Cara Mengajukan KPR Mandiri. Begini Syarat, Jenis Biaya, dan Simulasinya

asriland.com – Bagi anda yang berencana mengajukan pembelian rumah dengan skema KPR, anda bisa menjatuhkan pilihan kepada layanan KPR Mandiri yang menjadi pilihan populer bagi banyak masyarakat di tanah air.

Lalu bagaimana cara mengajukan KPR Mandiri? Simak penjelasannya dibawah ini.

Nama besar PT Bank Mandiri (Persero) Tbk sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia dengan ratusan cabang yang tersebar diseluruh wilayah tanah air tentunya menjadi jaminan mutu dalam memberikan pelayanan perbankan termasuk dalam KPR atau Kredit Pemilikan Rumah.

Bank Mandiri sendiri melayani pembiayaan KPR Mandiri untuk jenis KPR Mandiri take over atau pengambilalihan kredit dari KPR bank lain, KPR Mandiri top up atau penambahan limit kredit Mandiri KPR yang sudah berjalan, KPR Mandiri flexible, dan KPR Mandiri angsuran berjenjang.

KPR Mandiri diberikan bagi perseorangan yang ingin membeli rumah, apartemen, ruko, atau rukan, baik melalui pengembang atau tidak. Bank Mandiri telah bekerja sama dengan lebih dari 900 pengembang di seluruh Indonesia. Dengan fasilitas KPR Mandiri, nasabah dapat membeli hunian dengan cara mencicil dengan tenor dan suku bunga tertentu.

Adapun besaran suku bunga KPR Mandiri pada Januari 2022 mulai dari 3,75 persen fix 1 tahun, 4.25 persen fix 3 tahun, 4,5 persen fix 3 tahun, 5,5 persen fix 5 tahun, dan 8,5 persen fix 10 tahun.

Mengapa anda memilih KPR Mandiri? Sebab Bank Mandiri menawarkan berbagai keuntungan bagi nasabah yang mengajukan Mandiri KPR, seperti suku bunga KPR Mandiri yang kompetitif, uang muka ringan, proses pengajuan mudah dan cepat, dan jangka waktu atau tenor hingga 20 tahun.

Cara Mengajukan KPR Mandiri

Syarat Mengajukan KPR Mandiri

Bagi anda yang telah memiliki rumah target untuk anda beli dan memilih KPR Mandiri, maka anda bisa segera mengajukan KPR Mandiri dengan memenuhi syarat dan ketentuan dari Bank Mandiri.

  • WNI dan berdomisili di Indonesia.
  • Berusia minimal 21 tahun.
  • Berusia maksimal 55 tahun untuk karyawan dan 60 tahun untuk profesional atau wiraswasta saat masa kredit berakhir.
  • Memiliki pekerjaan dan penghasilan tetap dengan masa kerja atau usaha minimal satu tahun untuk karyawan dan dua tahun untuk wiraswasta.

Apabila anda telah memenuhi syarat diatas, berikut syarat dokumen yang harus anda lengkapi untuk mengajukan KPR Mandiri sebagai berikut.

  • Mengisi formulir pengajuan Mandiri KPR di laman ini .
  • Fotokopi KTP pemohon dan pasangan.
  • Fotokopi Surat Nikah atau Cerai.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Fotokopi rekening koran atau tabungan 3 bulan terakhir.
  • Dokumen asli slip gaji terakhir atau surat keterangan penghasilan dan surat keterangan jabatan.
  • Fotokopi neraca laba rugi atau informasi keuangan terakhir.
  • Fotokopi Akte Pendirian Perusahaan dan izin-izin usaha.
  • Fotokopi NPWP Pribadi.
  • Fotokopi izin praktek profesi.
  • Fotokopi dokumen kepemilikan agunan seperti SHM/SHGB, IMB, dan PBB.

Apabila anda sudah menyiapkan dokumen diatas, maka anda juga harus mempersiapkan biaya-biaya pengajuan KPR Mandiri seperti provisi, administrasi, premi asuransi jiwa dan kerugian, pengikatan agunan, taksasi agunan, notaris, dan balik nama.

Simulasi KPR Mandiri

Bagaimana besaran DP, bunga dan besaran cicilan KPR Mandiri? Berikut simulasi KPR Mandiri yang bisa anda simak dibawah ini dimana anda bisa memperkirakan gambaran biaya dan besaran biaya yang harus anda bayarkan dengan menggunakan fasilitas pembiayaan Mandiri KPR.

Contoh, apabila anda berpenghasilan per bulan Rp 5,5 juta, tenor 10 tahun, dan bunga KPR Mandiri 5 persen, maka akan mendapatkan hasil maksimal kredit Rp 285 juta dan cicilan Rp 3 juta.

Untuk simulasi KPR Mandiri lebih lengkap, anda bisa mengaksesnya di sini

Demikian informasi mengenai cara mengajukan KPR Mandiri dengan syarat serta jenis Biaya lengkap dengan simulasinya. Apabila anda memiliki pertanyaan lain, anda juga bisa langsung menghubungi pihak Bank Mandiri baik dari dari website, telpon CS resmi, atau langsung berkunjung ke kantor cabang Mandiri terdekat di kota anda.