Cara Cek Sertifikat Rumah Online

Cara cek sertifikat rumah online sekarang tanpa harus datang ke kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN). Hanya dengan menggunakan ponsel atau komputer sudah bisa cek keaslian sertifikat. Sebab di Indonesia sendiri sisitem sertifikasi tanah sudah terinegrasi secara online dan mudah di akses kapanpun di manapun.

Sertifikat tanah merupakan salah satu bukti kuat sebagai kepemilikan atas kekuasaan lahan tersebut. Dengan sertifikat inilah bahwa tanah yang di tempati memang memiliki pemilik yang sah dan terdaftar di pemerintahan Indonesia. Apalagi jika Anda sudah memiliki rumah dan sertifikat bentuk fisik, wajib juga melakukan pengecekan secara online. Legalitas inilah yang menyangkut jalur hukum dan menghindari yang namanya sengketa lahan di masa akan datang.

Di Indonesia sendiri memang sangat marak terjadi sengketa lahan. Apalagi lahan tersebut berstatus lahan kosong. Perbeutan inilah yang memang harus Anda siapkan suatu saat ini apalagi jika lahan jarang sekali di cek. Anda bisa kuat dengan atas dasar hukum karena memiliki yang namanya sertifikat dan berhak melakukan usir paksa terhadap orang yang bermungkim atau menempati secara illegal di lahan Anda.

Dan Anda juga wajib melakukan pengecekan sertifikat secara online dengan rutin minimal sebulan sekali untuk memastikan keamanan dari sertifikat agar tidak di publikat oleh oknum tidak bertanggung jawab. BPN sendiri dari pemerintah Indonesia sudah memberikan kemudahan dalam pengecekan sertifikasi online.

Yang mana terdapat aplikasi yang bernama Sentuh Tanahku applikasi ini tersedia di download pada App Store untuk Iphone dan Google Play untuk Android smartphone. Hanya dengan bermodalkan ponsel dan akses internet yang stabil sudah bisa cek sertifikat dari jangkauan manapun.

aplikasi Sentuh Tanahku

Cara cek sertifikat rumah online via aplikasi Sentuh Tanahku

Di mana peluncuran aplikasi ini merupakan untuk kemudahan akan informasi mengenai pertanahan. Yang mana pada aplikasi ini yang bertanggung jawab adalah Kementrian Agraria dan Tata Ruang (ATR) serta Badan Pertanahan nasional (BPN). Untuk tujuannya di rangkum dibawah ini:

  1. Di mana untuk melakukan sosialiasi kepda masyarakat Indonesia khususnya untuk program ATR dan BPN.
  2. Menyampaikan status secara real time pada kepemilikan tanah dan bangunan Anda tempati seperti (blokir, berakhirnya hak sertifikat dan status pemberkasan).
  3. Sebagai investarisasi BMN.
  4. Membantu untuk petugas dalam melakukan ukur dan surveyor kadaster berlisensi sebagai penemuan bidang tanah terhadap lokasi lapangan.
  5. Dapat mengetahui ruang tanah saat proses transaksi jual beli.
  6. Dapat mengetahui rincian dari biaya dan persyaratan layanan yang ada di BPN.
  7. Melacak statu berkas yang di ajukan permohonan pada kantor pertanahan.
  8. Sebagai pengingat terhadap kepemiliki sertifikat tanah dan juga kewajiban dalam pembayaran pajak.

Mengenal fitur aplikasi Sentuh Tanahku

Info berkas

Di mana menu ini memberikan informasi mengenai daftar pengurusan berkas yang berlangsung dan menampilkan rincian informasi dari berkas tertentu.

Info sertipikat

Memberikan secara rinci mengenai informasi dari kepemilikan tanah yang mana jika belum tersedia untuk fisik, pengguna bisa langsung melaporkan pada bagian informasi perrtifipat untuk dibuatkan bentuk fisik.

Lokasi bidan tanah

Yang mana berisikan informasi mengenai administrasi di suatu bidang wilayah yang Anda tempati.

Info layanan

Jika mengalami kendala untuk pencarian layanan pengguna dan juga memberikan informasi mengenai persyaratan dari sertifikat, waktu dan juga tarif pembuatan.

Plot bidang tanah

Yang mana di dalamnya berisikan mengenai nomor sertifikat yang di plotting dan akan di tampilkan pada peta sesuai bentuk dan luasnya.

Cara cek sertifikat tanah online

Yang mana BPN atau Badan Pertanahan Nasional yang mengurus segala kegiatan dari pertanahan di Indonesia. Buat yang penasaran untuk pengecekan lewat aplikasi yang dilakukan melalui Android dan Iphone. Anda bisa menggunakan langkah dibawah ini:

  1. Step pertama adalah dengan melakukan download melalui aplikasi di Play Store untuk smartphone Android dan App Store untuk Iphone.
  2. Setelah itu jika ingin menikmati fitur yang ada, silahkan lakukan pendaftaran dengan memasukan alamat email yang aktif.
  3. Jika sudah memasukan username dan juga password sandi untuk dilakukannya login.
  4. Jangan lupa cek pada email tepatnya dibagian Inbox/Spam utnuk melakukan aktivasi tautan di email yang di kirimkan dari web server BPN.
  5. Lalu klik aktiviasi link tersebut sampai berhasil.
  6. Jika sudah kembali ke aplikasi dengan memasukan username dan password yang dibuat.
  7. Lalu pada bagian menu layanan pilih Cek berkas BPN Online.
  8. Dan klik menu selanjutnya yakni Info sertifikat yang mana nanti akan muncul berupa informasi nomor sertifikat dan data kepemilikan sesuai dengan nama sertifikat fisik.

permasalahan sertifikat berbeda

Apabila sertifikat yang Anda cek ternyata memiliki permasalahan dan tidak sinkorn dengan kondisi fisik. Bisa langsung laporkan lewat aplikasi dengan cara berikut:

  1. Buka aplikasi Sentuh Tanahku dan login menggunakan username dan password yang sudah dibuat.
  2. Setelah itu akses pada menu Laporkan Sertifikat.
  3. Jika sudah isikan secara detail mengenai alamat kantor dari pertanahan, nama desa sesuai tanah, jenis hak dan juga nomor sertifikasi.
  4. Lalu lampirkan foto sertifikat fisik yang bermasalah untuk bukti.
  5. Dan setelah itu tunggu beberapa hari untuk pihak BPN menghubungi Anda mengenai permasalahan yang terjadi.

Bagi info pertanyaan seputar aplikasi bisa hubungi di:

  • Website www.atrbpn.go.id
  • Twitter @atr_bpn
  • Instagram @kementrian.atrbpn
  • Facebook @kementerianATRBPN