Alasan Kenapa Investasi Properti Menguntungkan

Dari beberapa banyak jenis investasi seperti reksadana, deposito, saham dan emas. Investasi properti masih menjadi daya tarik tersendiri dan banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia. Bukan tanpa alasan kenapa investasi properti menguntungkan dibandingkan dengan jenis lainnya, karena memiliki nilai jual yang bertambah untuk masa mendatang.

Berbeda dengan jenis investasi yang lain yang memang memiliki high risk di atas rata-rata properti kecuali emas dan deposito. Properti bisa dibilang sebagai medium-high. Jika Anda mendapatkan asset properti dengan pemilihan yang layak maka di masa mendatang bisa mendapatkan keuntungan yang lebih untuk Anda.

Jika di hitung dari nilai profit atau keuntungan investasi, properti lebih layak dan stabil untuk mendapatkan return tahunannya. Anda bisa mendapatkan harga jual kembali pertahun di atas 10% hingga 20% dari nilai awal investasi tanah. Untuk alasan kenapa investasi properti menguntungkan dari lainnya bisa simak ulasan dibawah ini untuk lebih lengkap.

Alasan Kenapa Investasi Properti Menguntungkan

4 Alasan kenapa investasi properti menguntungkan

Ingin membeli tanah di harga tahun ini 2022 seharga Rp 200 juta dan menjualnya kembali di tahun 2032 di harga 800 juta? Cuma di investasi properti yang bisa Anda lakukan. Di mana nilai return untuk keuntungan properti sangat bagus untuk jarak ukur di atas 5 tahun.

Namun mengapa investasi properti menjadi pilihan utama? simak berikut:

Memiliki stabil dalam kenaikan harga

Properti jarang sekali ditemukan memiliki harga jual yang rendah, kecuali pada jenis apartemen. Berbeda jika Anda berinvest di sektor tanah dan bangunan SHM.

Perlu Anda ketahui bahwa risk dari investasi tanah berbeda dengan apartemen. Jika ingin mengharapkan keuntungan yang lebih dan stabil dalam kenaikannya pilihlah tanah.

Mengapa demikian? sebab tanah sisitem kelolaannya sangat mudah untuk dijual kembali. Berbeda dengan apartemen yang begitu sulit untuk mencari pembeli potensial dimasa mendatang.

Kinerja sektor properti di Indonesia juga sangat cerah, dapat di kethaui bahwa segi peminat dengan kesediaan di lapangan sangat jauh perbandingannya. Dan pertumbuhan properti akan terus bertumbuh apalagi di daerah perkotaan.

Bisa mendapatkan passive income

Buat yang belum mengetahui mengapa investasi properti sangat menjanjikan? Salah satunya hal ini passive income hingga puluhan juta perbulan. Lalu bagaimana cara mendapatkannya?

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan jika ingin menggunakan metode ini:

  1. Bisa melakukan sewa terhadap aset tanah Anda, untuk jenis ini biasanya minimal 1000 meter. Apalagi jika kondisi di pinggi jalan dan termasuk di pusat kota harga sewa akan di atas 100 juta per tahun.
  2. Membangun ruko menjadi salah satu yang bisa di andalkan. Di mana kebutuhan sewa menyewa ruko sangat ramai dan marak saat ini di Indonesia. Anda bisa mendapatkan biaya sewa perbulannya hingga Rp 3 juta untuk 1 petak pintu.
  3. Yang ketiga adalah persewaan kontrakan di mana juga snagat menguntungkan. Di Jakarta sendiri untuk jenis kontrakan sudah di atas Rp 1,2 juta untuk biaya perbulannya. Makin banyak kontrakan yang di miliki maka semakin banyak passive income yang di dapatkan.
  4. Kos-kosan untuk membuat kos-kosan pastikan memiliki beberapa kriteria yang pertama di area dekat perkantoran dan kedua di area dekat perkampusan. Sewa kos juga sangat menguntungkan sama seperti kontrakan. Di mana di daerah JABODETABEK untuk kos sendiri bisa mendapatkan biaya sewa mulai dari 700 ribu sampai dengan 2 juta tergantung fasilitas yang ada. Untuk kos sendiri lebih hemat lahan bila dibandingkan dengan sistem sewa kontrakan atau ruko.

Proteksi terhadap inflasi yang baik

Jika menabung hanya di bank atau Anda hanya melakukan deposito. Pastinya tidak akan lebih baik jika dibandingkan di beli properti. Di mana laju inflasi di Indonesia sangat tinggi apalagi bisa mencapai di atas 5% per tahun.

Bayangkan saja jika menabung di bank yang memiliki bunga kurang dari 1% per tahun dan deposito yang memiliki rate dibawah 3% pertahun. Nilai mata uang yang dimiliki tentunya akan terus berkurang nilainya dari tahun ke tahun.

Berbeda jika Anda menginvestasikannya di properti yang mana umumnya standar minimal kenaikannya adalah 10% per tahun. Dan Anda setidaknya ada 5% keuntungan lebih dari nilai laju inflasi yang ada di Indonesia. Serta uang yang Anda investasikan sangat bernilai di masa mendatang.

Investasi yang lebih safety dan terlihat bentuknya

Selain jenis investasi yang berbentuk nyata seperti permata, kendaraan dan emas. Yang memiliki bentuk safety dan dapat dilihat dengan nyata adalah investasi properti. Di mana investasi ini sangat bagus dan terlihat dengan jelas.

Berbeda dengan jenis reksadana, saham, deposito dan bahkan crypto yang tidak memiliki bentuk nyata atau tidak bisa di pegang.

Sebab jika memiliki bentuk yang bisa di lihat dan di pegang akan lebih jauh aman bila dibandingan jenis lainnya. Kasus contoh nyatanya adalah seperti emas yang selalu naik nilainya dan terbebas dari lajut inflasi di dunia.

Kesimpulan

Itulah ke empat alasan kenapa investasi properti menguntungkan jika dibandingkan lainnya. Dan saran terbaik jika berinvestasi di sini adalah membeli secara tunai atau jika ingin kpr carilah yang memiliki cicilan setara 10 tahun atau dibawahnya.