Manfaat Membeli Asuransi Jiwa Untuk KPR, Dan Alasan Mengapa di Wajibkan

asriland.com – Penasaran mengapa ketika proses KPR, pihak bank mewajibkan debitur membeli asuransi jiwa, dan apa saja manfaat membeli asuransi jiwa untuk KPR?

Membeli rumah dengan sistem KPR menjadi pilihan favorit bagi banyak masyarakat tanah air selama ini, dimana KPR memungkinkan masyarakat dapat segera memiliki rumah walaupun dana tidak terkumpul untuk membeli secara tunai.

Dengan KPR, masyarakat dapat membayar uang muka saja dan membayarkan cicilan perbulan sesuai dengan pinjaman yang diajukan seharga rumah yang dibeli.

Manfaat Membeli Asuransi Jiwa untuk KPR

Namun perlu anda ketahui bahwa dalam memilih metode KPR terdapat unsur risiko yang harus juga anda bayarkan berupa asuransi jiwa.

Adapun beberapa risiko yang mungkin dihadapi oleh debitur atau orang yang mengajukan KPR adalah sebagai berikut.

  • Kerusakan barang (asset) yang dibeli. Dalam kasus ini kerusakan (kebakaran, kerusakan karena adanya kerusuhan) atau kehilangan rumah.
  • Terjadinya kondisi-kondisi yang menyebabkan anda sebagai debitur tidak dapat membayar utang KPR, salah satunya adalah meninggal dunia.

Dalam ilmu perencanaan keuangan, ada sebuah istilah “Mengelola Risiko” atau “Risk Management”. Apabila dua risiko diatas diperhatikan, memang risiko tersebut memang jarang terjadi atau low frequency, akan tetapi jika terjadi dampaknya akan sangat besar atau biasa juga disebut high severity.

Jadi solusinya adalah dengan memindahkan risiko atau risk transfer ke perusahaan asuransi. Itulah alasannya mengapa pihak pemberi KPR memberikan debitur untuk membeli asuransi jiwa.

Apa saja manfaat membeli asuransi jiwa untuk KPR?

Manfaat utama membeli asuransi jiwa untuk KPR adalah jika terjadi sesuatu dengan debitur yakni meninggal dunia, maka perusahaan asuransi jiwa akan melunasi utang KPR tersebut, atau bisa juga dikatakan debitur tersebut tidak mewarisi utang, tetapi mewarisi rumah yang sudah lunas. Sehingga ahli waris tidak harus melanjutkan cicilan rumah dan mendapatkan rumah secara lunas sebagai warisan debitur.

Selain itu, perusahaan asuransi umumnya akan menawarkan asuransi tambahan yaitu pembayaran cicilan KPR, apabila debitur atau nasabahnya sakit keras.

Memilih Jenis asuransi jiwa yang Tepat

Untuk mengetahui produk asuransi jiwa yang mana yang sesuai dengan kebutuhan, anda dapat menyimak pembahasannya berikut ini agar anda benar-benar mendapatkan asuransi jiwa yang tepat dan tidak malah merugi dimasa depan.

  • Fitur pengembalian premi apabila tidak ada klaim. Walaupun fitur asuransi ini memang tampak menarik, tetapi perlu anda ketahui bahwa premi yang harus anda bayarkan biasanya lebih mahal dengan asuransi jiwa biasa.
  • Apabila anda menggunakan kredit join income atau menggabungkan pendapatan Anda dan pasangan, maka sebaiknya cek pilihan first to die atau the last survivor, dimana opsi first to die biasanya memiliki preminya lebih mahal dibandingkan opsi the last survivor.

Catatan:

  • Pilihan First to die adalah perusahaan asuransi jiwa akan melunasi utang KPR, apabila salah satu debitur atau pasangan meninggal dunia.
  • PilihanThe last survivor adalah perusahaan asuransi jiwa akan melunasi utang KPR, apabila kedua debitur meninggal dunia.

Asuransi Yang Dibayar Dalam Proses KPR

Dalam membeli rumah secara KPR, selain membeli asuransi jiwa, anda juga perlu memperhatikan asuransi rumah untuk menghindari anda mengalami kerugian dari risiko kerusakan, dimana di Indonesia sendiri kejadian yang mungkin terjadi seperti kebakaran, kebanjiran atau bencana alam lainnya.

Adapun asuransi rumah adalah solusi untuk membiayai kerugian secara finansial, apabila terjadi hal-hal tersebut yang tentunya semua orang tidak menginginkan hal tersebut.

Untuk itu, setiap bank akan mewajibkan debitur atau nasabah yang mengajukan KPR untuk membeli polis asuransi jiwa KPR dan asuransi rumah, dimana hal tersebut adalah yang sangat wajar, karena bank juga dituntut untuk mengelola risiko. Anda juga tidak perlu bingung atau repot mencari perusahaan asuransi, karena pada umumnya bank sudah memiliki rekanan perusahaan asuransi jiwa dan asuransi rumah.

Sekian informasi mengenai manfaat membeli asuransi jiwa untuk KPR dan alasan mengapa membeli asuransi jiwa dan rumah menjadi hal yang diwajibkan untuk setiap pengajuan KPR.