Cara Menjadi Agen Properti Yang Sukses Untuk Pemula

asriland.com – Anda berminat menjadi agen properti? Mengapa tidak, dimana bisnis ini bisa menghasilkan profit besar dalam waktu singkat. Begini cara menjadi agen properti yang mesti anda perhatikan.

Bisnis properti merupakan merupakan bisnis yang tidak pernah ada matinya. Bisnis ini sejak dulu dikenal bisa memberikan profit besar dengan management serta strategi yang tepat, sehingga tidak heran mengapa bisnis properti menjadi magnet bisnis yang menarik untuk digeluti.

Cara Menjadi Agen Properti Yang Sukses Untuk Pemula

Namun walaupun begitu, banyak orang yang berpikir ulang untuk memulai menjalani bisnis dimana bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit sebab harga properti pastinya tidak yang dibanderol cuman ratusan ribu, sehingga mau tidak mau anda harus menyiapkan modal besar agar bisa berkembang dan bertahan dalam bisnis properti.

Tapi bagi anda yang berminat terjun dalam bisnis properti dan memiliki modal yang terbatas jangan berkecil hati terlebih dahulu sebab anda bisa memulai menjadi agen properti. Dengan menjadi agen properti bisa menghasilkan keuntungan besar untuk anda dengan modal yang kecil. Bahkan tanpa modal sekalipun dengan bergabung dengan broker properti yang saat ini sedang menjamur. Anda hanya membutuhkan strategi yang tepat dan memiliki skill meyakinkan klien hingga mereka berminat membeli produk properti yang anda tawarkan.

Mau menjadi agen properti yang sukses bagi anda pemula yang baru mau memulai atau baru bergabung dengan broker properti? Berikut tips-tips yang bisa anda simak sebagai berikut.

Cara Menjadi Agen Properti Yang Sukses

Wajib Punya Sertifikasi

Berdasarkan Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No.105/M-DAG/PER/12/2015, disebutkan bahwa agen wajib memiliki sertifikasi.

Peraturan ini memang berisi tentang Pemberlakuan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Real Estat Golongan Pokok Real Estat Bidang Perantaraan Perdagangan Properti.

Perlu anda ketahui sertifikasi tersebut bukanlah sekadar formalitas, sebab sertifikasi sebagai bukti anda telah memahami dunia properti dan diakui oleh pemerintah seperti halnya ijazah di sekolah, sehingga sertifikasi ini akan menunjang pekerjaan anda dalam karier sebagai agen properti.

Perusahaan Properti Wajib Punya SIUP

Tidak hanya agen properti syariah dan agen lainnya, perusahaan properti pun diwajibkan memiliki Surat Izin Usaha Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (SIU-P4).

Hal ini pun sudah tercantum pada Peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia No. 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti.

Surat ini bisa didapatkan di Direktur Bina Usaha dan Pendaftaran Perusahaan Kemendag, dimana untuk mendapatkan SIUP, perusahaan properti harus memiliki sedikitnya dua orang tenaga ahli. Masing-masing harus memiliki posisi sebagai pemimpin perusahaan dan agen yang bersertifikat dari AREBI dan sertifikat kompetensi dari LSP Broker. Berbeda dengan sertifikat agen, SIUP-P4 harus didaftarkan ulang setiap lima tahunnya.

Rutin Mempromosikan Properti yang Dijual

Sebagai agen, anda harus rutin mempromosikan produk anda kepada calon pembeli. Anda bisa mempelajari berbagai macam pendekatan promosi yang tepat sehingga anda bisa memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu, dengan mengetahui teknik promosi yang benar, anda bisa memanfaatkan berbagai macam platform online dan offline untuk mempromosikan produk properti anda.

Membangun Relasi, Dan Portofolio

Kunci kesuksesan menjadi agen properti adalah dimana anda harus mengembangkan relasi yang luas sehingga anda pun terkenal sebagai tempat untuk bertanya mengenai properti. Anda bisa mulai dari orang terdekat kamu seperti teman, keluarga, tetangga, dan lainnya.

Bangun relasi sekaligus portofolio anda tentang apa saja yang telah sukses anda pasarkan satu demi satu. Sehingga dengan membangun relasi yang banyak, serta portofolio yang baik, klien pun tidak ragu mempercayakan anda untuk urusan properti mereka.

Sekian informasi mengenai cara menjadi agen properti yang sukses. Namun tentunya kesuksesan tidak datang instan, sebab anda akan membutuhkan proses belajar menjadi lebih menjadi agen properti yang handal apabila anda memiliki kemauan yang kuat.