Inspirasi Desain Rumah Semi Permanen Yang Keren

Buat kamu yang memiliki lahan luas dan juga merasa bosan dengan bangunan full permanen seperti material bata, besi dan semen. Setidaknya kamu harus melirik inspirasi desain rumah semi permanen yang memiliki bentuk keren dan kekinian. Meski semi permanen rumah ini patut menjadi perhatian sebab memiliki model yang unik dan keren.

Rumah semi pernanen merupakan salah satu bangunan yang sedang naik daun. Untuk membuat rumah jenis ini setidaknya kamu harus memiliki lahan yang lebih. Mengapa demikian? Dengan dukungan lahan leih terutama untuk area taman akan mempercantik rumah kamu dengan bangunan semi permanen di atasnya.

Rumah semi permanen tidak hanya digunakan di area perkantoran pertambangan, pembangunan dan lain sebagainya. Bisa juga kita jadikan rumah untuk sehari-hari sebagai tempat tinggal yang nyaman. Dan biasanya jenis ini sangat di lirik bagi masyarakat Indonesia yang bosan dengan gaya desain rumah yang itu-itu saja.

Buat yang penasaran membangun rumah semi permanen? Simak ulasan selengkapnya dibawah ini untuk penjelasan dan pemilihannya.

Mengenal rumah semi permanen

Apa itu rumah semi permanen? Merupakan rumah yang mana dindingnya terbuat dari setengah bata, tembol dan badahan jenis lainnya seperti kayu, almunium dan sejenisnya.

Dan untuk jenis lantainya sendiri bisa berupa tanah, semen, ubin dengan ketahanan yang diperhitungkan. Untuk atap yang digunakan cukup beragam mulai dari seng, genteng, rotan, asbes, bambu dan sejenisnya yang digunakan untuk atap.

Satu hal yang pasti untuk bangunan jenis semi permanen adalah tidak membutuhkan bahan yang berkualitas. Dan proses pembiayaan dari pembangunan jenis ini juga tergolong rendah dan untuk membangunnya juga sangat cepat.

Namun untuk membangun rumah semi permanen saat ini bisa menggunakan bahan berkualitas. Sehingga tidak kalah dengan bangunan-bangunan yang secara umum berbentuk permanen.

Untuk beberapa inspirasi desain rumah semi permanen yang bisa di jadikan contoh rumah kamu. Silahkan simak beberapa model yang mungkin cocok untuk area rumah kamu.

3 Inspirasi desain rumah semi permanen

Rumah dari pohon bambu

Rumah dari pohon bambu

Yang pertama yang bisa menjadi ide dalam membangun rumah semi permanen adalah. Membuat rumah dari jenis bambu, yang mana untuk rumah jenis ini tidak memakan biaya mahal. Untuk pembangunan jenis ini kamu hanya perlu membutuhkan peralatan tukang yang memang khusus membangun rumah jenis ini.

Perkiraan kisaran dari jenis rumah ini adalah sebesar biaya 30-50 juta untuk rumah semi permanen dengan kekuatan yang kokoh. Tampilan bambu kini tidaknya ketinggalan zaman. Kamu bahkan bisa melakukan desainnya sendiri dengan tampilan yang lebih menarik dan juga bisa mendapatkan perhatian dari banyak orang karena bentuk yang unik.

Dan yang perlu kamu ketahui untuk membangun rumah dari jenis bambu ini hanya membutuhkan waktu selama 2-4 minggu saja sudah bisa menjadi rumah utuh. Untuk jenis tukang dari pengerjaan ini relatif di atas pembangunan rumah permanen, untuk tukang bangunan per orangnya harian bisa terkena biaya hingga 200 ribu/hari.

Rumah dari kontainer bekas

Rumah dari kontainer bekas

Kontainer bekas atau peti kemas pembawaan barang bisa di manfaatkan kembali menjadi rumah yang keren. Di mana kamu bisa membeli kontainer setidaknya 4 kontainer untuk 4 jenis ruangan berbeda. Tidak hanya itu untuk jenis ini bisa di susun jika kamu ingin membuat rumah 2 lantai.

Idealnya kontainer 4 bentuk bisa berupa 1 kamar mandi dan dapur, 1 kamar tidur utama, 1 kamar tidur anak dan 1 untuk ruang santai. Untuk biaya yang digunakan juga tidak terlalu mahal, untuk 1 jenis kontainer ini memakan biaya 5 – 10 juta saja.

Dan pengerjaan dari rumah semi pernanen dari besi kontainer bekas hanya membutuhkan waktu 2-3 minggu saja. Terutama untuk bagian pengelasan pemotongan membuat jendela dan pengecetan.

Selain itu jika kamu ingin pindah di lahan lain misalnya. Kamu hanya perlu memindahkannya saja kontainer tersebut tanpa harus membongkarnya. Dan rumah masih menjadi utuh.

Namun untuk perawatan jenis ini perlu ektra sebab wajib diberikan cairan anti karat setiap bulannya agar tidak mudah lapuk. Rumah semi permanen ini cukup nyaman untuk di tempati dan pastinya memiliki banyak bentuk keren yang bisa kamu pilih.

Rumah semi permanen dari kayu

Rumah semi permanen dari kayu

Untuk jenis material kayu memang tidak semurah dari jenis bambu dan kontainer. Apalagi kayu yang digunakan adalah jenis kayu Jati. Di mana kita ketahui untuk penggunaan kayu ini memang di Indonesia sedikit terbilang tinggi harganya.

Rumah jenis semi permanen ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memiliki bentuk yang indah dengan tampilan berbeda. Jika kamu membuat jenis seperti ini akan menjadi daya tarik oleh banyak orang sebagai inspirasi yang berbeda.

Namun jika ingin pas dan cocok lebih baik carilah lahan yang lebih luas untuk menggunakan jenis tipe ini. Dan untuk material jenis ini tentu membutuhkan artisek yang khusus dalam melakukan pahatan kayu.

Biaya pembuatan rumah jenis ini di taksir seharga 50 juta hingga 100 juta rupiah. Dan harga tersebut sudah termasuk dengan jasa bangunan tukang untuk membuat rumah semi permanen.