Cara Memasarkan Agar Rumah Kontrakan Cepat Laku

asriland.com – Punya investasi properti rumah kontrakan? Begini cara memasarkan agar rumah kontrakan cepat laku dan terisi.

Melakukan investasi dibidang property memang terkenal menggiurkan dan menjanjikan profit yang lumayan besar apabila dibandingkan dengan investasi lainnya. Namun dibalik itu ada modal yang besar dan harus didukung dengan strategi pemasaran yang efektif dan efisien.

Ketika anda memiliki rumah untuk dikontrakkan, tentunya anda harus memikirkan cara pemasaran agar informasi rumah anda diketahui oleh orang yang membutuhkan kontrakan sehingga rumah kontrakan anda pun cepat terisi.

Berbeda ketika anda hanya berdiam diri ketika memiliki rumah untuk dikontrakkan, dimana selain rumah kontrak anda susah terisi, selain itu juga bisa membuat investasi anda menjadi rusak karena usia, pengaruh alam, dan lingkungan sekitar dan rumah kontrakan anda pun tidak menghasilkan uang karena masih dalam “kosong”.

Untuk itulah pentingnya anda mengetahui cara memasarkan agar rumah kontrakan cepat laku yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Memasarkan agar Rumah Kontrakan Cepat Laku

Cara Memasarkan agar Rumah Kontrakan Cepat Laku

Pastikan Rumah Layak Huni untuk Disewakan

Cara memasarkan agar rumah kontrakan cepat laku yang pertama adalah memastikan Rumah Layak Huni untuk Disewakan. Sebelum disewakan kepada orang lain, harus pastikan kelayakan rumah terlebih dahulu, dimana rumah rentan terhadap kerusakan, apalagi kalau rumah dibiarkan kosong selama bertahun-tahun.

Apabila terdapat bagian tertentu mengalami kerusakan, maka anda bisa segera perbaiki agar rumah tampak bagus, baik dari luar maupun dari dalam serta layak huni, sehingga orang tertarik untuk menyewa rumah anda ketika datang mengecek rumah.

Anggaplah rumah sewaan seperti rumah sendiri. Rawat rumah dengan baik. Jika memungkinkan, anda bisa menambahkan taman atau kolam berenang agar orang lain betah menyewa rumah Anda sekaligus menaikkan tarif kontrak rumah anda.

Lokasi Strategis

Lokasi menjadi salah satu  bahan pertimbangan orang pada saat menyewa rumah. Akan lebih baik jika rumah Anda terletak di lokasi strategis, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, kampus, perkantoran atau tempat makan.

Selain memudahkan penyewa saat beraktivitas, lokasi strategis dapat meningkatkan harga sewa rumah. Apabila lokasi rumah berada di dalam gang, pastikan gangnya tidak terlalu kecil agar kendaraan seperti mobil mudah keluar masuk.

Menyesuaikan Harga di Pasaran dan Fasilitas yang Disediakan

Mengingat persaingan harga sewa rumah sangat tinggi, lebih baik lakukan survei di pasaran dan sesuaikan dengan fasilitas yang anda sediakan, sebab berbagai fasilitas yang anda berikan bisa menjadi penentu harga sewa nantinya.

Anda bisa mencari referensi harga pembanding melalui situs agen properti atau situs jual-beli dan sewa rumah. Apabila harga sewa tidak terlampir, anda bisa menghubungi pemilik rumah tersebut untuk menanyakan harga sewanya per tahun bahkan per bulan sebagai bahan pertimbangan anda sebelum memasang harga kontrak.

Tentukan Target Penyewa

Mengetahui target penyewa juga penting. Sebab, Anda bisa menentukan apa saja fasilitas yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan calon penyewa.

Sebagai contoh apabila target penyewa anda para pekerja kantoran lajang atau orang yang sudah berkeluarga tentunya berbeda berbagai perlengkapan yang ada di rumah kontrakan anda. Apabila target Anda mereka yang sudah berkeluarga, tentu ketersediaan ruang yang lebih besar juga harus disiapkan.

Pemasaran online dan offline

Cara memasarkan agar rumah kontrakan cepat laku yang terakhir adalah memasang iklan baik secara offline dengan spanduk maupun iklan online di internet. Cara ini cukup efektif dan efisien untuk mendatangkan calon penyewa, baik penyewa sekitar kota anda ataupun perantau yang datang dari kota lain.

Cantumkan deskripsi dan informasi rumah dengan lengkap. Mulai dari luas rumah, bahan bangunan, jumlah kamar tidur, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Anda juga bisa menambahkan gambar yang berkualitas agar iklan semakin menarik.

Sebagai catatan untuk pertimbangan keuntungan saat menyewakan rumah adalah menghitung pengeluaran material yang anda keluarkan saat memperbaiki rumah untuk menetapkan harga sewa yang sesuai.

Demikian informasi mengenai cara memasarkan agar rumah kontrakan cepat laku dan terisi. Semoga berguna dan bermanfaat untuk investasi rumah kontrakan anda agar bisa memberi keuntungan seperti yang anda inginkan.