Cara Investasi Kos Kosan untuk Pemula, Begini Tips dan Strateginya

asriland.com – Tertarik berinvestasi kos-kosan? Tentu anda harus mengetahui cara investasi kos-kosan untuk pemula beserta tips dan strateginya agar investasi anda memberikan hasil sesuai anda harapkan.

Mengapa investasi kos-kosan bisa menjadi pilihan investasi menguntungkan? Bayangkan saja berapa keuntungan pemilik kos-kosan dengan banyak kamar yang penuh setiap bulannya yang bisa menjadi pasif income yang menggiurkan.

Permintaan akan kos-kosan juga sangat tinggi, terbukti kos-kosan selalu memiliki penghuni yang silih berganti. Hal itu karena kos-kosan dianggap solusi cepat untuk rumah tinggal sementara bagi perantau, mahasiswa, hingga pekerja kantoran yang dinas diluar kota atau agar dekat dengan kantor. Bahkan kos-kosan juga banyak dihuni oleh pasutri dengan keluarga kecil yang belum memiliki rumah, dan memilih kos-kosan dibandingkan kontrak rumah.

Bagi anda berminat dengan investasi kos-kosan, maka berikut beberapa strategi yang bisa anda lakukan untuk memaksimalkan investasi anda sebagai berikut.

Cara Investasi Kos Kosan untuk Pemula

Cara Investasi Kos Kosan untuk Pemula

Gunakan Layanan Manajemen

Anda pernah mendengar atau menggunakan jasa manajemen? Jasa ini adalah biro jasa yang bergerak di bidang jasa konsultasi bisnis khususnya kos-kosan, dimana dengan menggunakan jasa manajemen, akan membantu anda dalam mengatur bisnis kos kosan anda.

Adapun pengaturannya seperti mulai menentukan lokasi yang strategis, melakukan perhitungan tarif bulanan yang sesuai dengan berdasarkan modal dan profit yang diinginkan, melakukan dekorasi furniture dan interior, hingga fasilitas penunjang lainnya. Yang mana tentunya akan membantu anda menghemat waktu dan tenaga untuk membuat konsep desain bisnis anda.

Selain itu, selain merencanakan dan membantu merealisasikan kos-kosan, jasa layanan menajemen juga akan memantau proses bisnis Anda, dimana apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh bisnis investasi kos-kosan anda, mereka siap memberikan solusi.

Siapkan Modal

Memulai usaha tentu tidak bisa terlepas dari modal yang merupakan senjata utama dalam investasi termasuk kos-kosan, dimana modal yang cukup akan mampu merealisasikan rencana anda agar mampu berkembang sesuai harapan anda.

Bagi anda yang memiliki modal yang terbatas, anda bisa mencoba alternatif mengambil pinjaman usaha di Bank, atau dengan metode Crowdfunding yakni bisnis patungan dengan investor lain.

Bentuk Tim yang Solid

Tim yang solid adalah salah satu kunci utama agar sebuah usaha atau bisnis bisa berhasil dan cepat berkembang. Anda bisa memilih siapa yang akan terlibat dalam menjalankan bisnis ini, siapa yang mengelola aktivitas promosi, mengelola keuangan, mengatur fasilitas dan peralatan, layanan manajemen dan berbagai kebutuhan manajerial lain.

Sekilas mungkin tampak memiliki tim akan membuat menjadi ribet. Tetapi anda salah sebab bisnis yang dikelola secara profersional akan mampu memberikan hasil yang profesional dan begitu pula sebaliknya.

Strategi Promosi

Untuk mendapatkan hasil terbaik dari bisnis kos-kosan tentu anda harus memiliki strategi promosi dimana dengan promosi yang tepat akan mampu mengembangkan bisnis kos-kosan untuk keuntungan jangka panjang serta membantu meningkatkan nilai jual kos-kosan anda.

Rencanakan dengan baik strategi promosi yang bisa anda lakukan secara maksimal dan manfaat segala celah promosi yang bisa anda gunakan seperti promosi online di sosial media meliputi facebook, instagram, tiktok dan lainnya. Anda juga bisa memanfaatkan situs listing rumah dan kontrakan yang banyak tersebar di internet. Sembari promosi online, anda juga bisa menempuh promosi offline seperti menyebar pamflet/brosur, memasang iklan di spot-spot iklan di sekitar kos-kosan anda, dan sebagainya.

Persiapkan Izin Bangunan

Hal ini wajib anda lakukan agar masalah perizinan anda tidak mengganggu operasional bisnis anda serta terhindar dari risiko-risiko hukum kedepannya. Pastikan anda telah mengantongi izin usaha terkait investasi kos-kosan anda.

Arahkan ke Lokasi yang Strategis

Lokasi yang strategis dan tujuan yang tepat akan menentukan arah bisnis kos. Anda bisa mengGgambar peta dan menyelidiki lokasi tempat Anda akan pilih. Lokasi yang dekat dengan banyak fasilitas umum, seperti sekolah, kampus, perkantoran atau bandara, akan memudahkan Anda mencari penyewa. Dan begitu pulsa sebaliknya, lokasi yang kurang strategis akan memperlambat pencarian penyewa.

Sekian informasi mengenai cara investasi kos kosan untuk pemula beserta tips dan strateginya. Semoga berguna dan bermanfaat.