6 Tips Membeli Rumah di Perumahan Agar Tidak Menyesal Nantinya

asriland.com – Memilih membeli rumah idaman tentu bukan perkara mudah, selain ada biaya pembelian yang tidak murah untuk membeli rumah, anda juga harus mempertimbangkan berbagai aspek ketika membeli rumah, apalagi jika anda membeli rumah di perumahan. Ini dia tips membeli rumah di perumahan.

Mengapa anda membutuhkan tips ketika membeli rumah di perumahan? sebab dengan membeli rumah di perumahan, ada banyak hal yang harus anda pikirkan sebelum memutuskan membeli agar kedepannya anda tidak menyesal. Sebab anda pastinya tidak mau apabila ada yang menganggu kenyamanan anda dirumah karena hal-hal yang anda lewatkan sebelum membeli rumah pertama kali.

Karena alasan itulah, maka kali ini kami akan berbagi tips membeli rumah di perumahan agar anda tidak menyesal nantinya. Anda bisa menyimak poin-poin penting sebagai berikut.

Tips Membeli Rumah di Perumahan

1. Memilih Rumah dari Developer yang Terpercaya

Tips membeli rumah di perumahan pertama dan merupakan poin paling penting adalah memilih rumah dari developer yang terpercaya. Mengingat banyaknya pilihan rumah yang ditawarkan, jangan sampai anda membeli dari developer bermasalah atau developer bodong.

Hal ini menjadi penting agar nantinya anda bisa terhindar dari berbagai macam masalah dan kerugian baik itu waktu dan uang. Jadi sebelum membeli sebaiknya anda terlebih dahulu mengecek rekam jejak dari developer perumahan tersebut.

Apabila developer perumahan yang akan dipilih memiliki rekam jejak baik maka anda tidak perlu ragu untuk memilihnya.

Anda juga jangan mudah tergiur dengan iming promo dan bonus melimpah seperti bonus umroh, bonus furniture mahal, dan bonus lainnya. Sebab anda tetap perlu memeriksa rekam jejak developernya.

2. Cara Pembelian Rumah

Jika anda telah memiliki dana, maka selanjutnya anda harus menentukan cara membeli rumah di perumahan, dimana anda bisa membeli rumah secara cash atau kredit. Apabila anda sanggup untuk membeli cash tanpa menyusahkan keuangan anda kedepannya dan anda tidak memiliki rencana lainnya, kenapa tidak. Tetapi bagi anda yang memiliki dana terbatas, anda bisa memilih membeli rumah dengan cara kredit.

Apabila anda memutuskan untuk membeli secara kredit, pastikan anda memilih layanan kredit yang memberikan bunga rendah, DP terjangkau, serta berbagai pilihan tenor yang bisa anda sesuaikan dengan pemasukan bulanan anda.

3. Kondisi Keuangan Tetap Aman

Walaupun anda memiliki dana yang cukup untuk membeli tunai atau DP untuk pembelian kredit. Tapi perlu anda ketahui, bahwa akan ada biaya-biaya lain yang mengharuskan untuk anda bayarkan, seperti biaya sertifikat, biaya asuransi bagi anda membeli dengan kredit, pembelian furniture, dan sebagainya. Jadi pastikan anda telah memikirkan hal tersebut, untuk menjaga kondisi keuangan anda tetap terjaga dan tidak malah menyusahkan anda kedepannya.

Selain itu, pastikan dana anda gunakan untuk membeli rumah, tidak mengganggu kebutuhan harian dan bulanan anda.

4. Pertimbangkan Lokasi Perumahan

Tips membeli rumah di perumahan selanjutnya adalah mempertimbangkan lokasi perumahan. Karena tentunya lokasi sangat penting ditentukan sejak awal sebelum membeli rumah. Jadi apabila anda memutuskan untuk membeli rumah, sebaiknya anda melihat sendiri secara langsung lokasi rumah sebelum membelinya sehingga anda pun memiliki gambaran jelas lokasi dan rute yang akan anda lewati ketika membeli rumah tersebut.

Anda juga dapat memilih lokasi perumahan yang strategis dengan akses mudah dan cepat, dimana lokasi perumahan yang strategis akan membuat semua aktivitas penghuninya berjalan jalan, namun biasanya perumahan yang lokasinya strategis berada di pusat kota dan memiliki harga tinggi.

5. Memilih Posisi Rumah yang Tepat

Pada umumnya, dalam satu perumahan terdapat banyak unit rumah yang ditawarkan dengan berbagai tipe. Agar anda tidak salah memilih, sebaiknya Anda mengetahui tips memilih posisi rumah di perumahan yang tepat seperti dekat dengan rumah ibadah atau fasilitas publik lainnya. Anda juga bisa memilih rumah di sudut apabila masih tersedia karena lebih aman dari kendaraan yang lewat dan juga biasanya rumah di sudut memiliki kelebihan tanah yang bisa anda manfaatkan.

Selain itu, anda juga bisa memilih posisi rumah dekat dengan pos keamanan agar keamanan rumah anda tercover dengan baik oleh CCTV dan security perumahan.

Tips selanjutnya adalah keamanannya sangat terjamin dengan dijaga oleh security dan dipasangnya CCTV. Selanjutnya pastikan akses jalan menuju rumah sudah bagus sehingga mudah dijangkau. Terakhir pastikan area perumahan yang akan dipilih tidak rawan bencana.

6. Fasilitas dari Perumahan

Tips membeli rumah di perumahan adalah melihat fasilitas dari perumahan yang juga harus anda perhatikan.

Pada umumnya, developer menawarkan rumah di perumahan lengkap dengan fasilitas penunjangnya seperti smart home, CCTV area, bio-septic tank, balai warga, keamanan 24 jam, one gate system, jogging track, serta area bermain anak dan juga taman

Semakin lengkap fasilitas yang disediakan maka rumah tersebut akan semakin menguntungkan sebab anda sebagai penghuni perumahan, anda bisa menikmati berbagai fasilitas perumahan yang lengkap serta keamanan yang tinggi. Selain itu, rumah di perumahan dengan fasilitas lengkap bisa menjadi investasi menguntungkan untuk anda kedepannya apabila anda berniat untuk membeli rumah sebagai investasi.

Demikian informasi mengenai tips membeli rumah di perumahan yang bisa menjadi referensi anda dalam memilih dan membeli rumah terbaik untuk anda dan keluarga.