Cara Menjadi Developer Perumahan Tanpa Modal

Ingin menjadi developer baru dan Anda kesulitan untuk mencari dana? Tenang sebab ada cara untuk menjadi developer tanpa harus mengeluarkan dana. Ada beberapa orang yang sudah sukses dengan cara menjadi developer perumahan tanpa modal alias tanpa harus membeli lahan. Hal yang penting adalah skill bagai mana Anda melakukan lobbi terhadap pemilik lahan dan menjalin kerjasama dengan bank.

Cara menjadi developer perumahan tanpa modal disini bukan berati Anda tidak mengeluarkan 0 rupiah. Melainkan bisa memanfaatkan uang orang lalu di ajak bekerja sama dengan pemilik lahan. Cara ini lah yang bisa menjadi developer tahan awal terutama yang ingin membangun bisnis dari nol.

Meskipun terbilang cukup sulit, namun jika Anda belum mencobanya belum di katakan susah. Di Indonesia sendiri untuk menjadi developer memang mewajibkan bank dan peraturan pembangunan khususnya kpr memiliki sertifikasi lahan SHM. Untuk mendapatkan itu semua memang membutuhkan modal yang besar, terutama untuk membebaskan lahan.

Dan memang untuk SHM sendiri membutuhkan modal yang banyak di atas milyaran untuk mendapatkan lahan tersebut. Apalagi jika ingin membangun sebuah komplek atau kluster dengan rumah minimal 20 tentunya uang 10 milyar juga tidak cukup untuk membangunnya.

memulai bisnis properti dari nol - Asriland

Memulai bisnis developer properti tanpa modal

Hal yang terpenting dalam memulai bisnis developer perumahan khususnya kpr tanpa modal adalah wajib memiliki skill yang pintar dalam negosiasi. Di mana negosiasi tersebut bisa langsung dengan pemilik lahan. Anda bisa membangun kepercayaan dengan beberapa cara, misalnya melakukan gadai sertifikasi yang ada sebagai jaminan untuk kepercayaan kedua belah pihak.

Jika sudah mendapatkan kepercayaan sebagai pemilik lahan, hal yang bisa Anda lakukan adalah membuat perjanjian untuk mendirikannya bangunan kpr dengan akte notaris.

Dengan begitu baik pemilik dan Anda tidak ada yang dirugikan dan merasa aman kedua belah pihak. Selanjutnya adalah memasuki tahap negosiasi ke bank, di sini Anda bisa memberikan jaminan bahwa sudah memiliki SHM pada lahan tanah tersebut sebagai jaminan pendirian kpr.

Di mana dengan adanya jaminan SHM tentunya bank akan lebih tertarik dengan kerja sama kepada Anda nantinya. Jika sudah lalu buatlah marketing dan jalankan penjualan rumah Anda.

Opsi ini bisa dilakukan dengan melakukan bayar dahulu lalu dibangun. Bayar dahulu di sini ketika orang sudah di acc oleh bank dan Anda mendapatkan dana. Dari dana bank itulah bisa dilakukan untuk pembangunan.

Itulah sebenarnya proses dari semua kelolaan jika Anda ingin melakukan bisnis developer tanpa modal. Namun tunggu dulu, Anda wajib menjalin hubungan yang baik dan membangun kepercayaan kepada pemilik lahan untuk nantinya bisa di jadikan kerjasama bisnis.

Membeli lahan tanpa uang dengan pembayaran bertahap

Cara lain yang bisa dilakukan adalah membeli lahan namun dibayarkan dengan beberapa tenor. Cara ini memang sedikit beresiko namun untuk mendapatkan kepercayaan ini juga tidak terbilang mudah.

Opsi ini bisa menggunakan skema pembayaran misalnya cicilan di bulan 6, 12 dan 24 bulan hingga pelunasanya. Yang mana tentunya jika menggunakan opsi ini Anda juga wajib mendapatkan investor juga setidaknya 30% dari harga lahan untuk melakukan pembangunan dan menjalankan marketing agar cepat laku.

Pembayaran ini biasanya bisa dilakukan oleh orang yang bisa dipercaya dan berani mengambil jalan resiko atas sesuai ketentuan yang berlaku.

Yang pasti berikan opsi penawaran yang baik terutama keuntungan yang nyata oleh pemik lahan, agar bisa mendapatkan jaminan bahwa tanahnya mau dijadikan bahan jaminan nantinya.

Menjadi developer tanpa modal dengan sistem bagi hasil

Hal bertikutnya yang bisa Anda lakukana dalah membeli lahan tanpa uang dengan sistem  bagi hasil bagi pertama investor dan kedua pemilik lahan. Di mana pastikan kerja sama ini menguntungkan dari sisi investor dan pemilik lahan.

Jika ingin menggunakan skema 2 cara yakni Anda dan pemilik lahan opsi 40 – 60% adalah jalan yang paling pas. Atau jika terdapat investor bisa menggunakan skema Anda 20% investor dan pemilik lahan akan mendapatkan 40%.

Hal ini memang wajar sebab Anda melakukannya tanpa modal yang besar di awal dan ada orang yang berani melakukan jaminan atas uang dan lahan di awal.

Pastikan jika sudah menemui amcam sistem seperti ini berikan kepercayaan pada mereka dengan aksi markting yang cepat.

Membeli lahan dengan skema investor

Hal ini terbilang 70% berhasil jika mana white paper dan apa yang Anda tawarkan menjanjikan. Sebab untuk mendapatkan investor tidaklah mudah, sebab banyak menuai kegagalan, apalagi skema bangunan rumah yang ingin dibangun tidak menjanjikan.

Biasanya investor akan melihat dari lokasi dan juga skema berapa unti terjual dan harga pembalikan dari modal yang di terima. Sebab investor hanya ingin memiliki waktu yang pasti di investasi high seperti aset properti.

Karena tugas developer hanya pelaksana proyek dan memberikan rencana bagi hasil saja, namun di ikuti dengan aksi yang nyata.

Kesimpulan

Itulah ke tiga cara menjadi developer tanpa modal yang bisa Anda lakukan tanpa harus memikirkan banyak modal yang keluar. Namun semua kembali lagi bagaimana teknik yang Anda lakukan untuk melakukan negosiasi kepada pemilik lahan dan investor nantinya.