jangka waktu cicilan, dimana pada umumnya cicilan rumah murah bisa hingga 10-20 tahun. Tentunya semakin panjang jangka waktunya semakin murah pula jumlahnya.

Namun, yang perlu anda ingat adalah jangka waktu yang lebih panjang berarti juga membayar lebih banyak bunga. Apabila anda memilih jangka pendek, maka total bunga lebih sedikit dengan jumlah cicilan yang lebih besar.

Jadi anda harus cermat dalam memilih jangka waktu cicilan. Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi keuangan serta seberapa cepat pelunasan yang diinginkan.

Yang terpenting yang harus anda ingat adalah jangan memaksakan diri diluar kemampuan anda dimana kesabaran pasti membuahkan hasil.

2. Menabung untuk DP

Uang muka atau down payment (DP) merupakan komponen awal dan termasuk dalam salah satu strategi ambil KPR rumah. Anda harus mengalokasikan sebagian besar dari gaji untuk membayar DP yang biasanya berkisar antara 20 hingga 30 persen dari total nilai rumah.

Semakin besar DP yang dibayar maka cicilan akan semakin kecil nilainya. Tanpa menabung tentu akan sulit untuk mendapatkan cicilan rumah murah.

Anda bisa menabung dalam bentuk deposito atau reksa dana yang memberikan pengembalian bunga lebih tinggi daripada tabungan biasa. Selain itu, anda juga bisa ‘menitipkan’ uang di tabungan anak yang biasanya berbunga lebih tinggi dan bebas biaya administrasi.

3. Kurangi Pengeluaran

Strategi ambil KPR rumah selanjutnya adalah memprioritaskan pengeluaran. Mengurangi pengeluaran yang tidak perlu bukan berarti anda perlu tidak belanja sama sekali bukan?

Sebagai contoh dimana anda biasa makan di luar setiap hari, namun karena mempunyai tujuan yang jelas untuk mendapatkan rumah impian maka anda bisa mengatur waktu jeda antara memasak di rumah dengan membeli makanan. Anda bisa juga mengurangi jajan dan belanja aksesoris yang tidak terlalu anda butuhkan.

4. Persiapkan Uang Cicilan

Strategi ambil KPR rumah yang terakhir adalah setelah uang DP rumah terkumpul dan mengurangi pengeluaran, maka cicilan rumah murah Anda menjadi tanggung jawab berikutnya yang harus diperhitungkan. Karena jumlahnya tidak sebesar DP, maka anda pun bisa lebih mudah mengaturnya.

Namun, tetap dengan prinsip yang sama, yakni menabung dan mengurangi pengeluaran tetap perlu anda lakukan hingga cicilan Anda lunas. Yan mana akan lebih baik jika Anda tetap meneruskan kebiasaan baik ini bahkan setelah rumah Anda lunas.

Demikian informasi mengenai strategi ambil KPR rumah agar anda bisa hidup dengan tenang dan nyaman tanpa dibebani oleh cicilan rumah yang diluar kemampuan anda. Beban keuangan bulanan anda pun tetap terjaga di rasio yang wajar dan tidak menyulitkan anda dimasa depan.