Cara Memilih Pipa Yang Bagus

Buat yang baru membangun atau merenovasi rumah wajib memperhatikan cara memilih pipa yang bagus agar sesuai kebutuhan. Di mana pipa menjadi salah satu kebutuhan untuk jalur saluran air dan juga talang.

Umumnya pipa jenis PVC atau singkatan dari PolyVinyl Chloride yang merupakan produk dari termoplastik yang di pakai pada saluran air dan jenis ini paling banyak digunakan saat ini.

Untuk bahan baku jenis pipa PVC ini terbuat dari polivinil klorida yang mana selain murah memiliki struktur yang kuat.

Hal inilah yang menyebabkan pipa pvc sangat banyak digunakan jika dibandingkan dengan jenis bahan pipa lainnya.

Berbeda dengan jenis pipa seperti bahan seperti almunium yang terbilang cukup mahal untuk biaya pembeliannya.

Selain itu kelebihan dari PVC ini adalah mampu bertahan dari sifat asam alkali. Asam akali ini mampu mengikis pisa dengan cepat, dengan adanya jenis PVC dapat bertahan dalam waktu jangka lama.

Bobot yang ringan, anti karat dan juga memiliki sifat non konduktor (penghantar zat panas).

memilih pipa yang berkualitas

5 Cara memilih pipa yang bagus

Dalam memilih pipa yang bagus hal yang wajib untuk diketahui adalah yang mempermudah dalam instalasi. Hal inilah yang harus Anda pahami dalam pemilihan pipa berualitas.

Pipa yang tahan kuat dan lama

Carilah pipa yang mudah di lakukan tanpa harus banyak merakit, pertimbangkan juga efesiensi waktu pengerjaan untuk lebih menghemat waktu.

Pipa yang memiliki standar kuat dan tahan lama khususnya mampu bertahan di atas 100 tahun. Sebab pipa merupakan aspek utama di dalam rumah untuk pengaliran air.

Apalagi jika digunakan untuk mengaliri air setiap hari untuk urusan mandi, pembuangan air hujan dan juga saluran pembersihan seperti dapur.

Jangan tergiur juga dengan harga paling murah apalagi untuk jenis pipa bekas. Umumnya tidak akan kuat digunakan dalam waktu kurang dari 5 tahun.

Carilah pipa baru berkualitas yang bisa Anda dapatkan di toko material terdekat. Karena pipa saat ini kualitas baru memiliki bahan material yang awet dan tahan lama.

Memiliki harga murah

Selain itu cari harga yang murah bisa menjadi alasan kenapa Anda harus menghemat biaya. Pemilihan pipa yang mahal belum tentu bagus untuk jangka panjang.

Hal inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih jenis bahan pipa karena harus memperhatikan irit biaya agar tidak membengkak.

Jika ingin murah bisa memilih jenis pipa PVC yang saat ini banyak digunakan di seluruh dunia.

Sebab untuk proses penggunaan pipa dirumah tentu tidak sedikit mulai dari saluran pembuangan, proses pengaliran air, pipa untuk mesin air dan pipa untuk mck.

Harga yang diperkirakan untuk pipa tersebut bisa mencapai di atas 3 juta. Hal inilah perlu untuk penghematan agar biaya budget juga bisa di alokasikan ke material bangunan jenis lainnya.

Mengenal jenis pipa

Buat yang memilih khususnya jenis pipa PVC untuk membangun rumah baru dan renovasi rumah. Di sarankan mengetahui jenis standar dari pipa.

Di mana standar ini berdasarkan pada JIS (Japan Industrial Standard).

Ada 3 jenis untuk pipa jenis PVC di antaranya adalah:

  • Pipa tipe AW

Yang mana pada pipa jenis ini memiliki daya tekanan air mencapai 10 kg/m2 yang paling bagus untuk pemakaian pompa air seperti mengangkat air dari sumur. Sebab jenis pipa ini mampu berada di saluran dengan tekanan daya air yang besar.

  • Pipa tipe C

Untuk jenis ini memiliki ketebalan yang tipis yang mana dibandingkan dengan jenis tipe AW dan D. Pipa jenis ini biasanya digunakan untuk pelindung kabel listrik atau aliran pada plafon.

Untuk instalasi listrik bisa menggunakan jenis pipa ini dirumah Anda.

  • Pipa tipe D

Yang mana untuk kebutuhan saluran rumah seperti wastafel, pembuangan kamar mandi, dan saluran dari toren ke kamar mandi.

Untuk jenis tipe ini memiliki daya tahan tekanan air mencapai 5kg /cm2. Untuk kategori ini termasuk sedang dan sangat mudah di jumpai di toko material terdekat.

Memiliki komponen fitting dan perekat

Selain itu untuk cara memilih pipa yang bagus adalah terdapat komponen pendukung seperti penyambung dan perekat pipa.

Hal ini tidak bisa di pisahkan dalam 2 unsur utama yang digunakan untuk pembangunan rumah.

Pilihlah produk yang sama sebab agar lebih mudah di temukan komponen terutama untuk menyambung bila pipa dipakai untuk jalur berbelok.

Jika memiliki model merek pipa yang berbeda biasanya untuk ukuran ada yang pas dan ada yang tidak.

Tahan panas untuk kondisi tertentu

Carilah pipa yang memang memiliki kondisi menahan panas untuk kondisi tertentu. Biasanya digunakan untuk jenis bisnis rumah atau restoran tempat makanan.

Jenis pipa ini memang harus mampu menahan panas hingga 80 derajat celsius. Saat ini sudah banyak jenis pipa yang mampu menahan suhu hingga 80 derajat.

Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk membeli pipa jenis almunium yang terbilang cukup mahal.

Kesimpulan

Itulah ke 5 cara memilih pipa yang bagus dan pastikan ketahanan kekuatan pipa merupakan yang paling penting untuk di cari sebab agar tidak jebol dalam mendapatkan tekanan yang kuat dari air.

Selain itu sesuaikan dengan kebutuhan pemakaian Anda dan jangan sampai salah beli untuk jenis pipa.