Cara Bayar PBB di BRImo dan ATM BRI

Cara bayar pbb di BRImo dan ATM BRI kini lebih mudah dan cepat tanpa harus datang ke kantor cabang BRI terdekat. Di mana cara membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) merupakan salah satu kewajiban yang harus dibayarkan oleh masyarakat Indonesia. Sebab bagi pemilik properti khususnya bumi dan bangunan wajib untuk membayar pajak tiap tahunnya.

Hanya dengan ponsel saja yakni BRImo membayar pajak sudah lebih mudah dan dapat dilakukan hanya dengan akses online internet. Selain itu BRI juga memberikan kemudahan pada nasabahnya dengan menghadirkan alternatif pembayaran lainnya yakni melalui mesin ATM BRI. Kurang dari 5 menit saja Anda sudah bisa lunas dan PBB tidak perlu khawatir terkena denda lagi.

Jangan sampai Anda kelewatan untuk membayar PBB, sebab ada denda yang harus di tanggung jika melewati batas. Pemerintah daerah biasanya memberikan notifikasi pada lembaran PBB berupa tanggal maksimal untuk dilakukannya pembayaran. Dengan begitu Anda dapat mengetahui kapan waktu terakhir untuk membayar Pajak Bumu dan Bangunan (PBB).

Nasabah BRI bisa memanfaatkan fitur BRI Mobile (BRImo) di mana di dalam aplikasi tersebut tersedia fitur yang bernama BRIVA atau yang dikenal dengan nama BRI Virtual Account. Hanya dengan memasukan nomor dari PBB ke dalam ponsel BRI Mobile dan memasukan PIN akses, pembayaran bisa langsung di proses pada saat hari itu juga.

Cara bayar PBB di BRImo

Sebelum menggunakan BRI Mobile (BRImo) untuk bayar PBB. Pastikan sudah mendaftar melalui online ATM BRI. Bagi yang ingin mendaftar cukup mudah Anda bisa lakukan hal dibawah ini.

Cara daftar BRImo di Android dan Iphone

Cara daftar BRImo di Android dan Iphone

Pastikan sudah memiliki rekening dari BRImo sebelumnya agar aktivasi lancar.

  1. Download aplikasi BRImo di ponsel baik Android maupun Iphone.
  2. Setelah itu klik Belum Punya Akun dan pilih menu Daftar.
  3. Jika sudah lakukan verifikasi data diri.
  4. Jika sudah maka akan tersedia link OTP yang masuk di sms dan email yang terkirim.
  5. Lalu lakukan perekaman wajah untuk verifikasi.
  6. Tunggu beberapa saat dan masukan OTP verifikasi.
  7. Buat username dan password yang mudah untuk diingat.
  8. Registrasi BRImo Anda sukses dan layanan siap untuk digunakan.

Jika sudah memiliki akun dan terdaftar di aplikasi BRImo langkah selanjutnya adalah dengan melanjutkan proses pembayaran. Untuk proses pebayaran dilakukan dengan 2 cara BRImo dan lewat ATM BRI. Untuk cara pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan bisa simak ulasan dibawah.

Bayar PBB melalui aplikasi BRImo (BRI Mobile)

Cara bayar pbb di BRImo ini berlaku untuk smartphone berbasis Android dan juga Iphone. Di mana cara ini sangat mudah dilakukan dan proses tidak memakan waktu lebih dari 5 menit. Selain itu kelebihan membayar di BRI mobile adalah bisa mencetak transaksi bukti pembayaran secara langsung dan di simpan melalui ponsel.

Untuk langkah pembayarannya simak ulasan berikut hingga selesai:

  1. Buka ponsel Anda Android dan Iphone lalu cari aplikasi BRImo atau BRI mobile.
  2. Setelah itu login menggunakan username dan password, pastikan tidak salah lebih dari 3x login. Jika sampai salah login aplikasi akan terkunci dan terblokir secara otomatis.
  3. Setelah itu Anda bisa pilih menu BRIVA.
  4. Masukan Nomor Objek Pajak atau (NOP) di mana nomor ini di dapatkan dari selembar PBB yang di terima dari pemda setempat. Dan pastikan memasukan nomor ini jangan sampai salah.
  5. Lalu pilih menu dilayar aplikasi BRI mobile klik Lanjut.
  6. Setelah itu di layar akan tersedia notifikasi berupa pembayaran PBB yang muncul. Jangan lupa untuk memeriksa informasi pada layar ponsel aplikasi BRImo di mana sumber dana, nomor dari pembayaran, nama pelanggan PBB yang terdaftar dan juga jumlah pembayaran yang tertera.
  7. Untuk melanjutkan pembayaran Anda bisa klik menu konfirmasi.
  8. Masukan PIN dari BRImo yang Anda miliki.
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses terkirim.
  10. Jika berhasil maka akan ada notifikasi pembayaran sukses.
  11. Jangan lupa untuk melakukan screenshoot atau menyimpan bukti pembayaran di ponsel.

Bayar PBB melalui ATM BRI

Bayar PBB melalui ATM BRI

Apabila Anda ingin mendapatkan berupa bukti struk, solusinya bisa memanfaatkan layanan dari mesin kartu ATM BRI, di mana cara ini juga mudah untuk dilakukan. Anda tinggal mengikuti langkah-langkah yang berada dibawah ini dengan benar.

  1. Cari lokasi mesin atm terdekat BRI yang aman, bisa di dalam minimarket seperti Indomaret atau Alfamart.
  2. Setelah itu masukan kartu debit ATM BRI.
  3. Jika sudah masukan PIN 6 digit.
  4. Lalu Anda pilih menggunakan bahasa Indonesia untuk kemudahan transaksi.
  5. Pilih pada layar mesin ATM BRI yakni Transaksi Lainnya.
  6. Lalu terdapat beberapa pilihan dilayar, Anda pilih yang menu PBB.
  7. Jika sudah masukan Nomor Objek Pajak atau (NOP).
  8. Dan masukan tahun pembayaran pajak, misal ditahun ini 2023. Anda bisa pilih 2023 pada mesin layar ATM BRI.
  9. Setelah itu dilayar akan muncul informasi mengenai tagihan pajak jumlah yang harus dibayarkan dan nama wajib pajak PBB. Apakah data tersebut sesuai dengan identitas Anda tau tidak.
  10. Jika sesuai klik menu Bayar.
  11. Lalu tunggu beberapa saat sampai mesin ATM BRI melakukan proses.
  12. Jika sudah akan secara otomatis keluar struk dari mesin ATM BRI dan simpan bukti struk pembayaran tersebut dengan aman.