Tips Cara Mengubah Teras Jadi Ruang Tamu Yang Nyaman dan Keren

asriland.com – Bagi anda yang memiliki rumah dengan lahan dan ruang yang terbatas, mengapa tidak memanfaatkan teras anda menjadi ruang tamu. Berikut tips cara mengubah teras menjadi ruang tamu yang nyaman dan fungsional.

Ide merubah teras menjadi ruang tamu menjadi banyak inspirasi masyarakat tanah air yang memiliki rumah dengan lahan terbatas. Dimana ide ini sangat populer dilakukan dengan berbagai desain serta penerapannya.

Tentu dengan “memindahkan” ruang tamu yang pada umumnya berada didalam rumah ke teras luar rumah akan membuat rumah anda akan lebih terlihat lebih lega dimana anda bisa memanfaatkan ruang tamu didalam untuk keperluan lainnya.

Selain itu dengan memindahkan ruang tamu ke teras, akan membuat rumah anda akan terlihat fungsional dan nyaman. Namun pastinya, anda tidak bisa “asal” memindahkan saja, dimana harus ada persiapan yang baik serta dekorasi teras yang mendukung agar teras yang anda sulap menjadi ruang tamu tetap nyaman untuk tamu anda serta bagi keluarga anda yang bersantai di teras rumah.

Apa saja tips cara mengubah teras menjadi ruang tamu yang nyaman sekaligus terlihat keren? anda bisa menyimaknya sebagai berikut.

Cara Mengubah Teras Jadi Ruang Tamu

Menggunakan Roster sebagai Tambahan Privasi

Cara Mengubah Teras Jadi Ruang Tamu

Walaupun hanya sekedar ruang tamu, tetapi tetap penting untuk anda jaga dari segi privasi dan kenyamanan. Anda bisa menambahkan material roster beton yang dibuat mengelilingi area teras yang berfungsi untuk menambahkan privasi saat ruang tamu digunakan. Selain itu, Roster juga akan menaungi area teras dari hujan atau terik berlebih. Ditambah dengan adanya lubang-lubang angin memungkinkan udara tetap masuk ke area ruang tamu sekaligus teras ini.

Tampilan Keseluruhan Ruang Tamu

Ruang tamu di teras bukan hanya akan mengoptimalkan ruang yang ada, namun ide ini juga akan membuat tampilan setiap sudut terlihat menarik. Anda bisa menempatkan sebuah set sofa kuning dan putih yang akan memberi kesan ruang tamu yang cerah dan berenergi positif. Ruang tamu di teras ini juga memiliki dekorasi, seperti rak ambalan dengan bingkai hias dan beberapa tanaman. Dengan tampilan visual yang menarik tentu akan memberi kesan yang baik pada siapapun yang melihatnya.

Tanam Pohon Besar Di Depan Teras

Cara Mengubah Teras Jadi Ruang Tamu

Anda bisa menanam sebuah pohon besar di depan roster apabila memungkinkan, dimana pohon besar berfungsi untuk memberikan kerindangan dan kesejukan alami, bahkan pada ruang tamu luar rumah.

Semilir angin segar dari pohon bisa masuk melalui lubang-lubang roster dan membuat suasana di ruang tamu teras lebih sejuk. Adapun jenis pohon yang bisa anda pertimbangkan seperti pohon Ketapang Kencana.

Memilih Meja Kopi Ramping

Dimensi teras rumah untuk rumah dengan lahan sempit mungkin tidak terlalu besar. Maka sebaiknya gunakan furnitur dengan desain yang hemat tempat. Seperti, menggunakan meja kopi ramping dengan dua permukaan yang tampak minimalis tapi tetap stylish.

Biarkan Ada Ruang Kosong

Menjadikan teras sebagai ruang tamu cukup mudah untuk dilakukan. Namun, perlu anda ingat agar tidak terlalu berlebihan dalam menata teras menjadi ruang tamu. Anda dapat meletakkan furnitur fungsional dan beberapa dekorasi untuk menghias ruang tamu. Namun, tetap biarkan ada ruang yang terlihat kosong untuk memberi kesan ruang yang lebih lega dan tidak berlebihan.

Menambahkan Cushions yang Nyaman

Seperti yang kita ketahui ruang tamu selalu identik dengan sofa. Begitu juga pun sofa yang identik dengan bantal sofa atau sofa cushions yang bisa menjadi pelengkap sebuah sofa. Bantalan ini dapat digunakan jadi sandaran ketika duduk. Menambahkan beberapa bantal sofa akan memberi kesan santai dan rasa nyaman ketika bersantai di area ini. Dengan begitu, ruang tamu di teras jadi terlihat lebih informal.

Sekian informasi mengenai cara mengubah teras menjadi ruang tamu yang nyaman dan fungsional. Semoga berguna dan bermanfaat.