Tips Membangun Rumah di Tebing Pahami Resiko Ini!

Jika kamu memiliki lahan khususnya di dekat tebing yang curam, wajib memahami resiko ketika ingin membangun rumah di tempat tersebut. Pastikan kamu mempelajari dahulu tips membangun rumah di tebing agar menghindari resiko besar ini. Selain terdapat resiko pastinya membangun rumah di tebing terdapat hal positif seperti mendapatkan view menghadap pemandangan yang indah.

Namun jika pembangunannya tidak memiliki rancangan yang sangat matang. Tentu nantinya bisa membahayakan bagi penghuni rumah tersebut. Membangun rumah di pinggir tebing hal yang perlu Anda ketahui adalah rawan akan resiko dari yang namanya tanah longsor. Apalagi jika tebing tersebut berlokasi di dekat laut yang memang setiap harinya terkena pasang laut.

Hal ini juga harus perlu di perhatikan apakah lokasi tersebut layak dibagun atau tidak dalam jangka waktu lama. Pastikan Anda mengetahui tips-tips dalam membangun dibawah ini.

Tips membangun rumah di tebing yang aman

5 Tips membangun rumah di tebing yang aman

Pastikan Anda mengutamakan keselamatan pada diri pekerja dan penghuni rumah. Di mana keselamatan menjadi nomor satu dari pada hal yang lain. Anda perlu memeprhatikan beberapa hal tips dibawah ini.

Memilih lokasi yang memungkinkan tetap dibangun

Tidak selamanya rumah di pinggir tebing tidak bisa dibangun. Sebab di beberapa lokasi rumah yang di atas tebing mampu kokoh hingga ratusan tahun. Jika ingin tetap membangun rumah di tebing, hal yang harus di perhatikan adalah apakah layak atau tidak tetap dibangun properti rumah disana.

Cara melihatnya dengan mudah, Anda bisa mengetahui apakah ada pengurangan dari segi luas ketika saat membeli hingga saat ingin membangun. Jika terdapat perbedaan luas, berati tanah yang Anda miliki sangat tidak mungkin untuk digunakan. Sebab patokan luas lah yang mengetahui apakah pinggiran tanah tersebut terkikis atau tidak.

Dan juga jika lokasi tanah yang dimiliki berada di kemiringan yang ekstrim seperti halnya ujung jurang curam. Urungkan untuk membangun, sebab resiko kecelakaan jika dibangun pada kemiringan ekstrim sangat besar terutama longsor.

Mengecek stabil permukaan tanah

Jika ingin membangun hal yang wajib di perhatikan adalah struktur tanah yang stabil dan tidak bergerak. Hal ini menandakan bahwa lokasi tebing tersbut sangat kokoh dan bisa dibangun hingga ratusan tahun.

Rata-rata longsor disebabkan karena permukaan tanah tidak mampu menahan beban di atasnya. Umumnya longsor terjadi karena lahan di atasnya hanya tersedia tanah saja dan tidak terdapat seperti batuan besar maupun kontur tanah yang snagat keras. Hal ini berlaku baik di pinggir laut maupun di area pegunungan.

Memilih bahan terbaik

Jika ingin membangun dan sudah aman baik lokasi serta permukaan yang kuat. Tahap selanjutnya adalah dengan memilih bahan material yang terbaik. Di mana ini merupakan hal yang perlu di perhatikan agar tidak asal-asalan dalam membangun.

Material yang digunakan pastinya wajib tahan terhadap panas, cuaca ekstim seperti hujan dan angin. Sebab cuaca esktrim pasti akan lebih banyak terjadi di area tebing terutama hal angin. Bahan bangunan yang kokoh menjadi faktor terpenting untuk umur properti yang tahan lama.

Gunakan material yang mana memang mengandung besi dan juga semen. Serta hindari untuk penggunaan jenis plastik. Bila ingin kuat bisa menggunakan bahan material seperti kayu dan fiber.

Retaining wall

Resiko tanah bergerak dan longsor memang ada, namun Anda bisa menggunakan retaining wall. Di mana merupakan tembok yang snagat kokok terbuat dari cor-coran yang di fungsikan untuk menahan laju dari tanah. Hal ini dapat menghambar pergerakan tanah yang tidak stabil khususnya bergerak secara tiba-tiba apalagi jika sehabis gempa.

Jika kondisi curam dan memang tidak memiliki tanah yang kuat. Pastikan membangun ini terlebih dahulu agar nantinya menjaga keselamatan dari rumah dan isi penghuni.

Akses menuju lokasi yang layak

Jika memiliki pemandangan yang bagus, lokasi yang strategis dengan dukungan tanah struktur sangat kuat. Namun tidak memiliki akses lokasi yang baik, ini juga menjadi problem tersendiri. Sebab tidak semua lahan yang berada di lokasi tebing dapat di akses dengan mudah.

Akses menuju lokasi merupakan yang terpenting, sebab untuk mengirim bahan material pembangunan tentu harus memiliki akses jalan masuk. Pastikan lahan yang dipilih merupakan lokasi yang mudah untuk dijangkau terutama untuk membawa bahan bangunan. Jika tidak urungkan niat Anda untuk membangun properti di atas tanah tersebut.

Semakin sulit akses ditempuh menuju lokasi maka harga bahan material untuk membangun semakin mahal. Sebab perlu adanya pembebasan akses untuk keluar masuk mobil angkut bahan bangunan.

Jika Anda baru dan ingin membeli wajib rumah di tebing untuk menghincar pemandangan suasana. Lokasi menuju akses wajib untuk di sruvey dan dilihat apakah layak untuk dibeli atau tidak.

Kesimpulan

Itulah beberapa point penting jika Anda ingin tetap membangun rumah di atas tebing. Pastikan utamakan terlebih dhaulu faktor keselamatan dari pekerja bangunan dan juga penghuni rumah nantinya.

Selain itu rumah di atas tebing juga menjadi salah satu lahan yang sangat berpotensi jika memiliki akses menuju lokasi yang layak. Hal ini dapat di jadikan seperti penginapan atau resort spot yang bisa di sewakan.